Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Bahasa Indonesia

Sabtu, 14 Januari 2017

Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat - Kalimat majemuk Bertingkat adalah kalimat yang memiliki 2 klausa yang kedudukannya tidak setara atau sederajat dimana salah satu klausa sebagai induk kalimat dan klausa yang lain merupakan anak kalimat. klausa pada kalimat majemuk bertingkat tidak bisa berdiri sendiri (Anak kalimat) klausa ini membutuhkan klausa lain (Induk kalimat) dan apabila dipisah salah satu klausa yaitu anak kalimat akan tidak memiliki arti. kalimat merupakan satuan bahasa berupa kata-kata atau rangkaian kata yang dapat berdiri sendiri dan mempunyai makna yang lengkap. Dan untuk jenisnya kalimat sendiri dibagi menjadi dua, yaitu kalimat tunggal dan kalimat majemuk.

Perhatikan contoh kalimat berikut ini! "... Tuhan Yang Maha Esa yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya kepada kita semua, sehingga pada hari ini dapat berkumpul di sini dalam keadaan sehat walafiat". 

Perhatikanlah kembali kalimat tersebut. Di dalamnya terdapat dua kalimat tunggal yang dirangkai menjadi satu. Kalimat yang seperti itu dinamakan kalimat majemuk.

Pengertian Kalimat Majemuk

Jadi, kalimat majemuk adalah kalimat yang terdiri atas lebih dari satu kalimat yang dijadikan satu. Kalimat majemuk dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu kalimat majemuk bertingkat dan kalimat majemuk setara. Akan tetapi, dalam Materi E ini kalian hanya akan dilatih untuk menggunakan kalimat majemuk bertingkat.

Kalimat majemuk bertingkat adalah satu kalimat utama yang di dalamnya ada sebuah klausa (satu kalimat utama yang di dalamnya ada dua klausa).

Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat dengan Kata Penghubung sehingga

Kalimat Majemuk Bertingkat

Makna hubungan dalam kalimat majemuk bertingkat bermacam-macam.

Pada pelajaran kali ini, kalimat majemuk bertingkat yang akan dilatihkan yaitu kalimat majemuk bertingkat yang hubungannya bermakna hubungan sebab-akibat (dengan menggunakan kata penghubung ... sehingga).

Dalam kalimat majemuk bertingkat ada kalimat yang berfungsi sebagai kalimat utama (induk kalimat) dan ada yang berfungsi sebagai kalimat sematan (anak kalimat).



Contoh:


1. Bunga mawar itu diletakkan di dekat pohon yang rimbun, sehingga matahari tidak langsung menyinarinya.

2. Ikan-ikan dalam akuarium itu tidak diberi makan pemiliknya selama satu minggu, sehingga semuanya mati.

Demikian Pengertian dan Contoh Kalimat Majemuk Bertingkat Dalam Bahasa Indonesia semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar