Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia Dan seluruh Makhluk Hidup

Jumat, 17 Maret 2017

Manfaat Air Bagi Kehidupan Manusia Dan seluruh Makhluk Hidup

Sudah hampir seminggu hujan turun terus setiap sore. Kadang banyak orang yang mengeluhkan hal ini, tepai ada juga yang berfikir ini berarti air akan melimpah kembali. Sebelumnya sumur, sawah, sungai dan sumber air lainnya mengering akibat kemarau. Lalu apakah betul air memiliki peranan yang sangat penting bagi hidup kita?  



Setelah udara, kita semua tahu bahwa air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan. Semua makhluk hidup baik manusia, hewan maupun tumbuhan, mulai dari pohon beringin yang besar sampai seekor semut yang kecil, memerlukan yang namanya air untuk kelangsungan hidupnya dan pertumbuhannya. Tiga per empat bagian tubuh manusia juga terdiri atas air  dan tidak seorangpun dapat bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Air diperlukan oleh hampir semua bagian tubuh manusia.


Dari uraian diatas, manfaat air diantaranya;
  1. Bagi tanaman-tanaman berhijau daun, air digunakan untuk membuat makanan, serta membantu tanaman tumbuh dan berkembang.
  2. Bagi tubuh manusia, air diperlukan untuk membantu mencerna makanan, membantu sel darah untuk menyebarkan makanan ke semua bagian tubuh, membantu membuang kotoran sisa proses metabolisme tubuh. 
  3. Untuk keperluan rumah tangga, misalnya untuk minum, masak, mandi, cuci dan pekerjaan lainnya.
  4. Untuk keperluan budidaya perikanan.
  5. Sebagai pembangkit tenaga listrik.
  6. Untuk sarana transportasi. 
  7. Tempat rekreasi

Tidak hanya 7 hal diatas manfaat dari air. Air juga berfungsi mengatur iklim. Perbedaan sifat fisik air laut dan daeratan dapat memengaruh gereakan udara (angin), hal ini selanjutnya memanaskan perairan dan mengakibatkan penguapan kemudian turun sebagai hujan.

Banyak bukan manfaat air bagi kehidupan! Berbagai sumber air telah ada di bumi sejak dahulu. Sungai dan danau, merupakan salah satu contoh sumber air yang terbentuk secara alami. Tidak hanya itu, laut juga merupakan salah satu sumber air. Danau, sungai, lautan adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia, selain mengalirkan air, danau, sungai, dan lautan  juga mengalirkan sedimen yang mempunyai berbagai macam fungsi yang sangat membantu kehidupan manusia.

Oleh karena air sangat bermanfaat dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini, maka penting bagi kita untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga agar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melakukan pengelolaan air yang baik seperti penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang dapat membuat pencemaran air sehingga dapat menggangu ekosistem yang ada. 

Kita tidak tahu apa yang akan terjadi jika tetes air yang terakhir telah tercemari. Pencemaran air merupakan penyebab utama gangguan kesehatan manusia. Pencemaran air dapat disebabkan oleh berbagai hal, diantaranya;

  1. Pembuang berbagai macam polutan atau limbah oleh industri seperti logam berat, toksin organik, minyak, nutrien dan padatan. ke dalam air.
  2. Pembuangan limbah rumah tangga seperti air cucian, air kamar mandi. ke sungai.
  3. Penggunaan pupuk kimia dan pestisida yang berlebihan.
  4. Terjadinya erosi sehingga membawa partikel-partikel tanah ke perairan.
  5. Penggunaan racun atau bahan peledak untuk menangkap ikan.
  6. Pembuangan limbah rumah sakit atau kotoran dari peternakan ke sungai.
  7. Tumpahan minyak karena kebocoran pipa atau kapal tanker.
  8. Ledakan sumur minyak lepas pantai.


Lalu apa akibat dari pencemaran air tersebut?
  1. Terganggunya kehidupan organisme air.
  2. Kekurangan sumber air
  3. Pendangkalan dasar perairan akibat dari erosi yang membawa partikel-partikel tanah.
  4. Terjadi perubahan ekologi
  5. Meningkatnya penyakit  kanker dan kelahiran cacat (dalam jangka panjang).
  6. Kematian biota air.
  7. Mutasi sel, kanker, dan leukimia
Semoga bermanfaat...


Sumber Artikel: http://www.ipapedia.web.id/2014/11/manfaat-air-bagi-kehidupan.html

0 komentar:

Posting Komentar