Rumus Dan Pengertian Periode, Frekuensi, Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang beserta Contoh Soalnya

Rabu, 22 Maret 2017

Rumus Dan Pengertian Periode, Frekuensi, Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang beserta Contoh Soalnya

Pengertian dan Rumus Periode, Frekuensi, Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang beserta Contoh Soalnya. Berikut ini merupakan pembahasan tentang pengertian periode gelombang, pengertian frekuensi gelomang, pengertian cepat rambat gelombang, rumus periode gelombang, rumus frekuensi gelombang, rumus cepat rambat gelombang, contoh soal periode gelombang, contoh soal frekuensi gelombang, contoh soal cepat rambat gelombang.Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang Cepat Rambat, Frekuensi, dan Panjang Gelombang yang meliputi cepat rambat gelombang, pengertian cepat rambat gelombang, rumus cepat rambat gelombang, contoh soal cepat rambat gelombang, pengertian panjang gelombang, rumus panjang gelombang, contoh soal panjang gelombang.

Pengertian Periode, Frekuensi, Panjang Gelombang dan Cepat Rambat Gelombang

Gelombang merupakan getaran yang merambat. Dalam pembahasan gelombang juga dikenal istilah frekuensi, periode, panjang gelombang, dan cepat rambat gelombang.
Periode didefinisikan sebagai waktu yang dibutuhkan untuk menghasilkan 1 buah getaran (gelombang / putaran / perulangan).
Frekuensi didefinisikan secara standar sebagai "banyaknya jumlah getaran (gelombang / putaran / perulangan) dalam satu detik".
Panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang dari sebuah pola gelombang. Biasanya memiliki denotasi huruf Yunani lambda (λ).
Gambar: Panjang Gelombang

 Cepat rambat Gelombang adalah jarak yang ditempuh gelombang dalam waktu satu detik (sekon).

Rumus Periode, Frekuensi, dan Cepat Rambat Gelombang

Untuk menghitung frekuensi, seseorang menetapkan jarak waktu, menghitung jumlah kejadian peristiwa, dan membagi hitungan ini dengan panjang jarak waktu. Pada Sistem Satuan Internasional, hasil perhitungan ini dinyatakan dalam satuan hertz (Hz) yaitu nama pakar fisika Jerman Heinrich Rudolf Hertz yang menemukan fenomena ini pertama kali. Frekuensi sebesar 1 Hz menyatakan peristiwa yang terjadi satu kali per detik. Kamu telah mengetahui bahwa gelombang merupakan getaran yang merambat. Merambat berarti bergerak dari suatu tempat ke tempat lain dalam selang waktu tertentu.Jika diketahui panjang gelombang dan periodenya, dapat ditentukan kecepatan gelombang tersebut. Panjang gelombang dilambangkan λ, dengan satuan meter, sedangkan kecepatan dilambangkan v satuannya m/s. Hubungan antara panjang gelombang, frekuensi, periode, dan cepat rambat gelombang dapat dirumuskan sebagai berikut.

 

Keterangan:
v : cepat rambat gelombang (m/s)
λ: panjang gelombang (m)

Sekarang, pelajarilah penerapan matematis dari rumus-rumus di atas melalui contoh soal berikut!

Contoh Soal Periode, Frekuensi, dan Cepat Rambat Gelombang

Sebuah tali digetarkan selama 10 sekon dan membentuk dua bukit dan satu lembah sepanjang 60 cm. Jika tinggi sebuah bukit gelombang 3 cm, tentukan:
a. amplitudo,
b. frekuensi dan periode, serta
c. panjang gelombang dan cepat rambat!

Penyelesaian:

Diketahui:
l = 60 cm
t = 10 sekon
n = 1,5 = 3/2 (karena terdiri atas 2 bukit dan 1 lembah)

Ditanyakan:
a. A = . . .?
b. f = . . .?
   T = . . .?
c. λ = . . .?
   v = . . .?

Jawab:

a. A = tinggi bukit = 3 cm

Jadi, amplitudo gelombang tersebut adalah 3 cm.
Jadi, gelombang tersebut mempunyai frekuensi 0,15 Hz dan periode 6,67 sekon.
Jadi, panjang gelombangnya 0,4 m dan cepat rambat gelombang tersebut adalah 0,06 m/s.

Demikian pembahasan tentang pengertian dan rumus periode, frekuensi dan panjang gelombang dilengkapi contoh soal dan penjelasannya.

0 komentar:

Posting Komentar