Minggu, 23 April 2017

Berbagai Contoh Organisasi Internasional Dan macam-macam organisasi internasional beserta penjelasannya

Kamu pasti tidak asing lagi dengan nama PBB kan? PBB yang merupakan singkatan dari Perserikatan Bangsa-bangsa merupakan salah satu contoh organisasi internasional yang ada didunia ini. Selain itu masih banyak organisasi-organisasi internasional lainnya yang memiliki visi, misi dan tujuan tertentu baik dalam skala regional maupun global. Secara umum organisasi internasional diartikan sebagai sebuah organisasi yang merupakan gabungan dari beberapa atau semua bangsa yang ada didunia ini atau juga bisa merupakan sebuah unit fungsi yang memiliki tujuan yang sama yang dituangkan dalam sebuah perjanjian atau chapter.

Tulisan ini mengenai berbagai macam contoh organisasi internasional yang perlu kamu ketahui, pada umumnya organisasi ini adalah perkumpulan negara-negara yang memiliki visi dan tujuan yang sama. Ketahuilah bahwa Indonesia merupakan salah satu negara yang aktif dalam berbagai kegiatan organisasi internasional dengan gaya politik luar negerinya yaitu bebas aktif. Dan inilah contoh organisasi internasional yang perlu kamu tahu, silahkan disimak informasinya berikut ini:

Contoh Organisasi Internasional
Source : https://c2.staticflickr.com/2/1423/870658091_35736d2df3.jpg

Contoh Organisasi Internasional

Contoh Organisasi Internasional Yang Harus Kamu Tahu

1. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC)

APEC merupakan singkatan dari Asia-Pacific Economic Cooperation yang artinya Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. Indonesia merupakan salah satu bagian dari organisasi ini bersama beberapa negara dikawasan Asia Pasifik lainnya seperti Amerika Serikan, China dan yang lainnya. Tujuan dari organisasi ini adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan mendorong perdagangan bebas.

2. Association of Southeast Asian Nations (ASEAN)

ASEAN merupakan singkatan dari Association of Southeast Asian Nations yang memiliki arti Perhimpunan Negara-negara dikawasan Asia Tenggara. Indonesia merupakan anggota dari organisasi regional ini sekaligus pendirinya bersama empat negara lainnya yaitu Malaysia, Thailand, Singapura dan Filipina. Tujuannya adalah untuk memajukan ekonomi, politik, sosial dan budya dikawasan Asia Tenggara.

Nah itulah beberapa contoh dari organisasi internasional yang seharusnya kamu ketahui, alangkah lebih baik lagi jika kamu mengenal dan memahaminya lebih dalam. Organisasi-organisasi bertaraf global tersebut adalah organisasi dimana Indonesia menjadi anggotanya walapun saat ini Indonesia sudah tidak menjadi anggota OPEC lagi, setidaknya Indonesia pernah menjadi bagian dan aktif dalam OPEC. 

3. Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB)

PBB merupakan organisasi internasional yang paling banyak anggotanya yaitu hampir seluruh negara didunia. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 8 Oktober 1945 dan saat ini markas besarnya berada di Kota New York. PBB memiliki 17 lembaga khusus yang memiliki visi, misi dan tujuan tertentu seperti misalnya UNESCO dalam bidang pendidikan, WHO dalam bidang kesehatan, dan yang lainnya.

4. Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC)

OPEC merupakan organisasi yang terdiri dari negara-negara pengekspor minyak bumi yang mayoritasnya adalah negara-negara yang berada dikawasan Timur Tengah seperti misalnya Arab Saudi, Uni Emirat Arab dan juga Qatar. Sebenarnya Indonesia juga pernah menjadi bagian dari OPEC namun pada tahun 2008 Indonesia mengundurkan diri karena sudah tidak lagi menjadi pengekspor minyak.


Advertiser


EmoticonEmoticon