Brazil Contoh Negara Berkembang Di Benua Amerika Selatan

Minggu, 02 April 2017

Brazil Contoh Negara Berkembang Di Benua Amerika Selatan

Istilah negera maju dan berkembang sudah sering diperdengarkan baik dalam pembelajaran atau dimanapun. Di dunia ini memang mengenal adanya negara maju dan berkembang yang mana keduanya merupakan sebutan bagi negara-negara berdasarkan tingkat perekonomiannya atau berdasarkan materi yang dimilikinya. Tidak memperdulikan apakah negera itu memiliki luas wilayah yang sangat luas dan memiliki sumber daya yang banyak bukan menjadi standar dalam menentukan apakah suatu negara itu termasuk ke dalam jenis negara maju atau berkembang. Semuanya diukur berdasarkan pendapatan per kapita yang tinggi serta perekonomian yang stabil. Dengan masyarakat yang sejahtera serta negara yang tidak kekurangan secara finansial maka bisa dikatakan negara maju. Seperti misalnya Amerika yang notabenenya menjadi negara maju yang mana bisa dilihat di dalamnya terdapat industry-industri berskala besar dengan mendatangkan devisa negara yang juga besar.

Karakteristik Negara Brasil

Brasil merupakan negara terbesar di wilayah Amerika Selatan, tepatnya di antara 5 LU - 34 LS dan 35 BB - 74 BB. Luas negara ini mencapai 8.547.404 km dengan jumlah penduduk sekitar 184.101.110 jiwa.

Rata-rata kepadatan penduduk di Brasil hanya sekitar 22 jiwa/km . Mayoritas penduduknya masih tinggal di daerah pedesaan dengan tingkat penghasilan yang belum begitu tinggi.

Di bidang perekonomian, Brasil menunjukkan peningkatan pendapatan perkapita negaranya dari tahun ke tahun hingga mencapai 2.590 US dollar. Pendapatan tersebut didukung oleh kegiatan perekonomian Brasil dari berbagai sektor.
Peta Negara Brasil
Gambar: Peta Negara Brasil

Kondisi Perkembangan Negara Brasil

Berikut ini adalah beberapa gambaran perkembangan negara Brasil, yaitu;

1 ) Pertanian dan Kehutanan

Sektor pertanian merupakan tulang punggung perekonomian negara Brasil dan menyumbangkan sekitar 45 dari komoditas ekspornya. Hingga saat ini, Brasil merupakan pengekspor kopi utama dunia, hasil-hasil pertanian lainnya berupa teh, rempah-rempah, kapas, cokelat, tembakau, kayu, jagung, dan tebu.

Adapun wilayah hutan di Brasil merupakan salah satu sumberdaya yang sangat penting dalam pemenuhan produk domestik dan ekspor. Sekitar dua per tiga dari hasil-hasil hutan diperoleh dari hutan tropis asli, sedangkan sepertiganya dipenuhi dari hutan-hutan baru. Hasil-hasil hutan tersebut banyak dimanfaatkan untuk konstruksi dan pembuatan bubur kayu (pulp) sebagai bahan baku kertas.

2 ) Perikanan

Perikanan menyokong 3 dari kebutuhan protein masyarakatnya. Dua per tiga hasil perikanan dipenuhi dari hasil perikanan laut sedangkan sisanya dipenuhi dari hasil perikanan darat.

3 ) Pertambangan

Pertambangan menyumbangkan 8,6 de isa bagi negara. Tambang utama di Brasil adalah bijih besi, sedangkan hasil tambang lainnya adalah emas, minyak, timah, nikel, aluminium, kapur, intan, dan berbagai macam, batu mulia.

4 ) Perindustrian

Industri yang berkembang di Brasil, antara lain, industri baja, tekstil, semen, pengolahan makanan, petrokimia, perakitan pesawat dan mobil, serta barang-barang kimia dan elektronik.

5 ) Perdagangan

  1. Ekspor: mobil dan suku cadang, besi dan baja, kopi, teh, cokelat, tebu, rempah-rempah, produk
  2. makanan, dan ternak olahan.
  3. Impor: minyak dan produk olahannya, mesinmesin mobil, kelistrikan, dan bahan-bahan kimia organik.

6 ) Kota-kota utama di Brasil

  1. Brasilia, merupakan ibukota dan pusat pemerintahan, pendidikan, dan kebudayaan.
  2. Sao Paulo, merupakan kota pusat industri, hampir 40 industri Brasil terdapat di kota ini. Jenis industri yang dominan adalah otomotif, tekstil, dan petrokimia.
  3. Rio de Jeneiro, merupakan kota pelabuhan laut utama yang sangat ramai. Di kota ini juga terdapat industri bahan-bahan kimia dan gelas.
  4. Porto Alegre, merupakan pusat industri pengolahan bahan makanan.

0 komentar:

Posting Komentar