Blog Tentang Segala Informasi - Website Informasi Seputar Gambar Rumah Idaman,Tips Android, Komputer, Pendidikan dan informasi Lainnya

Bunyi Hukum Permintaan dan Pengertian serta Gambar Kurva Permintaan

Hukum permintaan berhubungan dengan kurva permintaan. Apa itu kurva permintaan? kurva permintaan adalah grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah barang dan/atau jasa yang diminta dan tingkat harga. Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.

Berikut ini adalah pembahasan yang masih terkait dengan permintaan barang dan jasa yang meliputi bunyi hukum permintaan, kurva permintaan, pengertian kurva permintaan, gambar kurva permintaan, pengertian hukum permintaan.

Bunyi Hukum Permintaan

Hukum permintaan menerangkan sifat hubungan permintaan barang dan jasa dengan harganya. Hukum permintaan menerangkan bahwa;
Makin rendah harga suatu barang, maka makin banyak jumlah barang yang diminta, dan sebaliknya makin tinggi harga barang, maka jumlah barang yang diminta makin berkurang”. 
Jadi, hubungan antara harga barang dengan permintaan berbanding terbalik.

Hal ini dapat kita amati dalam kehidupan sehari-hari, bahwa makin tinggi harga suatu barang, maka makin sedikit permintaan terhadap barang tersebut. Sebaliknya makin turun harga suatu barang, maka permintaan pun akan meningkat.

Kurva Permintaan

Kurva permintaan adalah suatu grafik yang menggambarkan sifat hubungan antara jumlah permintaan barang atau jasa dengan tingkat harganya dalam berbagai kondisi. 
Pada umumnya, kurva permintaan menurun dari kiri atas ke kanan bawah. Bentuk ini menandakan bahwa hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga barang yang bersangkutan bersifat negatif atau berbanding terbalik.

Jika harga barang naik, maka jumlah barang yang diminta akan turun. Sebaliknya makin harga barang menurun jumlah permintaan akan barang semakin meningkat.
kurva pemrintaan
Gambar: Kurva Permintaan

Keterangan Kurva Permintaan:

Kurva permintaan yang menunnjukkan makin rendah harga suatu barang, maka makin besar permintaan terhadap barang tersebut, karna harganya terjangkau oleh orang banyak.

Advertiser

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Bunyi Hukum Permintaan dan Pengertian serta Gambar Kurva Permintaan

0 komentar:

Posting Komentar