Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Dalam ekonomi mikro, kebutuhan tenaga kerja yaitu orang yang melakukan pekerjaan untuk menghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri, kelompok atau golongan. Sedangkan dalam ekonomi makro kebutuhan tenaga kerja yaitu secara nasional merupakan salah satu faktor terpenting dalam perusahan. Maksudnya tenaga kerja ditinjau secara makro adalah orang yang melakukan pekerjaan untuk meghasilkan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan Negara (dalam skala besar atau nasional). Di era globalisasi untuk saat ini, persaingan perusahaan semakin ketet. Meningkatnya persaingan mendorong proses perbaikan di ruang lingkup kerja suatu perusahaan seperti peningkatkan prduktivitas karyawan dan melakukan segala sesuatu dengan lebih baik dan murah. Upaya untuk meningkatkan efisiensi proses produksi perusahaan dapat melakukan pegelolaan sumber daya secara efektif dan efisien agar output yang dihasilkan oleh setiap karyawan dapat memenuhi apa yang ditergetkan oleh perusahaan agar bisa mencapai dengan baik.

Terjadinya krisis ekonomi pada tahun 1997 mengakibatkan terpuruknya kondisi ekonomi nasional. Keterpurukan ini merupakan tanda lemahnya fundamental ekonomi Indonesia. Dengan kata lain masalah sumber daya manusia dan teknologi menjadi dua dimensi yang sangat penting dalam upayah memperkokoh fundamental perekonomian. Untuk itu, perlu dilakukan peningkatan kualitas tenaga kerja di perusahaan dengan memahami strategi sumber daya manusia

Dalam dunia kerja, banyak pelamar yang bersaing dengan melamar pekerjaan. Di dalam dunia yang sanggat modern ini, mencari  pekerjaan sangatlah sulit karena di zaman modern ini lah kebanyakan perusahaan mencari karyawan yang bener-benar kerjanya tersebut. Untuk itu, kita harus pintar-pintar mencari pekerjaan yng sesuai dengan kemampuan kita sendiri. Organisasi Kerjasama Ekonomi dan Pengembangan (OECD) menyatakan bahwa negara Indonesia ini bakal menjadi negara dengan jumlah Sarjana muda terbanyak ke-lima di masa depan. Situasi ini bakal terwujud paling lambat pada tahun 2020 yang akan mendatang. Pada akhirnya pengangguran di Internasional, angka pengangguran di Indonesia hanya di perkirakan sekitar 5.81%, masih relatif bagus, dibandingkan dengan angka pengangguran di Perancis yang tembus dengan nilai 9% atau bahkan di Spanyol yang lebih melonjak tinggi dengan nilai 23%. Idealnya, angka pengangguran itu sebaiknya bernilai 3%. Kalau lebih rendah malah bisa berbahaya, karena industri ataupun perusahaan akan sangat kesulitan mencari tenaga kerja baru. Untuk mencapai angka pengangguran yang sangat ideal, butuh pertumbuhan ekonomi yang meningkat nilainya sekitar 8-10%. Data terakhir pertumbuhan ekonomi di Indonesia hanya sekitar 4.7%. sehingga masih jauh dari apa yang di harapan oleh pemerintah di Indonesia tersebut. Di negara-negara maju, pertumbuhan ekonomi sebesar 3% sudah dinilai sangat bagus karena kualitasnya sangat terjangkau maka di nyatakan pertumbuhan ekonomi, di bandingkan dengan negara-negara lainnya. Upaya peningkatkan kualitas tenaga kerja tidak hanya menjadi kewajiban pihak pemerintah, namun pihak swasta dan juga individu itu sendiri wajib ikut serta untuk meningkatkan kualtas tenaga kerja.

Berikut ini adalah pembahasan tentang cara meningkatkan kualitas tenaga kerja, upaya peningkatan kualitas kerja, upaya peningkatan kualitas tenaga kerja, peningkatan mutu tenaga kerja, upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja, cara meningkatkan mutu tenaga kerja, usaha meningkatkan mutu tenaga kerja, usaha meningkatkan kualitas tenaga kerja.

Cara dan Upaya Meningkatkan Kualitas Tenaga Kerja

Kualitas tenaga kerja dalam suatu negara dapat ditentukan dengan melihat tingkat pendidikan negara tersebut. Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia, tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi rendah.

Minimnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi menyebabkan rendahnya produktivitas tenaga kerja, sehingga hal ini akan berpengaruh terhadaprendahnya kualitas hasil produksi barang dan jasa.

Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara

1. Pelatihan Tenaga Kerja

Pelatihan tenaga kerja yaitu keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.

2. Pemagangan

Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang telah berpengalaman dalam proses produksi barang/jasa di perusahaan.Upaya ini dilakukan dalam rangka menguasai keterampilan dan keahlian tertentu.

3. Perbaikan Gizi dan Kesehatan

Perbaikan gizi dan kesehatan dimaksudkan untuk mendukung ketahanan fisik dalam bekerja dan meningkatkan kecerdasan tenaga kerja dalam menerima pengetahuan baru dan meningkatkan semangat kerja.

0 komentar:

Posting Komentar