Dampak Positif dan Negatif Akibat Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat

Suatu perubahan sosial berdampak pada terciptanya tatanan baru dalam masyarakat. Modernisasi sebagai gejala perubahan sosial memiliki dampak perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat dalam tatanan baru. Perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat akan membawa dampak, baik dampak positif maupun dampak negatif. Dampak positif perubahan sosial budaya tercermin dari perilaku positif masyarakat menghadapi perubahan sosial budaya tersebut. Sebaliknya, dampak negatif perubahan sosial budaya akan mempengaruhi perilaku masyarakat menjadi negatif.

Berikut ini adalah pembahasan tentang dampak perubahan sosial budaya yang meliputi akibat perubahan sosial, akibat positif perubahan sosial, akibat negatif perubahan sosial, dampak perubahan sosial, dampak positif perubahan sosial, dampak negatif perubahan sosial, dampak positif dan negatif perubahan sosial, dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, dampak positif perubahan sosial budaya, dampak negatif perubahan sosial budaya, dampak positif dan negatif perubahan sosial budaya.

Dampak Perubahan Sosial Budaya

Perubahan sosial budaya akan mengubah adat, kebiasaan, cara pandang, bahkan ideologi suatu masyarakat. Dapat dijelaskan bahwa perubahan sosial budaya dapat mengarah pada hal-hal positif (kemajuan) dan hal-hal negatif (kemunduran). Hal ini tentu saja memengaruhi pola dan perilaku masyarakatnya.

Dampak Positif Perubahan Sosial Budaya

Berikut ini hal-hal positif atau bentuk kemajuan akibat adanya perubahan sosial budaya.
  1. Memunculkan ide-ide budaya baru yang sesuai dengan perkembangan zaman.
  2. Membentuk pola pikir masyarakat yang lebih ilmiah dan rasional.
  3. Terciptanya penemuan-penemuan baru yang dapat membantu aktivitas manusia.
  4. Munculnya tatanan kehidupan masyarakat baru yang lebih modern dan ideal.

Dampak Negatif Perubahan Sosial Budaya

Berikut ini hal-hal negatif atau bentuk ke-munduran akibat adanya perubahan sosial budaya.
  1. Tergesernya bentuk-bentuk budaya nasional oleh budaya asing yang terkadang tidak sesuai dengan kaidah budaya-budaya nasional.
  2. Adanya beberapa kelompok masyarakat yang mengalami ketertinggalan kemajuan budaya dan kemajuan zaman, baik dari sisi pola pikir ataupun dari sisi pola kehidupannya (cultural lag atau kesenjangan budaya).
  3. Munculnya bentuk-bentuk penyimpangan sosial baru yang makin kompleks.
  4. Lunturnya kaidah-kaidah atau norma budaya lama, misalnya lunturnya kesadaran bergotong-royong di dalam kehidupan masyarakat kota.

Sikap Kritis terhadap Pengaruh Perubahan Sosial dan Budaya 

Apapun bentuk perubahan sosial budaya akan menghasilkan suatu bentuk, pola, dan kondisi kehidupan masyarakat yang baru. Kalian sebagai pelajar tentu harus bisa menentukan sikap terhadap dampak perubahan sosial budaya yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Sikap apriori yang berlebihan tentu saja tidak perlu kalian kedepankan, mengingat sikap tersebut merupakan salah satu penyebab terhambatnya proses perubahan sosial budaya yang berujung pada terhambatnya proses perkembangan masyarakat dan modernisasi.

Demikian juga dengan sikap menerima setiap perubahan tanpa terkecuali. Sikap tersebut cenderung akan membuat kita meniru (imitasi) terhadap setiap perubahan sosial budaya yang terjadi, meskipun perubahan tersebut mengarah pada perubahan yang bersifat negatif.

Kalian diharapkan mampu memiliki dan mengembangkan sikap kritis terhadap proses perubahan sosial budaya yang terjadi di masyarakat.

Perubahan sosial budaya yang bersifat positif dapat kita terima untuk memperkaya khazanah kebudayaan bangsa kita, sebaliknya perubahan sosial budaya yang bersifat negatif harus kita saring dan kita cegah perkembangannya dalam kehidupan masyarakat kita.

Dalam pelaksanaannya, kalian harus mampu mengikuti perkembangan zaman dengan memperluas pengetahuan dan teknologi yang semakin berkembang. Namun di sisi lain, nilai-nilai dan norma kehidupan bangsa yang luhur harus dapat terus kalian jaga dan lestarikan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Dampak Positif dan Negatif Akibat Perubahan Sosial Budaya dalam Masyarakat"

Posting Komentar