Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Dampak Positif Dan Negatif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Nah tulisan kali ini akan menjelaskan mengenai dampak Positif Dan negatif globalisasi dalam bidang ekonomi yang mungkin sering kita lihat atau cermati didalam kehidupan sehari-hari. Tentu akan menjadi lebih baik jika dampak negatif ini bisa kita minimalisir atau mungkin kita hilangkan. Dan inilah beberapa point dari dampak negatif globalisasi dari sisi ekonomi, silahkan disimak informasi berikut ini:



Dampak Negatif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Inilah Beberapa Dampak Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Tentu kita mengetahui bahwa sesuatu ini tidak hanya berdampak positif saja melainkan juga ada dampak negatifnya, begitu pula halnya dengan proses globalisasi yang terjadi terhadap dunia ini. Oleh sebab itu kita harus bijak dalam menyikapi hal ini, dampak buruknya harus kita minimalisir atau mungkin hilangkan. Dan inilah beberapa point dari dampak negatif globalisasi dalam bidang ekonomi:
  • Globalisasi bisa menyebabkan arus masuk barang dan jasa atau yang lebih kita kenal sebagai impor lebih besar daripada ekspor. Hal ini bisa menyebabkan defisit neraca perdagangan Indonesia dan ini tentu tidak baik.
  • Dampak negatif dari globalisasi lainnya adalah masuk dan beroperasinya perusahaan-perusahaan multinasional di Indonesia yang seharusnya bisa dikelola oleh perusahaan-perusahaan Indonesia atau dalam negeri.
  • Globalisasi memudahkan sumber daya manusia luar negeri masuk dan bersaing dengan sumber daya manusia Indonesia. Hal ini membuat semakin banyak pengangguran untuk orang-orang yang kalah dalam persaingan.
  • Globalisasi juga memungkinkan terjadinya penyelundupan-penyelundupan barang-barang yang didatangkan dari luar negeri. Hal ini sangat merugikan karena tidak ada uang masuk berupa bea dan cukai yang masuk ke negara 

Beberapa Dampak Positif Globalisasi Dalam Bidang Ekonomi

Dampak Positif Globalisasi di Bidang Ekonomi

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa globalisasi memberikan dampak yang positif terhadap bidang ekonomi khsusunya untuk negeri Indonesia ini. Dan inilah beberapa akibat positif tersebut yang harus kita sadari dan optimalkan:
  • Globalisasi menciptakan pasar global yang bebas sehingga setiap negara bisa memasukinya, tentunya ini merupakan keuntungan bagi Indonesia yang memiliki banyak sekali sumber daya alam. Namun tentu saja alangkah baiknya jika sumber daya alam tersebut diolah dengan baik agar bisa menciptakan value added atau nilah tambah yang menguntungkan.
  • Dampak lainnya dari proses globalisasi adalah terciptanya hubungan antara satu negara dengan negara yang lain didunia ini dengan proses ekspor dan impor. Proses ekspor dan impor dilakukan suatu negara untuk meningkatkan devisa negara dan juga memenuhi kebutuhan negaranya yang tidak bisa didapatkan atau diproduksi didalam negeri, misalnya Gandum di Indonesia.
  • Globalisasi juga bisa membuat atau menciptakan pasar yang lebih luas. Tentu ini merupakan sebuah keuntungan bagi perusahaan-perusahaan multinasional Indonesia untuk mengepakkan sayapnya ke level internasional. Dengan bisa eksis dilevel global diharapkan perusahaan-perusahaan tersebut bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar.
  • Dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi lainnya yang tidak kalah pentingnya adalah masuknya arus modal atau investasi ke dalam negeri. Tentunya modal investasi ini digunakan untuk membiayai pembangunan dinegara Indonesia yang diharapkan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat misalnya pendapatan masyarakat meningkat dan lainnya.


Tentu masih ada banyak lagi dampak-dampak Positif Dan negatif dari globalisasi dalam bidang ekonomi khsusunya hal-hal yang bisa menjerat negara kita tercinta, Indonesia. Satu hal yang harus kita camkan bahwa kita harus optimalkan dampak positif globalisasi dan meminimalisir dampak negatifnya. Nah itulah kira-kira sedikit penjelasan mengenai beberapa dampak positif globalisasi dalam bidang ekonomi yang harus kita ketahui bersama. Tentunya kita berharap agar dampak positif dari globalisasi ini bisa kita optimalkan sehingga kita mendapatkan keuntungan yang penuh dari proses globalisasi ini. Sekian tulisan singkat dari kami, semoga bermanfaat dan terima kasih banyak.

0 komentar:

Posting Komentar