Kamis, 13 April 2017

Diferensiasi / Perbedaan Sosial Karena Perbedaan Agama

Pengertian agama menurut Emille Durkheim yaitu sebagai suatu sistem terpadu mengenai kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci dan menyatukan semua pengikutnya ke dalam suatu komunitas moral yang disebut umat.

Agama yang diakui di Indonesia diantaranya; Islam, Kristen, Katolik, Hindu, Budha dan Konghu Chu. Masing-masing agama memiliki berbagai perbedaan, diantaranya terletak pada hal-hal sebagai berikut:
a.  Konsep Keimanan
Konsep keimanan mengandung segala keyakinan seta bayangan manusia tentang sifat-sifat Tuhan dan tentang wujud alam gaib, tentang segala nilai, norma dan ajaran dari agama yang bersangkutan. Masing-masing agama tentu mempunyai konsep keimanan yang berbeda satu dengan lainnya. Konsep-konsep keimanan tersebut pada setiap agama sangat diyakini oleh pengikutnya.

b.  Kitab Suci dijadikan Sumber Ajaran Agama
Kitab suci dijadikan sebagai pedoman dalam beribadah dan bertingkah laku sehari-hari.

c.  Pembawa Agama di Indonesia
Awal mula pembawa ajaran agama yang ada di Indonesia berbeda-beda. Misalnya, Wali Sanga merupakan pembawa dan penyebar agama Islam, demikian pula agama Hindu dan Nasrani.

d.  SistemPeribadatan serta Upacara Keagamaan
Sistem peribadatan pada tiap-tiap agama berbeda. Begitu pula dengan keagamaan, misalnya Idul Adha, Paskah, Nyepi dan Waisak.

e.  Hukum-hukum yang berlaku dalam Kehidupan
Masyarakat Indonesia yang majemuk dengan keanekaragaman agama merupakan kenyataan sosial yang harus diterima serta disikapi secara arif dan bijaksana.

Advertiser


EmoticonEmoticon