Blog Tentang Segala Informasi - Website Informasi Seputar Gambar Rumah Idaman,Tips Android, Komputer, Pendidikan dan informasi Lainnya

Diferensiasi / Perbedaan Sosial Karena Perbedaan Gender / Jenis Kelamin dan Klan

Diferensiasi Sosial Karena Perbedaan Gender Jenis kelamin merupakan ciri fisik yang dibawa sejak lahir dan tidak ditentukan sendiri oleh individu berdasarkan keinginannya. Sedangkan gender adalah suatu sifat yang melekat pada laki-laki dan perempuan yang tersusun secara sosial dan kultural. Peran gender yaitu pola-pola sikap dan tingkah laku yang diharapkan oleh masyarakat berdasarkan jenis kelamin dibuat oleh masyarakat dan diturunkan dari satu generasi ke generasi selanjutnya melalui agen sosial seperti keluarga, kelompok bermain, dan media massa.

Perbedaan jenis kelamin membawa konsekuensi yang berbeda. Konsekuensi dari perbedaan jenis kelamin diantaranya sebagai berikut:
1.  Tugas-tugas sosial keseharian
2.  Psikologis keluarga
3.  Fungsi anatomi

B. Diferensiasi Sosial Karena Perbedaan Klan
Menurut Prof. Dr. Koentjaraningrat, klan adalah suatu kelompok kekerabatan yang terdiri atas semua keturunan dari nenek moyang yang diperhitungkan melalui garis keturunan sejenis, yaitu keturunan warga-warga pria atau wanita.

Klan atau kelompok kekerabatan terdapat dalam masyarakat yang menganut sistem kekerabatan unilateral, yaitu menarik garis keturunan dari satu pihak, misalnya:
1.  Patrilineal yaitu menarik garis keturunan dari pihak ayah, misal masyarakat Batak.
2. Matrilineal yaitu menarik garis keturunan dari pihak ibu, misal masyarakat Minangkabau.

Advertiser

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Diferensiasi / Perbedaan Sosial Karena Perbedaan Gender / Jenis Kelamin dan Klan

0 komentar:

Posting Komentar