Blog Tentang Segala Informasi - Website Informasi Seputar Gambar Rumah Idaman,Tips Android, Komputer, Pendidikan dan informasi Lainnya

Kelainan Penyakit dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia dan Cara Mengatasinya

Penyakit pada peredaran darah adalah salah satu jenis penyakit berbahaya yang juga cukup berisiko merenggut nyawa. Pasalnya darah adalah salah satu komponen penting di dalam tubuh yang memengaruhi semua kinerja organ tubuh. Jika saluran darah mengalami gangguan, maka yang akan terjadi adalah munculnya berbagai macam gangguan kesehatan. Mulai dari gangguan kesehatan yang ringan hingga yang kronis dan berbahaya. Pada artikel kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengenali beberapa macam penyakit terkait peredaran darah dan juga bagaimana cara pencegahannya. Mengapa harus mengetahui hal tersebut? Jika Anda tidak mengetahui bagaimana cara pencegahannya, Anda harus ingat bahwa semua orang berisiko mengalami penyakit peredaran darah tersebut. Apalagi di zaman modern ini masyarakat semakin mengabaikan pola hidup dan kesehatannya.

Berikut ini merupakan pembahasan tentang gangguan pada sistem peredaran darah, kalainan pada sistem peredaran darah manusia dan cara mencegahnya, penyakit pada sistem peredaran darah manusia dan cara mengatasinya.

Gangguan pada Sistem Peredaran Darah

Gangguan pada sistem peredaran darah dapat berupa kerusakan pada alat peredaran darah dapat juga berupa kelainan yang merupakan faktor bawaan.

Kita sering mendengar orang terserang darah tinggi atau sampai dengan stroke. Penyakit darah tinggi seseorang cenderung disebabkan karena kerusakan pada pembuluh darah yang ditunjang dengan kebiasaan hidup yang kurang sehat.

1. Penyempitan pembuluh darah

Penyempitan pembuluh darah dapat terjadi adanya kerusakan pada pembuluh darah yang kemudian diperbaiki oleh tubuh.

Setelah tertutupi oleh keping darah dan benang fibrin, endotelium memperbanyak diri, hal ini membuat adanya celah dengan dinding pembuluh sebelumnya sehingga kolesterol terjebak dalam celah tersebut.

Keberadaan kolesterol akan memancing semakin banyaknya tumpukan lemak berkumpul dalam celah sehingga pembuluh yang dapat dilalui oleh darah menyempit. Hal ini membuat pada bagian pembuluh yang menyempit terjadi kenaikan tekanan darah.
Gambar: Penyempitan dan Penyumbatan Pembuluh Darah

2. Varises

Gangguan pada permbuluh dapat juga berupa varises, yaitu kelainan pada pembuluh darah vena akibat aliran darah tertahan, misalnya akibat terlalu lama berdiri sehingga pembuluh vena kaki kadang-kadang membesar.

3. Wasir (Ambiyen)

Wasir atau ambiyen terjadi terlalu banyak duduk kadang-kadang meng-akibatkan pembuluh darah di anus membesar atau ada kelainan pada pembuluh darah vena sehingga aliran darah tertekan.

4. Leukemia, Anemia dan Hemofilia

Gangguan dapat terjadi juga pada sel darah. Gangguan tersebut antara lain leukemia, anemia, dan hemofilia.

Leukemia atau disebut juga kanker darah, merupakan penyakit bawaan berupa kanker sel sumsum tulang penghasil sel darah putih. Akibatnya, jumlah sel darah putih meningkat secara tidak terkendali. Selain itu, sel darah putih "memakan" sel darah merah sehingga penderita mengalami anemia berat.

Anemia adalah kurangnya jumlah hemoglobin di dalam sel darah merah. Jadi, anemia dapat disebabkan karena kekurangan darah merah.

Hemofilia merupakan penyakit bawaan berupa darah yang sulit membeku.

5. Gangguan Jantung

Gangguan pada jantung juga dapat bersifat bawaan. Gangguan jantung berupa kerusakan pada klep jantung atau penyumbatan dalam jantung.

Jantung merupakan organ penentu hidup matinya seseorang, sehingga berbagai upaya dilakukan untuk membuat jantung terus dapat digunakan.

Alternatif terakhir dalam mengatasi gangguan jantung adalah dengan pencangkokan jantung. Pencangkokan (transplantasi) jantung pertama kali dilakukan oleh Christian Bernhard dari Afrika Selatan pada tahun 1969.

Cara Mencegah Penyakit Peredaran Darah
Setelah Anda mengetahui beberapa macam penyakit pada peredaran darah, kali ini kami akan menjelaskan kepada Anda mengenai bagaimana langkah pencegahan untuk meminimalisir berbagai kemungkinan terjangkitnya penyakit peredaran darah. Yang perlu Anda lakukan tidaklah sulit. Pertama, ketika Anda terluka usahakan untuk segera menghentikan perdarahannya supaya darah tidak terus mengalir. Hal ini berfungsi untuk mencegah kehilangan banyak darah yang bisa mengakibatkan darah rendah.

Anda juga harus mengubah kebiasaan atau pola hidup Anda menjadi lebih baik dan sehat. Mulailah kebiasaan olahraga secara teratur, karena olahraga adalah salah satu aktivitas yang bisa melancarkan peredaran darah Anda. Olahraga juga bisa mencegah beberapa jenis penyakit peredaran darah seperti hipertensi, hipotensi dan varises.

Selain olahraga pola makan sehat juga harus selalu Anda jaga. Konsumsilah lebih banyak buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Manfaatnya adalah untuk melancarkan buang air besar Anda, karena ternyata sulit BAB adalah pemicu munculnya wasir. Di mana wasir juga merupakan salah satu penyakit pada peredaran darah ringan. Selain itu Anda juga tidak disarankan untuk menahan buang air besar terlalu lama. Pasalnya buang air besar yang di tahan bisa membuat kotoran menjadi keras. Dan kotoran yang keras tersebut bisa memecahkan pembuluh vena. Pada akhirnya BAB Anda akan terasa sakit dan berdarah.

Sedangkan untuk menghindari berbagai jenis penyakit jantung, mulailah menghindari makanan-makanan berlemak. Ubah juga pola berpikir Anda supaya pikiran tidak mudah stres tidak mudah mengalami tekanan batin dan jangan pernah sampai depresi. Pasalnya gangguan-gangguan mental atau pikiran tersebut ternyata juga menjadi salah satu pemicu timbulnya bibit-bibit penyakit jantung.

Jadi itu tadi sedikit penjelasan dari kami mengenai berbagai macam penyakit pada peredaran darah dan juga bagaimana cara pencegahannya. Jadi mulai sekarang kami berharap Anda bisa lebih mewaspadai berbagai macam penyakit peredaran darah. Jadi sekarang mari mulai hidup baru dan ubah pola hidup untuk menjadi lebih positif dan lebih sehat. Sekian artikel kali ini, semoga bisa menginspirasi dan bermanfaat bagi Anda. Terima kasih.

Advertiser

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kelainan Penyakit dan Gangguan pada Sistem Peredaran Darah Manusia dan Cara Mengatasinya

0 komentar:

Posting Komentar