Keuntungan dan Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara di Berbagai Bidang

Berikut ini adalah pembahasan tentang Manfaat Perdagangan Internasional, keuntungan perdagangan internasional, manfaat kerjasama ekonomi internasional, manfaat hubungan internasional dalam bidang ideologi, keuntungan perdagangan bebas, manfaat perdagangan internasional di bidang sosial, manfaat hubungan internasional di bidang politik, manfaat hubungan internasional di berbagai bidang, manfaat bisnis internasional, manfaat kerjasama antar negara, sebutkan manfaat perdagangan internasional.Perdagangan internasional antara negara-negara yang berbeda bukanlah kegiatan yang baru. Sejarah telah menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu, telah ada perdagangan internasional, misalnya sutra, teh, rempah-rempah, dan lain sebagainya. Meskipun telah berlangsung selama bertahun-tahun lalu, namun manfaat terhadap bidang ekonomi, politik, dan sosial bisa dirasakan hingga kini. Perdagangan internasional sekarang ini telah tumbuh dan menyebar dengan pesat. Hal ini tak lepas dari perkembangan teknologi modern yang menunjang teknik produksi modern, sistem transportasi, perusahaan-perusahaan transnasional, outsourcing manufaktur dan jasa, dan industrialisasi yang pesat. Namun apa sebenarnya perdagangan internasional itu

Manfaat Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional merupakan kegiatan yang cukup penting di setiap negara. Tidak ada satu negara di dunia ini yang tidak melakukan perdagangan internasional. Mereka yang melakukan perdagangan internasional, sudah tentu merasakan manfaatnya.

Berikut ini beberapa manfaat dari perdagangan internasional.

a. Meningkatkan Hubungan Persahabatan Antarnegara

Adanya perdagangan antarnegara, dapat mewujudkan hubungan di antara negara-negara yang mengadakan perdagangan. Hubungan ini apabila terjalin dengan baik dapat meningkatkan hubungan persahabatan di antara negara-negara tersebut. Mereka dapat semakin akrab dan saling membantu bila mengalami kesulitan dalam memenuhi kebutuhan.

b. Kebutuhan Setiap Negara dapat Tercukupi

Dengan adanya perdagangan internasional, suatu negara yang masih kekurangan dalam memproduksi suatu barang dapat dipenuhi dengan mengimpor barang dari negara yang mempunyai kelebihan hasil produksi.

Sebaliknya negara yang mempunyai kelebihan hasil produksi barang dapat mengekspor barang tersebut ke negara yang kekurangan. Dengan demikian kebutuhan setiap negara dapat tercukupi.

c . Mendorong Kegiatan Produksi Barang secara Maksimal

Salah satu tujuan suatu negara melakukan perdagangan internasional yaitu untuk memperluas pasar di luar negeri. Semakin luasnya pasar di luar negeri dapat mendorong peningkatan produksi barang di dalam negeri. Dengan demikian akan mendorong para pengusaha untuk menghasilkan barang produksi secara besar-besaran.

d. Mendorong Kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Adanya perdagangan antarnegara memungkinkan suatu negara untuk mempelajari teknik produksi yang lebih efisien. Perdagangan luar negeri memungkinkan negara tersebut mengimpor mesin-mesin atau alat-alat modern untuk melaksanakan teknik produksi dan cara produksi yang lebih baik. Dengan demikian, adanya teknologi yang lebih modern dapat meningkatkan produkti itas dan dapat mempercepat pertambahan produksi.

e. Setiap Negara dapat Mengadakan Spesialisasi Produksi

Perdagangan internasional dapat mendorong setiap negara untuk mengadakan spesialisasi produksi dengan memanfaatkan sumber daya alam, tenaga kerja, modal, dan keahlian secara maksimal. Dengan demikian suatu negara akan memiliki produk-produk unggulan sehingga dapat bersaing dengan produk-produk dari luar negeri.

f. Memperluas Lapangan Kerja

Semakin luasnya pasar di luar negeri, maka barang atau jasa yang dihasilkan juga semakin bertambah. Dengan meningkatnya hasil produksi, maka perusahaan akan semakin banyak membutuhkan tenaga kerja. Hal ini dapat membuka kesempatan kerja baru. Semakin luasnya kesempatan kerja maka pengangguran dapat dikurangi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Keuntungan dan Manfaat Perdagangan Internasional antar Negara di Berbagai Bidang"

Posting Komentar