Macam-macam Jenis Pajak beserta Contohnya Lengkap

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Macam-macam Jenis Pajak beserta Contohnya Lengkap

Pengertian pajak adalah iuran wajib yang harus dibayarkan oleh wajib pajak dapat dipaksa menurut ketentuan undang-undang yang berlaku, tidak mendapata presentasi kembali yang langsung ditunjuk guna memenuhi kebutuhan Negara baik itu pengeluaran atau pendapatan demi mensejahterakan masyarakat. Pajak merupakan pendapatan terbesar bagi Negara Indonesia. Dan ada ketentuan-ketentuan yang harus diketahui oleh wajib pajak baik itu sistem yang harus ditaati maupun cara pembayarannya.

Menurut klasifikasinya pajak dibagi menjadi tiga yaitu, pajak menurut golongannya ada dua yaitu pajak langsung dan pajak tidak langsung kemudia pajak dipandang dari sifatnya ada dua yaitu pajak subjektif dan pajak objektif yang terakhir jika dipandang dari pihak pemugut dan pengelolanya dibagin menjadi dua juga yaitu pajak pusat dan pajak daerah.

Berikut ini adalah pembahasan tentang pajak yang meliputi macam macam pajak, jenis jenis pajak, contoh pajak, bentuk bentuk pajak.

Macam-macam Jenis Pajak

Macam-macam pajak ada beberapa jenis tergantung dengan faktornya;

1. Macam-macam Jenis Pajak Berdasarkan Pihak yang Menanggung

Berdasarkan pihak yang menanggung, ada 2 macam pajak:
  1. Pajak langsung, misalnya Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Bumi Bangunan (PBB).
  2. Pajak tidak langsung, misalnya Pajak Penjualan (PPn), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Materai, Cukai, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn-BM).

2. Macam-macam Jensi Pajak Berdasarkan Pihak yang Memungut

Berdasarkan pihak yang memungut, pajak dibedakan menjadi:
  1. Pajak negara, misalnya Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Bumi Bangunan (PBB), Pajak Penjualan (PPn), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Materai, Cukai, Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn-BM).
  2. Pajak daerah, misalnya retribusi parkir, pajak tontonan, pajak reklame, retribusi terminal.

3. Macam-macam Jenis Pajak Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, pajak dibedakan:
  1. Pajak objektif, misalnya Pajak Penghasilan (PPh).
  2. Pajak subjektif, misalnya Pajak Bumi Bangunan (PBB), Pajak Penjualan (PPn), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penjualan Barang Mewah (PPn-BM).

0 komentar:

Posting Komentar