Mengenal Wilayah Benua Afrika Secara Lengkap

Luas Benua Afrika kurang lebih 30.244.050 km2 yang membentang di belahan bumi utara maupun selatan, mencakup daratan luas di barat daya Asia, dan pulau-pulau di sekitarnya.
A. Letak dan batas wilayah
1)  Secara astronomis, Benua Afrika terletak di antara 38°LS - 35°LU dan 17°BT - 51°BT.Secara geografis, Benua Afrika terletak di sebelah Barat Daya Benua Asia.
2)  Batas-batas wilayahyaitu sebelah utara (Laut Tengah atau Laut Mediterania dan Benua Eropa); sebelah selatan (Samudra Atlantik); sebelah barat (Samudra Atlantik); sebelah timur (Laut Merah dan Samudra Hindia).

B. Bentang Alam
1)  Sebagian besar wilayah Afrika berupa daratan. Di bagian timur Afrika terdapat lembah retakan besar yang terbentuk oleh kegiatan vulkanik serta akibat pergeseran kerak bumi. Retakan tersebut memanjang dari Danau Malawi bagian timur (di wilayah negara Malawi) ke utara sampai Laut Merah.

2)  Plato dan pegunungan banyak terdapat di Afrika bagian Selatan. Kawasan tersebut banyak memiliki mata air dan aliran sungai dengan ketinggian antara 500 - 1.200 m dari permukaan laut. Plato dan pegunungan di Afrika yang terkenal adalah Plato Umbagi dan Plato Tassilin-Ajjer di Sahara, Plato Shaba di bagian Tenggara, Plato Lunda dan Plato Drakensberg di bagian Selatan, Dataran Tinggi Ethiopia di sebelah Timur, serta Plato Angola di bagian tengah. Rangkaian pegunungan diantaranya Pegunungan Atlas, Ruwenzori, Darkensberg, dan Pegunungan Cameroon. Titik tertinggi di Benua Afrika terdapat di Tanzania, yaitu Gunung Kilimanjaro (± 5.895 m). Afrika memiliki dataran kering yang terkenal, yaitu Gurun Sahara, Kalahari, dan Namib.

3)  Persebaran gurun di Benua Afrika dapat dijumpai di sekitar garis balik Utara dan garis balik Selatan. Kawasan gurun di bagian Selatan memiliki posisi atau letak yang lebih tinggi bila dibandingkan dengan kawasan gurun di bagian Utara. Namun begitu, gurun di bagian Utara memiliki wilayah yang lebih luas. Gurun di wilayah Utara dikenal dengan sebutan Gurun Sahara (± 9.065.000 km²), membentang dari Senegal di Barat hingga Kenya di Timur. Adapun gurun di wilayah Selatan, yaitu Gurun Kalahari dan Gurun Namibia.

C. Iklim
Kondisi fisik Afrika tersebut memengaruhi variasi iklim yang terjadi. Di daerah pantai, iklimnya dipengaruhi oleh iklim laut, di daerah 0° terdapat iklim tropis yang basah sehingga banyak terjadi hujan, sedangkan di bagian Utara dan Selatan mendapat pengaruh angin gurun sehingga beriklim subtropis yang kering. Khusus di bagian Utara, sedikit terpengaruh iklim Laut Mediteran.

D. Keadaan penduduk
Penduduk asli Afrika terdiri atas berbagai suku bangsa, yaitu suku bangsa Pigmy di pedalaman Zaire; suku bangsa Bushman, Zhun, Hatentot di Gurun Kalahari; serta suku bangsa Tuareg, Negroid, dan Sahrawi di Gurun Sahara. Banyaknya suku tersebut membuat Afrikakaya akan etnik. Lebih dari 800 bahasa digunakan di Afrika, namun bahasa Arab, Swahili, dan Hausa paling luas penggunaannya. Adapun agama yang berkembang di Afrika adalah agama Islam, Kristen dan berbagai aliran kepercayaan.

E. Karakteristik
Benua ini mempunyai gunung api tertinggi di dunia, yaitu Gunung Kilimanjaro (5.895 m) di Tanzania; mempunyai gurun terluas, yaitu Gurun Sahara; mempunyai sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil di Mesir; Benua yang dilintasi oleh garis khatulistiwa, garis balik utara, dan garis balik selatan; dapat dijumpai piramida sebagai tempat makam raja Mesir kuno; adanya bangunan-bangunan bersejarah, seperti piramida, patung Sphinx dan patung raja Ramses II; mempunyai ketampakan alam berupa Lembah Celah Besar (The Great Rift Valley) yang terbentang sepanjang 6.400 km dari pantai Laut Merah di Afrika Timur hingga Danau Tanganyika di Afrika Selatan.

F. Pembagian negara
1)  Afrika Utara meliputi Maroko, Sahara Barat, Aljazair, Tunisia, Mesir, Sudan, Libya
2)  Afrika Selatan meliputi Namibia, Botswana, Afrika Selatan, Lesotho, Swaziland.
3)  Afrika Barat meliputi Senegal, Cape Verde, Guinea, Guenia Bissau, Gambia, Senegal, Sierra Lone, Liberia, Pantai Gading, Ghana, Togo, Benin, Nigeria, Mauritania, Mali, Burkina Faso, Niger.
4)  Afrika Tengah meliputi Chad, Afrika Tengah, Guinea Equatorial, Gabon, Kongo, Sao Tome, Principle, Zaire (Rep. Dem. Kongo) Angola.
5)  Afrika Timur meliputi Eritrea, Etiopia, Somalia, Uganda, Kenya, Djibuti, Reunion, Seychelles, Tanzania, Rwanda, Komoro, Burundi, Malagasi, Mozambik, Mauritius, Zambia, Zimbabwe.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Wilayah Benua Afrika Secara Lengkap"

Posting Komentar