Mengenal Wilayah Dan Keadaan Alam Geografis Benua Asia

Wilayah benua Asia mencakup wilayah daratan luas Eurasia tanpa Eropa dan Afrika. Luas Benua Asia mencapai ± 43.998.920 km². Benua Asia berada di bagian timur bumi, dan hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi bagian utara (kecuali sebagian wilayah Indonesia).

A. Letak dan batas wilayah Benua Asia
1)  Secara astronomis, Benua Asia terletak di antara 77°4’LU - 11°16’LS dan 26°04’BT - 169°40’BB.Secara geografis, Benua Asia terletak antara Benua Eropa dan Benua Australia serta di antara Samudera Hindia, Pasifik, dan Arktik.
2)  Batas-batas wilayah:bagian utara (Samudra Arktik dan Selat Bering); bagian selatan (Samudra Hindia); bagian barat (Pegunungan Ural (batas dengan Eropa), Laut Kaspia, Pegunungan Kaukasus, Laut Hitam, Laut Tengah, dan Laut Merah); bagian timur(Samudra Pasifik).
Keadaan Geografis Benua Asia

B. Bentang alam
1)  Benua Asia memiliki banyak wilayah dataran tinggi, yaitu Dataran Tinggi Tibet di bagian Barat Daya Cina yang merupakan dataran tinggi terluas dan tertinggi (ketinggiannya mencapai 4.875m dari permukaan laut), Dataran Tinggi Dekkan di India, DataranTinggi Anatolli di Turki (Asia Barat), Dataran Tinggi Mongolia diAsia Tengah, Dataran Tinggi Afghanistan, dan Dataran Tinggi Siberia di bagian Utara Asia.

2)  Asia memiliki banyak wilayah gurun, diantaranya Gurun Arab (± 2.590.000 km²) di Asia Barat, Gurun Thar (± 453.000 km²) di perbatasan Asia Barat dan Asia Selatan, Gurun Karakum (± 350.000 km²) di perbatasan Asia Tengah dan Eropa Timur, Gurun Kyzykum (± 298.000 km²) di Asia Tengah, serta Gurun Gobi (± 1.295.000 km²) dan Gurun Taklimakan (± 272.000 km²) di kawasan Asia Timur.

3)  Dataran rendah Asia, misalnya Dataran Rendah Pakistan Timur, Dataran Rendah Asia Tenggara, Dataran Rendah Siberia Barat, dataran rendah di sebelah Timur Laut Kaspia, dataran rendah di India Utara dan Bangladesh, Dataran Rendah Irak, serta Dataran Rendah Cina Timur. Dataran-dataran rendah tersebut pada umumnya dialiri sungai-sungai utama, yaitu Sungai Ob di Siberia, Sungai Indus di Pakistan, Sungai Gangga dan Brahmaputra di India-Bangladesh, Sungai Tigris dan Eufrat di Irak, Sungai Yang Tse dan Sungai Huang Ho di Cina, serta Sungai Mekong dan Sungai Chao Praya di Asia Tenggara. Aliran Sungai Brahmaputra memiliki wilayah delta terluas, yaitu mencapai 75.000 km².

C. Iklim
Berdasarkan letak lintangnya, Benua Asia dilalui garis khatulistiwa (0°) hal ini menyebabkan benua ini memiliki variasi iklim yaitu Iklim muson tropis, terjadi di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan; Iklim subtropis, terjadi di kawasan Asia Tengah dan Asia Timur; Iklim gurun, terjadi di kawasan Asia Barat, Asia Tengah, dan Asia Timur; Iklim dingin, terjadi di kawasan Siberia (Asia Utara).

D. Penduduk
Penduduk di Asia terdiri dari berbagai ras, diantaranya Ras Mongoloid (di Asia Timur dan Asia Tenggara); Ras Kaukasoid (di Asia Selatan bagian utara); Ras Campuran (di daerah Semenanjung Arab). Mata pencarian terbesar penduduknya di bidang pertanian sehingga dapat dikatakan sebagai pemasok beras di dunia.

E. Karakteristik
Benua Asia adalah benua terluas di dunia. Benua ini merupakan penyuplai minyak terbesar di dunia (Timur Tengah), terdapat gunung tertinggi di dunia yaitu Gunung Everest (8.848 m), mempunyai danau terluas di dunia yaitu Danau Kaspia (394.299 km2), mempunyai laut terluas di dunia yaitu Laut Cina Selatan (2.974.614 km2).

Benua ini merupakan tempat lahirnya agama-agama di dunia, yaitu Islam, Budha, Hindu, Kristen, Kong Hu Cu. Serta terdapat bangunan bernilai sejarah yang dimasukkan sebagai tujuh keajaiban dunia, yaitu Tembok Besar di RRC, Ka’bah di Mekah (Arab Saudi), Taj Mahal di India, dan Candi Borobudur di Indonesia.

F. Pembagian negara
1)  Asia Utara; wilayahnya meliputi Rusia
2)  Asia Tengah; wilayahnya meliputi Mongolia, Azerbaijan, Kazakstan, Tajikistan, Turkmenistan, Armenia, Uzbekistan, Kirgizstan.
3)  Asia Timur; wilayahnya meliputi RRC, Jepang, Korea Utara, Korea Selatan, Taiwan.
4)  Asia Tenggara wilayahnya meliputi Myanmar, Thailand, Laos, Kamboja, Vietnam, Malaysia, Filipina, Singapura, Indonesia, Brunei, dan Timor Leste.
5)  Asia Selatan; wilayahnya meliputi Pakistan, India, Nepal, Bhutan, Bangladesh, Srilangka, Maladewa.
6)  Asia Barat; wilayahnya meliputi Lebanon, Israel, Palestina, Suriah, Yordania, Irak, Iran, Afganistan, Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, Yaman.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Wilayah Dan Keadaan Alam Geografis Benua Asia"

Posting Komentar