Blog Tentang Segala Informasi - Website Informasi Seputar Gambar Rumah Idaman,Tips Android, Komputer, Pendidikan dan informasi Lainnya

Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa Beserta Ibukotanya

Jawa adalah pulau yang sebagian besar terbentuk dari aktivitas vulkanik, merupakan pulau ketiga belas terbesar di dunia, dan terbesar kelima di Indonesia. Deretan gunung-gunung berapi membentuk jajaran yang terbentang dari timur hingga barat pulau ini. Terdapat tiga bahasa utama di pulau ini, namun mayoritas penduduk menggunakan bahasa Jawa. Bahasa Jawa merupakan bahasa ibu dari 60 juta penduduk Indonesia, dan sebagian besar penuturnya berdiam di pulau Jawa. Sebagian besar penduduk adalah bilingual, yang berbahasa Indonesia baik sebagai bahasa pertama maupun kedua. Sebagian besar penduduk Jawa adalah Muslim, namun terdapat beragam aliran kepercayaan, agama, kelompok etnis, serta budaya di pulau ini.

Jawa adalah sebuah pulau di Indonesia dengan penduduk 136 juta, pulau ini merupakan pulau berpenduduk terpadat di dunia dan merupakan salah satu wilayah berpenduduk terpadat di dunia. Pulau ini dihuni oleh 60% penduduk Indonesia. Ibu kota Indonesia, Jakarta, terletak di Jawa bagian barat. Banyak sejarah Indonesia berlangsung di pulau ini. Jawa dahulu merupakan pusat dari beberapa kerajaan Hindu-Buddha, kesultanan Islam, pemerintahan kolonial Hindia-Belanda, serta pusat pergerakan kemerdekaan Indonesia. Pulau ini berdampak sangat besar terhadap kehidupan sosial, politik, dan ekonomi Indonesia.

Pada jaman orde baru jumlah propinsi di Pulau Jawa ada 5 yaitu Propinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur, namun seiring dengan bergulirnya orde reformasi lahirlah Propinsi Banten hasil pemekaran dari Propinsi Jawa Barat. Dengan demikian Jumlah Propinsi di Pulau Jawa yang dulu berjumlah 5, kini bertambah satu menjadi 6.

Tulisan yang satu ini akan membahas mengenai nama-nama provinsi yang ada di Pulau Jawa yang seharusnya sudah kamu ketahui, materi ini tentunya sudah kamu pelajari dalam mata pelajaran Geografi atau Ilmu Pengetahuan Sosial, bukan begitu? Langsung saja kamu baca baik-baik tulisan ini mengenai daftar nama provinsi di Pulau Jawa beserta dengan penjelasan singkatnya, cekidot:

Source : https://www.flickr.com/photos/dany13/6225594869

Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, tepatnya pulau terbesar ke-5 di Indonesia dan juga pulau terbesar ke-13 didunia. Meskipun hanya menempati urutan ke-5 pulau terbesar di Indonesia namun pulau ini ditempati oleh 60% bangsa Indonesia, artinya lebih dari 150 juta orang Indonesia tinggal di pulau ini. Namun saat ini kita akan membahas mengenai nama-nama provinsi yang ada di Pulau Jawa, dan inilah nama-nama provinsi tersebut, silahkan disimak:
  1. Provinsi Jawa Tengah, provinsi ini memiliki ibukota di Kota Semarang yang terkenal akan kulinernya. 9 Juli 1950 merupakan tanggal dimana provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 32 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 34 ribu kilometer persegi.
  2. Provinsi DI Yogyakarta, provinsi ini memiliki ibukota provinsinya di Kota Yogyakarta. Provinsi ini resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 4 Maret 1950. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 3,3 juta jiwa dengan luas wilayah lebih dari 3 ribu kilometer.
  3. Provinsi Jawa Timur, provinsi ini memiliki ibukota provinsi yang terletak di Kota Surabaya. 9 Juli 1950 merupakan tanggal dimana provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 37 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 47 ribu kilometer persegi.
  4. indonesia ini beribukota di Kota Serang. Provinsi Banten resmi menjadi salah satu provinsi di Indonesia pada tanggal 4 Oktober 2000. Provinsi ini memiliki jumlah penduduk lebih dari 10 juta orang dan luas wilayah hampir 10 ribu kilometer persegi.
  5. Provinsi DKI Jakarta, provinsi ini merupakan provinsi dimana ibukota Indonesia berada, resmi menjadi bagian dari Indonesia pada tanggal 28 Agustus 1961. Provinsi yang hanya memiliki luas wilayah kurang dari seribu kilometer persegi ini dipadati oleh penduduk yang mencapai 10 juta orang.
  6. Provinsi Jawa Barat, provinsi ini memiliki ibukota di Kota Bandung yang dikenal sebagai Parisj Van Java. 9 Juli 1950 merupakan tanggal provinsi ini resmi menjadi bagian dari Indonesia. Provinsi ini berpopulasi lebih dari 43 juta jiwa yang mendiami wilayah sekitar 35 ribu kilometer persegi.

Teman-teman, itulah penjelasan ringkas mengenai nama-nama provinsi di Pulau Jawa beserta dengan nama ibukotanya dan juga tanggal resmi bergabung, jumlah penduduk, serta luas wilayah. Dari ringkasan diatas juga kita mengetahui bahwa Pulau Jawa memiliki 6 provinsi. Semoga tulisan yang satu ini menjadikan kamu hafal mengenai nama-nama provinsi di Pulau Jawa, terima kasih banyak.

Advertiser

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nama-nama Provinsi di Pulau Jawa Beserta Ibukotanya

0 komentar:

Posting Komentar