Senin, 24 April 2017

Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan Beserta Ibukotanya

Kalimantan adalah pulau terbesar ketiga di dunia yang terletak di sebelah utara Pulau Jawa dan di sebelah barat Pulau Sulawesi. Pulau Kalimantan dibagi menjadi wilayah Brunei, Indonesia (dua per tiga) dan Malaysia (sepertiga). Pulau Kalimantan terkenal dengan julukan "Pulau Seribu Sungai" karena banyaknya sungai yang mengalir di pulau ini.

Pada zaman dahulu, Borneo -- yang berasal dari nama kesultanan Brunei -- adalah nama yang dipakai oleh kolonial Inggris dan Belanda untuk menyebut pulau ini secara keseluruhan, sedangkan Kalimantan adalah nama yang digunakan oleh penduduk kawasan timur pulau ini yang sekarang termasuk wilayah Indonesia. Wilayah utara pulau ini (Sabah, Brunei, Sarawak) untuk Malaysia dan Brunei Darussalam. Sementara untuk Indonesia wilayah Kalimantan Utara, adalah provinsi Kalimantan Utara. Dalam arti luas "Kalimantan" meliputi seluruh pulau yang juga disebut dengan Borneo, sedangkan dalam arti sempit Kalimantan hanya mengacu pada wilayah Indonesia.

Pulau Kalimantan (Borneo) adalah Pulau Terbesar kedua di Indonesia setelah Papua, meskipun besar di pulau ini hanya terdapat empat Propinsi yaitu Propinsi Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Wilayah Kalimantan terkenal dengan lahan gambutnya, hutan yang masih luas dan aman dari gempa. Beberapa tahun terakhir ini sempat ada wacana agar Ibukota Negara dipindahkan ke Pulau Kalimantan, namun sejauh inì belum ada tanggapan serius dari pemerintah.

Pulau Kalimantan yang juga dikenal dengan nama pulau Borneo, wilayah Kalimantan berbatasan dengan Sabah dan Sarawak di bagian utara, sedangkan di bagian timur berbatasan dengan Selat Karimata , di bagian selatan berbatasan dengan Laut Jawa , dan di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar , dan Laut Sulawesi.Sebelum pemekaran pada tahun 1957 wilayah ini merupakan satu wilayah administratif / provinsi yang beribukota di Banjarmasin. Selanjutnya di pulau ini terdapat empat Provinsi yaitu Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar), Kalimantan Tengah (Kalteng), Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur. Namun sekarang ini jumlah provinsi di Kalimantan sudah menjadi lima Provinsi, setelah munculnya Provinsi baru yang lahir dari hasil pemekaran yaitu Provinsi Kalimantan Utara yang berpisah dari Provinsi Kalimantan Timur dengan Ibukota Tanjung Selor.

Tulisan yang satu ini kita akan menerangkan secara singkat namun jelas mengenai nama-nama provinsi di Pulau Kalimantan yang tentu saja baiknya kamu ketahui, materi ini tentunya terdapat dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial atau Geografi. Untuk lebih jelasnya langsung saja simak ulasannya yang berikut ini mengenai daftar nama provinsi yang ada di Pulau Kalimantan:

Source : https://www.flickr.com/photos/jajay/759134183

Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan

Mengenali Nama-nama Provinsi di Pulau Kalimantan

Kalimantan merupakan pulau terbesar di Indonesia dan pulau ke-3 terbesar didunia, pulau ini merupakan wilayah dari tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Untuk Indonesia sendiri pada awal kemerdekaan Pulau Kalimantan hanya ada satu provinsi saja namun saat ini jumlah provinsi di Pulau Kalimantan ada lima. Dan dibawah ini adalah nama-nama provinsi di Pulau Kalimantan beserta dengan penjelasannya yang padat, silahkan disimak baik-baik infonya:
  1. Provinsi Kalimatan Timur, provinsi yang memiliki ibukota di Kota Samarinda ini menjadi bagian dari Indonesia pada tanggal 2 Juli 1958. Menurut sumber yang ada saat ini jumlah penduduk provinsi tersebut sekitar lebih dari 2,8 juta jiwa dan luas daerahnya mencapai 194 ribu kilometer persegi.
  2. Provinsi Kalimatan Utara, salah satu provinsi baru di Indonesia ini beribukota di Tanjung Selor dan resmi menjadi sebuah provinsi pada tanggal 25 Oktober 2012. Provinsi Kalimantan Utara jumlah penduduk sekitar 622 ribu jiwa dengan total luas wilayah sekitar 71 ribu kilometer persegi.
  3. Provinsi Kalimantan Barat, provinsi yang beribukota di Kota Pontianak ini menjadi bagian dari provinsi di Indonesia pada tanggal 7 Desember 1956. Saat ini diperkirakaan jumlah penduduk yang ada diprovinsi ini mancapai 4,4 juta jiwa dengan luas wilayahnya yang mencapai 115 ribu kilometer persegi.
  4. Provinsi Kalimantan Tengah, provinsi yang resmi menjadi bagian dari NKRI pada tanggal 2 Juli 1958 ini memiliki ibukota provinsi di Kota Palangkaraya. Menurut data yang ada jumlah penduduk Kalimantan Tengah sekitar 2,2 juta jiwa yang mendiami wilayah seluas 153 ribu kilometer persegi.
  5. Provinsi Kalimantan Selatan, provinsi yang menjadikan Kota Banjarmasin sebagai ibukotanya ini resmi menjadi bagian dari provinsi di Indonesia pada tanggal 7 Desember 1956. Saat ini jumlah penduduknya sekitar 3,6 juta jiwa dengan luas wilayahnya sekitar 36 ribu kilometer persegi saja.

itulah penjelasan singkat mengenai daftar nama provinsi di Pulau Kalimatan beserta dengan nama ibukotanya dan juga tanggal resmi bergabung, jumlah penduduk, serta luas wilayah. Dari ringkasan diatas juga kita mengetahui bahwa Pulau Kalimantan memiliki 5 provinsi. Semoga tulisan yang satu ini menjadikan kamu hafal mengenai provinsi-provinsi di Pulau Kalimatan.

Advertiser


EmoticonEmoticon