Pengertian Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen, Struktur Cerpen, Unsur Intrinsik Cerpen

Jumat, 21 April 2017

Pengertian Cerpen, Ciri-Ciri Cerpen, Struktur Cerpen, Unsur Intrinsik Cerpen

Tahukah anda pengertian cerpen? Apa saja yang termasuk unsur-unsur cerpen? Dan apa yang saja ciri-ciri cerpen? Cerpen atau dapat disebut juga dengan cerita pendek merupakan suatu bentuk prosa naratif fiktif. Cerpen cenderung singkat, padat, dan langsung pada tujuannya dibandingkan karya-karya fiksi lain yang lebih panjang, seperti novella dan novel.

Cerpen merupakan salah satu jenis karya sastra yang memaparkan kisah atau cerita mengenai manusia beserta seluk beluknya lewat tulisan pendek dan singkat. Atau pengertian cerpen yang lainnya yaitu sebuah karangan fiktif yang berisi mengenai kehidupan seseorang ataupun kehidupan yang diceritakan secara ringkas dan singkat yang berfokus pada suatu tokoh saja.

Cerita pendek biasanya mempunyai kata yang kurang dari 10.000 kata atau kurang dari 10 halaman saja. Selain itu, cerpen atau cerita pendek hanya memberikan sebuah kesan tunggal yang demikian serta memusatkan diri pada salah satu tokoh dan hanya satu situasi saja.

Pengertian dan unsur-unsur pada cerpen telah dibahasa sebelumnya, pada kesempatan ini akan dijelaskan tentang ciri-ciri cerpen secara lengkap.

Sama halnya dengan karya sastra prosa lainnya, cerpen juga memiliki unsur-unsur pembangun, yakni unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik.

Unsur intrinsik meliputi tema, alur cerita, penokohan, latar, amanat, dan sudut pandang pengarang. Unsur ekstrinsik meliputi kehidupan sosial dan latar belakang si penulis.
Ciri-ciri Cerpen

Ciri-ciri Cerpen

1. Panjang Cerita Terdiri kurang dari 10.000 kata
2. Bentuk tulisan yang singkat dan lebih pendek dari novel
3. Isi cerita berasal dari kehidupan sehari hari
4. Penokohan dalam cerpen sederhana
5. Bersifat fiktif
6. Hanya punya 1 alur
7. Habis dibaca sekali duduk
8. Penggunaan kata kata yang mudah dipahami
9. Hanya mengangkat beberapa peristiwa dalam hidup tidak seluruhnya
10. Hanya mengandung satu gagasan tunggal atau berkesan tunggal
11. Menyajikan satu kejadian yang paling menarik
12. Berakhir dengan penyelesaian

Unsur Ekstrinsik Cerpen

Unsur Ekstrinsik CerpenUnsur ekstrinsik cerpen merupakan sebuah unsur yang membentuk cerpen dari luar, berbeda dengan unsur intrinsik cerpen yang membentuk cerpen dari dalam. Unsur ekstrinsik cerpen tidak terlepas dari keadaan masyarakat saat dimana cerpen tersebut dibuat oleh pengarang. Unsur ini sangat memiliki banyak sekali pengaruh terhadap penyajian amanat ataupun latar belakang dari cerpen tersebut. Berikut unsur ekstrinsik cerpen.

Latar Belakang Masyarakat
Latar belakang masyarakat yaitu suatu pengaruh dari kondisi latar belakang masyarakat terhadap terbentuknya sebuah jalan cerita. Pemahaman tersebut dapat berupa pengkajian Ideologi negara, kondisi politik, sosial masyarakat, sampai dengan kondisi ekonomi pada masyarakat itu sendiri.

Latar Belakang Pengarang
Latar belakang pengarang dapat meliputi pemahaman pengarang terhadap sejarah hidup serta sejarah hasil karangan yang telah dibuat sebelumnya.

Biografi
Biografi biasanya berisikan tentang riwayat hidup pengarang cerita tersebut yang ditulis secara keseluruhan.

Kondisi Psikologis
Kondisi psikologis berisi tentang pemahaman kondisi mood ketika pengarang menulis kisah cerita tersebut.

Aliran Sastra
Aliran sastra seorang pengarang pastinya akan mengikuti suatu aliran sastra tertentu. Hal tersebut sangatlah berpengaruh terhadap gaya penulisan yang dipakai oleh pengarang dalam menciptakan sebuah kisah dalam cerpen tersebut.
Itulah pengertian cerpen, ciri-ciri cerpen, struktur cerpen, unsur intrinsik cerpen, dan unsur ekstrinsik cerpen

0 komentar:

Posting Komentar