Pengertian Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Memahami pengertian pasar persaingan sempurna dengan baik dapat membantu Anda untuk mencapai kesuksesan dalam menjual barang. Ilmu ekonomi yang satu ini sangatlah berguna dalam mengetahui sistem harga yang digunakan pada kebanyakan pasar di Indonesia. Secara garis besar, pasar merupakan suatu tempat pertemuan antara permintaan dan penawaran (penjual dan pembeli), sehingga bisa menetapkan harga. Pasar terbagi dalam dua bentuk, yakni pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pasar persaingan sempurna adalah suatu pasar dengan kondisi penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen, sehingga penjual dan pembeli tidak dapat mempengaruhi harga jual beli.Contohnya seperti perusahaan kecil yang jumlahnya sangat banyak dan menjual atau memproduksi jenis barang yang sama seperti beras, gandum, kentang, dan sebagainya.

Sementara itu, pasar persaingan tidak sempurna atau pasar monopolistik adalah suatu pasar dimana penjual dapat mengontrol harga jual barang karena sifatnya yang eksklusif.

Artikel berikut ini akan membahas pengertian pasar persaingan sempurna secara mendetail, dan materi-materi yang akan di bawah adalah: contoh, ciri, sistem harga, kelebihan dan kekurangan, serta perbedaan pasar persaingan sempurna dan tidak sempurna.

Berikut ini adalah pembahasan tentang pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna yang meliputi pengertian pasar persaingan sempurna, pengertian pasar persaingan tidak sempurna, ciri ciri pasar persaingan sempurna, ciri ciri pasar persaingan tidak sempurna, contoh pasar persaingan sempurna, contoh pasar persaingan tidak sempurna, karakteristik pasar persaingan sempurna.

Berdasarkan organisasi pasar, pasar dapat dibedakan menjadi pasar persaingan sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna.

Pengertian Pasar persaingan sempurna (perfect competition market)

Apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan sempurna?
Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang terdapat banyak penjual dan pembeli, sehingga harga tidak bisa ditentukan oleh masing-masing penjual/pembeli.

Karakteristik dan Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna 

  1. penjual dan pembeli bebas keluar masuk pasar tanpa hambatan,
  2. pengetahuan penjual dan pembeli tentang pasar sempurna,
  3. penjual dan pembeli banyak,
  4. barang yang diperjualbelikan bersifat homogen.

Pengertian Pasar persaingan tak sempurna (imperfect competition market)

Apakah yang dimaksud dengan pasar persaingan tidak sempurna?
Pasar persaingan tidak sempurna adalah pasar di mana jumlah pembeli lebih banyak dibandingkan dengan jumlah penjualnya, sehingga pasar dikuasai oleh satu atau beberapa penjual saja.

Adapun karakteristik dan ciri-ciri Pasar Persaingan tak sempurna adalah sebagai berikut.

  1. terdapat hambatan untuk memasuki pasar,
  2. pengetahuan pembeli tentang pasar terbatas,
  3. jumlah penjual sedikit,
  4. barang yang diperjualbelikan bermacam-macam.

Contoh Pasar Persaingan Tidak Sempurna

Bentuk pasar yang termasuk pasar persaingan tidak sempurna, di antaranya:
  1. Pasar monopoli
  2. Pasar duopoli
  3. Pasar Oligopoli
  4. Pasar Monopolistik 
Demikian Artikel Pengertian Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna semoga Bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Ciri-ciri Pasar Persaingan Sempurna dan Pasar Persaingan Tidak Sempurna"

Posting Komentar