Sabtu, 08 April 2017

Pengertian dan Bentuk-bentuk Jenis Contoh Interaksi Sosial Asosiatif

Pada pembahasan kali ini kita akan mepelajari tentang macam-macam interaksi sosial, bentuk-bentuk interaksi sosial, contoh interaksi sosial, jenis-jenis interaksi sosial, interaksi asosiatif, pengertian interaksi sosial asosiatif, dan contoh interaksi asosiatif. Menurut para sosiolog terdapat dua jenis proses sosial yang terjadi sebagai akibat dari interaksi sosial yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat, biasanya akan menghasilkan dua jenis proses sosial, pertama proses sosial yang sifatnya asosiatif, kedua proses sosial yang sifatnya disosiatif.

Proses sosial asosiatif ialah hubungan positif yang terjadi dalam masyarakat, proses ini bersifat membangun serta mempererat atau memperkuat hubungan jalinan solodaritas dalam kelompok masyarakat untuk menjadi satu kesatuan yang lebih erat.

Pengertian dan Bentuk-bentuk Interaksi Sosial Asosiatif

Pengertian Interaksi Asosiatif

Interaksi sosial asosiatif merupakan hubungan yang mengarah pada penyatuan. Masyarakat melakukan interaksi sosial asosiatif karena mereka saling membutuhkan dan menghendaki kehidupan yang aman, damai, dan teratur

Berikut bentuk-bentuk interaksi sosial asosiatif.

Kerja Sama (Cooperation)

Cooperation atau kooperasi berasal dari bahasa Latin, co berarti bersama-sama, dan operani yang berarti bekerja. Kooperasi dapat diartikan bekerja sama.

Kerja sama merupakan perwujudan minat dan perhatian orang untuk bersama-sama dalam suatu kesepahaman
.
Dalam teori sosiologi ada beberapa bentuk kerja sama. Kerja sama tersebut, antara lain kerja sama spontan (spontaneous cooperation), kerja sama langsung (directed cooperation), kerja sama kontrak (contractual cooperation), dan kerja sama tradisional (traditional cooperation). Selain itu, kerja sama dapat terjadi dalam kelompok primer dan kelompok sekunder.

Akomodasi

Akomodasi adalah suatu proses ke arah tercapainya kesepakatan sementara yang dapat diterima kedua belah pihak yang tengah bersengketa. 
Akomodasi terjadi pada orang-orang atau kelompok-kelompok yang mau tidak mau harus bekerja sama meskipun dalam kenyataannya mereka memiliki paham yang berbeda dan bertentangan. Tanpa akomodasi dan kesediaan berakomodasi, dua pihak yang berselisih paham tidak mungkin dapat bekerja sama.

Asimilasi

Asimilasi merupakan proses lebih lanjut jika di bandingkan dengan proses akomodasi. Pada proses asimilasi terjadi proses peleburan kebudayaan sehingga pihak-pihak atau warga-warga dua atau tiga kelompok yang tengah berasimilasi akan merasakan adanya kebudayaan tunggal yang dirasakan sebagai milik bersama.

Demikian Pengertian dan Bentuk-bentuk Jenis Contoh Interaksi Sosial Asosiatif semoga bermanfaat.

Advertiser


EmoticonEmoticon