Blog Tentang Segala Informasi - Website Informasi Seputar Gambar Rumah Idaman,Tips Android, Komputer, Pendidikan dan informasi Lainnya

Pengertian dan Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi beserta Contohnya

Sistem Ekonomi - Permasalahan ekonomi yang sering muncul di masyarakat menyangkut tiga masalah pokok yaitu barang/jasa apa yang akan diproduksi (what), bagaimana cara memproduksinya (how), dan untuk siapa barang/jasa tersebut (for whom). Di dalam mengatasi masalah tersebut diperlukan cara tertentu untuk menjalankan perekonomian negara. Cara tersebut dinamakan sistem ekonomi. Apa sih sistem ekonomi tersebut? Tenang sobat,  pada kesempatan kali ini akan membahas lengkap tentang sistem ekonomi lengkap beserta macam-macam, fungsi, dan kriteria sistem ekonomi Secara umum sistem ekonomi yaitu sebuah cara untuk mengatur dan mengorganisasi semua kegiatan perekonomian dalam masyarakat yang dilakukan oleh pemerintah atau swasta yang berlandaskan prinsip tertentu dalam rangka untuk meraih kemakmuran atau kesejahteraan.

Berikut ini adalah pembahasan tentang sistem ekonomi yang meliputi pengertian sistem ekonomi, macam macam sistem ekonomi, contoh sistem ekonomi, jenis jenis sistem ekonomi, sistem ekonomi tradisional, sistem ekonomi pasar, sistem ekonomi komando, sistem ekonomi terpusat, sistem ekonomi liberal, sistem ekonomi sosialis, pengertian sistem ekonomi tradisional, macam macam sistem perekonomian.

Pengertian Sistem Ekonomi 

Apakah arti dari sistem ekonomi itu sendiri? Apa manfaatnya? Dan bagaimanakah penerapannya?
Sistem ekonomi adalah cara suatu bangsa atau negara mengatur perekonomiannya. 
Pelaksanaan sistem ekonomi suatu negara tercermin dalam keseluruhan lembaga-lembaga ekonomi yang digunakan oleh suatu bangsa untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Sistem perekonomian negara dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain falsafah hidup bangsa, sifat dan jari diri bangsa, dan struktur ekonomi.

Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi

Berikut adalah beberapa sistem ekonomi yang biasa diterapkan oleh negara, diantaranya adalah sebagai berikut;

1. Sistem Ekonomi Sosiali (Terpusat)

Sistem ekonomi terpusat sering disebut sebagai sistem ekonomi sosialis, yaitu suatu sistem ekonomi di mana seluruh sumber daya dan pengolahannya direncanakan dan dikendalikan oleh pemerintah. Pemerintah dalam sistem ekonomi terpusat berperan sangat dominan.
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Terpusat (Sosialis) Beserta Kelebihan dan Kelemahannya

2. Sistem Ekonomi Liberal

Sistem ekonomi liberal disebut juga sistem ekonomi pasar, yaitu sistem ekonomi di mana pengelolaan ekonomi diatur oleh kekuatan pasar (permintaan dan penawaran) . Sistem ekonomi ini menghendaki adanya kebebasan individu dalam melakukan kegiatan ekonomi. 
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Pasar (Liberal) beserta Kelebihan dan Kelemahannya.

3. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang berusaha mengurangi kelemahan- kelemahan yang timbul dalam sistem ekonomi terpusat dan sistem ekonomi pasar. 
Baca selengkapnya: Ciri-ciri Sistem Ekonomi Campuran beserta Kelebihan dan Kelemahannya.

4. Sistem Ekonomi Tradisional

Dalam sistem ekonomi tradisional, kegiatan ekonominya masih menggunakan tradisi turun temurun yang berlaku dalam suatu masyarakat dan telah menjadi nilai budaya setempat. Kegiatan ekonomi tradisional dilakukan secara bergotong royong dan bersifat kekeluargaan untuk memenuhi kebutuhan hidup minimal.

Advertiser

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pengertian dan Macam-macam Jenis Sistem Ekonomi beserta Contohnya

0 komentar:

Posting Komentar