Pengertian dan Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya serta Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam

Kelangkaan akan suatu barang saat ini telah banyak dirasakan sebagai contoh kelangkaan BBM, gas, dan lain sebagainya. Secara tidak sadar manusia telah mengeruk habis sumber daya alam yang ada di bumi untuk diperjualbelikan. Hingga sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui menjadi semakin sedikit atau bahkan habis, sehingga menimbulkan kelangkaan di masyarakat. hidup manusia. Dimana semua kebutuhan manusia sangat bergantung pada persediaan alam. Bila terjadi kelangkaan sumber daya alam maka akan sangat berdampak besar terhadap kelangsungan umat manusia di muka bumi.

Begitu juga dalam perekonomian, kelangkaan sumber daya alam juga  berpengaruh  terhadap perekonomian. Pada dasarnya prinsip umum dalam ekonomi adalah bagaimana memenuhi kebutuhan manusia yang tak terbatas dengan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Dalam ekonomi kelangkaan sumber daya alam itu adlah salah satu faktor utama dalam kajian ekonomi yang berwawasan lingkungan. Oleh karena itu perlu adanya pengelolaan sumber daya alam yang arif dan bijaksana, agar ketersediaannya tetap ada atau tetap lestari untuk memenuhi kebutuhan manusia sekarang maupun generasi manusia yang akan datang.

Dalam masalah kelangkaan tersebut, manusia dituntut untuk mencari cara agar selalu kebutuhannya terpenuhi tetapi tidak merusak alam bahkan dituntut untuk menjaga kelestariannya. Didalam makalah ini terdapat uapaya yang dapat diterapkan oleh pembaca untuk dapat mengambil manfaatnya untuk
memenuhi kebutuhan manusia tetapi tidak sampai merusaknya.

Kelangkaan sumber daya alam tidak terjadi begitu saja. Ada beberapa penyebab terjadinya kelangkaan. Meskipun demikian kelangkaan merupakan suatu hal yang tidak bisa dipungkiri karena memang semua manusia memiliki kebutuhan mendasar terhadapat sumber daya alam. Walaupun tidak bisa diupngkiri, bukan berarti kelangkaan tidak bisa diatasi.

Berikut ini adalah Pembahasan tentang kelangkaan sumber daya yang meliputi pengertian kelangkaan sumber daya alam, macam macam kelangkaan sumber daya alam, cara mengatasi kelangkaan sumber daya alam, faktor penyebab kelangkaan sumber daya alam, faktor faktor yang menyebabkan kelangkaan, faktor faktor penyebab kelangkaan, cara mengatasi kelangkaan dalam memenuhi kebutuhan manusia, faktor penyebab terjadinya kelangkaan, contoh kelangkaan sumber daya alam, penyebab kelangkaan sumber daya alam, cara mengatasi kelangkaan sumber daya.

Pengertian Kelangkaan Sumber Daya

Ketidakseimbangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan menimbulkan kelangkaan pada sumber daya yang menjadi alat pemuas kebutuhan.
Kelangkaan Sumber Daya adalah suatu bentuk ketidakseimbangan antara kebutuhan dengan alat pemenuhan kebutuhan.
Ketika masyarakat memerlukan minyak tanah, sedangkan minyak tanah tidak ada di pasaran, maka dikatakan minyak tanah mengalami kelangkaan.
Contoh Kelangkaan Sumber Daya
Gambar: Contoh Kelangkaan Sumber Daya

Demikian halnya pada musim kemarau banyak masyarakat memerlukan air, tetapi air sulit atau tidak dapat dijumpai. Jika ada bahkan itu pun tidak mencukupi kebutuhan. Hal ini juga disebut sebagai bentuk kelangkaan.

Adapun sumber daya yang sulit didapat sebagai alat pemenuhan kebutuhan manusia disebut sebagai sumber daya langka, di mana menunjukkan keterbatasan sumber daya tersebut, sehingga tidak memenuhi kebutuhan masyarakat.

Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya

Sumber daya langka atau terbatas dapat dikelompokkan menjadi tiga:
  1. Sumber daya alam, misalnya bahan bakar, air, udara, dan bahan tambang lain.
  2. Sumber daya manusia atau tenaga kerja, di mana makin sedikit gaji yang tersedia, maka makin terbataslah sumber daya manusia yang dipekerjakan.
  3. Modal, dapat berupa uang atau barang. Modal dikatakan terbatas karena untuk memperolehnya diperlukan pengorbanan dalam bentuk biaya.

Apabila sumber daya terbatas, sedangkan kebutuhan banyak, maka harus ada yang dikorbankan untuk pemakaian yang lebih penting.

3 Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya

Usaha manusia untuk mengatasi kelangkaan sumber daya adalah sebagai berikut.
  1. Menyusun skala prioritas, yakni membuat daftar kebutuhan mana yang perlu didahulukan pengadaannya karena dirasa lebih mendesak.
  2. Menggunakan alat pengganti pemenuhan kebutuhan, misalnya kelangkaan minyak tanah diganti dengan arang, kayu bakar, atau gas.
  3. Melakukan penghematan dalam menggunakan sumber daya yang termasuk langka/terbatas.

Demikian Pengertian dan Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya serta Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Kelangkaan Sumber Daya serta Cara Mengatasi Kelangkaan Sumber Daya Alam"

Posting Komentar