Pengertian dan Macam-macam Komoditas Ekspor Impor Indonesia

Indonesia adalah Negara yang dikaruniai dengan hasil kekayaan alam dan sumber daya alam yang melimpah yang terkandung di dalamnya, Dan juga berperan penting dalam perdagangan internasional dengan menjadi salah satu Negara pengekspor beberapa komoditas penting. Dari tahun ke tahun nilai ekspor Indonesia semakin meningkat.

Bukan hanya mengekspor saja komoditas yang dimilikinya, namun tidak bisa dipungkiri bahwa Indonesia sekarang juga masih sangat bergantung pada kebutuhan Impor. Terdapat beberapa komoditi yang sebenarnya bisa dihasilkan sendiri di dalam negeri.

Namun dikarenakan Sumber daya manusia-nya yang masih kurang, akhirnya Indonesia harus meng-impor barang padahal sebenarnya inddonesia sebenarnya mampu untuk memproduksi sendiri.Pada pembahasan dalam artikel ini akan membahas seputar pengertian komoditas ekspor, komoditas ekspor indonesia, komoditas impor indonesia, ekspor impor indonesia, ekspor indonesia, pengertian export import, contoh barang ekspor dari indonesia.

Komoditas Ekspor dan Impor Indonesia

Komoditas Ekspor

Komoditas ekspor adalah barang-barang yang dijual ke luarnegeri. Orang yang melakukan kegiatan ekspor disebut eksportir.

Komoditas ekspor merupakan Barang barang dari indonesia yang dijual ke luar negri, Contoh dari ekspor yang dilakukan oleh negara indonesia meliputi :

  • Hasil Pertanian dan hasil laut : getah karet, teh, lada hitam, lada putih, kopi, rotan, udang , ikan tuna, dan lainya.
  • Hasil Industri : Kayu lapis pakaian jadi, timah, alumunium, minyak kelapa sawit.
  • Hasil tambang diluar migas : Biji tembaga, biji nikel, bauksit, batubara.
  • Hasil hutan : kayu, rotan, kemenyan, dammar, barang anyaman, mebel, dan lainya.

Berikut ini beberapa barang-barang yang diekspor oleh Indonesia.
Komoditas Ekspor Indonesia


Komoditas Impor

Komoditas impor adalah barang-barang yang dibeli dari luar negeri. Barang-barang yang diimpor terdiri atas kelompok barang konsumsi, bahan baku, dan barang modal. Jenis barang-barang yang diimpor dapat kalian lihat pada tabel berikut ini.

Komoditas Impor Indonesia
Komoditas Impor merupakan barang barang yang dibeli  dari luar negri, yang meliputi :
  • Barang Konsumsi, terdiri atas makanan dan minuman untuk rumah tangga, bahan bakarm alat angkutan, dan lain lain
  • Barang baku dan penolong, meiputi makanan dan minuman untuk industri, bahan baku industri, bahan bakar dan pelumas, suku cadang dan lain lain
  • Barang modal, meliputi mesin mesin pabrik, traktor, dan kendaraan bermotor.
Selain itu tentu masih banyak barang barang yang Di ekspor keluar dan barang yang impor masuk ke indonesia, sekian artikel dari kami dengan judul Komoditas Ekspor dan Impor di indonesia, semoga artikel yang kami berikan bermanfaat bagi anda dan semuanya. Mohon maaf bila ada kesalahan kata, artikel ini bersumber dari buku Lks ips kelas 9 dengan bab Perdagangan internasional.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Macam-macam Komoditas Ekspor Impor Indonesia"

Posting Komentar