Pengertian dan Urutan Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup

Pengertian dan Urutan Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup. Organisai kehidupan memberikan pemahaman kepada kita bahwa pada hakikatnya dalam suatu kehidupan terdapat keteraturan (dan keteraturan ini adalah disengaja/ diciptakan oleh sang pencipta) keteraturan tersebut tidah hanya pada individu saja tetapi pada semua tingkatan termasuk keberadaan hirarki kehidupan merupakan suatu keteratusaan. Oleh karena dunia kehidupan merupaan suatu hirarki yang niscaya mulai dari biosfer sampai ke molekul.

Tiap- tiap tingkatan hirarki dalam kerangka struktur biologisanya memiliki sifat- sifat baru yang berbeda dari struktur biologis penyusunnya. Organ memiliki karakteristik yang berbeda dengan jaringan yang menyusunyya, demikian juga sel yangmenyusun suatu jaringan tidak sama karaternya dengan jaringan yang disusunnya tersebut, tetapi semua struktru dan fungsi tersebut saling terakait dan tergantun, untuk membentuk suatu struktur yang lebih tinggi lagi.

Urutan tingkatan organisasi kehidupan disebut hirarki kehidupan. tingkatan organisasi kehidupan dari yang terndeha sampai yang tertinggi

Berikut ini adalah pembahasan tentang organisasi kehidupan yang meliputi pengertian organisasi kehidupan, macam macam organisasi kehidupan, susunan organisasi kehidupan, tingkat organisasi kehidupan, tingkatan organisasi kehidupan, sistem organisasi kehidupan, urutan organisasi kehidupan, tingkat organisasi kehidupan dalam ekosistem, organisasi kehidupan makhluk hidup, tingkat organisasi kehidupan biologi, tingkatan organisasi makhluk hidup.

Pengertian Organsisai Kehidupan

Makhluk hidup di dunia ini sangat beraneka ragam. Keanekaragaman ini meliputi berbagai bentuk dan variasi tingkat kehidupan, mulai dari sel sampai organisme.
Organisasi kehidupan adalah tata urutan atau susunan organisme kehidupan yang dimulai dari atom, molekul, organel sel, sel, jaringan, organ, sistem organ, organisme, populasi, komunitas, ekosistem, biosfer atau urutan yang lebih sederhananya adalah dimulai dari sel, jaringan, organ, sistem organ dan individu.

Urutan atau Tingkatan Organisasi Kehidupan

Urutan atau tingkatan dari organisasi kehidupan adalah sebagaimana disebutkan dalam definisi di atas. Berikut ini adalah penjelasan beberapa dari susunan tersebut, yaitu;
Urutan atau Tingkatan Organisasi Kehidupan
Gambar: Urutan atau Tingkatan Organisasi Kehidupan

1. Sel

Sel adalah satuan terkecil makhluk hidup yang menyusun tubuh makhluk hidup, bentuk dan ukurannya bermacam-macam. 
Sel juga merupakan satuan fungsi kehidupan karena dalam sel terjadi fungsifungsi atau kegiatan hidup.

2. Jaringan

Jaringan adalah kumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama. Jaringan pada tumbuhan dan hewan berbeda.

3. Organ

Jaringan yang memiliki bentuk dan fungsi yang sama akan membentuk organ. Organ pada tumbuhan adalah akar, batang, daun, bunga, biji dan buah. Organ-organ ini memiliki fungsi yang berbedabeda. Organ pada manusia dan hewan adalah mata, hidung, telinga, usus, dan lain lain.

4. Sistem Organ

Sistem organ adalah kumpulan dari organ-organ yang saling bekerja sama membentuk suatu sistem. 
Contoh sistem organ adalah sistem pernapasan yang terbentuk dari organ hidung, paru-paru, bronkus, dan tenggorokan.

5. Individu

Semua sistem organ akan bekerja sama untuk melakukan fungsi hidup atau proses kehidupan dan membentuk organisme. Sistem organ ini saling mempengaruhi sistem organ yang lain. Jika satu sistem organ rusak akan mengganggu sistem organ yang lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian dan Urutan Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk Hidup"

Posting Komentar