Rabu, 19 April 2017

Pengertian Fungi, Macam-macam Jenis Fungi dan Ciri-ciri Fungi beserta Contohnya Lengkap

Pengertian Fungi, Ciri-ciri Fungi dan Macam-macam Jenis Fungi beserta Contohnya Lengkap Umumnya bersel banyak (multiseluler), bersifat eukariotik (memiliki membran inti sel), tidak memiliki klorofil, sehingga bersifat heterotrof ( tidak mampu membuat makanan sendiri), ada yang bersifat parasit, ada yang bersifat saprofit, dan ada yang bersimbiosis (mutualisme) membentuk lichenes.Dinding sel dari bahan selulose dan ada yang dari bahan kitin. Tubuh terdiri dari benang – benang halus yang disebut Hifa. Struktur hifa yang bercabang membentuk suatu anyaman di sebut dengan Miselium, yang berfungsi menyerap zat – zat organik pada subtrat / medium. Bagian yang terletak antara kumpulan hifa dinamakan stolon. Jamur yang bersifat parasit memiliki houstorium, yaitu hifa khusus yang langsung menyerap makanan pada sel inangnya.

Reproduksi ada yang secara vegetatif / aseksual dan ada yang secara generatif / seksual. Secara vegetatif dengan spora, tunas, konidia, maupun fragmentasi. Secara generatif dengan konjugasi membentuk zygospora, askospora, dan basidiospora. Memiliki keturunan diploid yang singkat (berumur pendek).  Habitat di tempat lembab, mengandung zat organik, sedikit asam, dan kurang cahaya  matahari.

Berikut ini adalah pembahasan tentang fungi yang meliputi pengertian fungi, macam macam fungi, jenis jenis fungi, contoh fungi, contoh kingdom fungi, ciri ciri fungi, pengertian kingdom fungi, klasifikasi kingdom fungi.

Pengertian Kingdom Fungi

Fungi adalah nama regnum dari sekelompok besar makhluk hidup eukariotik heterotrof yang mencerna makanannya di luar tubuh lalu menyerap molekul nutrisi ke dalam sel-selnya. Kalangan ilmuwan kerap menggunakan istilah cendawan sebagai sinonim bagi Fungi.

Ciri-ciri Fungi

Ciri-cirinya adalah eukariot, memiliki dinding sel, tidak memiliki klorofil, uniseluler atau multiseluler, hidup heterotrof (saprofit, parasit, dan mutual).
Fungi hidup di tempat-tempat lembap, air laut, air tawar, di tempat yang asam dan bersimbiosis dengan ganggang membentuk lumut kerak (lichenes).

Reproduksi secara aseksual menghasilkan spora, kuncup, dan fragmentasi. Sedangkan, secara seksual dengan zigospora, askospora, dan basidiospora.

Macam-macam Jenis Fungi beserta Contohnya

Berikut ini yang termasuk ke dalam fungi.

1) Zigomycota

Ciri-cirinya adalah:
  1. Mempunyai hifa yang tidak bersekat.
  2. Reproduksi secara seksual dengan zigosporangium dan secara aseksual dengan spora.
  3. Hidup sebagai saprofit pada makanan, tanah, sisa-sisa tumbuhan atau hewan, ada juga yang hidup sebagai parasit. Contohnya, Rhizopus oryzae (untuk pembuatan tempe).
Rhizopus oryzae
Gambar: Rhizopus oryzae

2) Ascomycota

Ciri-cirinya adalah:
  1. Uniseluler atau multiseluler (sebagian besar).
  2. Mempunyai hifa yang bersekat-sekat.
  3. Ada yang membentuk tubuh buah dan ada yang tidak.
  4. Reproduksi aseksual dengan konidia dan tunas. Sedangkan, secara seksual dengan konidiospora.
  5. Hidup sebagai saprofit pada tanah, sisa-sisa organisme, ada yang sebagai parasit pada hewan atau manusia. Contoh: Saccharomyces cereviceae (bahan pembuat minuman beralkohol).
Saccharomyces cereviceae
Gambar: Saccharomyces cereviceae

3) Basidiomycota

Ciri-cirinya adalah:
  1. Multiseluler.
  2. Hifa bersekat.
  3. Ada yang membentuk tubuh buah dan ada yang tidak.
  4. Umumnya hidup saprofit pada sisa-sisa organisme, ada yang parasit pada tumbuhan atau manusia.
  5. Reproduksi aseksual dengan membentuk konidiospora, secara seksual dengan menghasilkan basidiospora. Contohnya, Volvarella volvacea (jamur merang).

4) Deuteromycota

Disebut juga jamur tak sempurna karena reproduksi seksualnya belum diketahui. Contoh: Aspergillus wentii (pembuatan kecap, tauco).

Demikian Pengertian Fungi, Ciri-ciri Fungi dan Macam-macam Jenis Fungi beserta Contohnya Lengkap semoga bermanfaat.

Advertiser


EmoticonEmoticon