Rabu, 19 April 2017

Pengertian Gerak, Macam-macam Gerak dan Contoh Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari

Gerak adalah perubahan posisi suatu benda terhadap titik acuan. Titik acuan sendiri didefinisikan sebagai titik awal atau titik tempat pengamat. Gerak bersifat relatif artinya gerak suatu benda sangat bergantung pada titik acuannya. Benda yang bergerak dapat dikatakan tidak bergerak, sebgai contoh meja yang ada dibumi pasti dikatakan tidak bergerak oleh manusia yang ada dibumi. Tetapi bila matahari yang melihat maka meja tersebut bergerak bersama bumi mengelilingi matahari.

Contoh lain gerak relatif adalah B menggedong A dan C diam melihat B berjalan menjauhi C. Menurut C maka A dan B bergerak karena ada perubahan posisi keduanya terhadap C. Sedangkan menurut B adalah A tidak bergerak karena tidak ada perubahan posisi A terhadap B. Disinilah letak kerelatifan gerak. Benda A yang dikatakan bergerak oleh C ternyata dikatakan tidak bergerak oleh B. Lain lagi menurut A dan B maka C telah melakukan gerak semu.

Gerak semu adalah benda yang diam tetapi seolah-olah bergerak karena gerakan pengamat. Contoh yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari adalah ketika kita naik mobil yang berjalan maka pohon yang ada dipinggir jalan kelihatan bergerak. Ini berarti pohon telah melakukan gerak semu. Gerakan semu pohon ini disebabkan karena kita yang melihat sambil bergerak.

Berikut ini adalah pembahasan tentang gerak yang meliputi pengertian gerak, macam macam gerak, contoh gerak, pengertian gerak semu, pengertian gerak bersifat relatig, contoh gerak semu dan contoh gerak relatif.

Perhatikanlah seseorang yang sedang menaikki sebuah sepeda! Mula-mula sepeda tersebut diam pada tempat tertentu karena pengendara sepeda tersebut tidak mengayuh. Jika sepeda tersebut dikayuh oleh pengendaranya, apa yang terjadi? Tentunya sepeda akan bergeser dari tempat semula, bukan? Itulah yang dinamakan dengan gerak.
Contoh Gerak
Gambar: Contoh Gerak

Pengertian Gerak

Apakah yang dimaksud dengan gerak?
Gerak adalah perubahan kedudukan atau posisi suatu benda. Ketika terjadi perubahan posisi, berarti terdapat suatu posisi awal dan posisi akhir. Posisi awal dalam gerak diistilahkan sebagai titik acuan.
Contoh lain, yaitu pada saat kita mengedipkan mata, berarti kita telah menggerakkan kelopak mata dengan titik acuan kelopak terbuka.

Macam-macam Gerak

Telah dijelaskan bahwa ketika sesuatu bergerak maka terjadi perubahan posisi dari titik acuan. Sekarang, coba kamu cermati kedudukan seorang anak yang duduk dan tertidur dalam kereta yang mulai melaju dari terminal.

Anak tersebut dikatakan bergerak bersamaan dengan gerak kereta jika titik acuannya adalah terminal atau sepanjang jalan yang dilaluinya. Namun, anak tersebut hanya diam jika titik acuannya adalah kereta yang ia tumpangi.

1. Gerak Relatif

Dari kejadian tersebut dapat kita nyatakan bahwa anak itu bergerak atau anak itu diam. Kasus demikian merupakan contoh bahwa gerak bersifat relatif, yaitu bergantung pada sudut pandang orang yang melihat gerak tersebut terhadap titik acuan yang digunakan.

2. Gerak Semu

Ketika kita berada di dalam suatu benda yang bergerak, saat melihat keluar, kita akan merasakan semua benda di luar seakan-akan bergerak berlawanan arah dengan kita.

Padahal, yang yang bergerak itu adalah benda yang kita tumpangi. Gerak pada kasus ini disebut gerak semu, yaitu gerak benda yang dilihat dan dirasakan seseorang karena orang tersebut berada pada tempat yang bergerak dengan kecepatan tinggi.

Demikian Pengertian Gerak, Macam-macam Gerak dan Contoh Gerak dalam Kehidupan Sehari-hari semoga bermanfaat.

Advertiser


EmoticonEmoticon