Pengertian Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter beserta Macam-macam Jenis Contohnya

Selasa, 18 April 2017

Pengertian Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter beserta Macam-macam Jenis Contohnya

Pengertian Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter beserta Macam-macam Jenis Contohnya. Sebagai pengendali perekonomian nasional, pemerintah wajib dan harus mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang pro-rakyat untuk tercapainya tujuan pembangunan nasional.Dalam rangka memajukan dan mengatur perekonomian nasional, pemerintah menggunakan berbagai kebijakan. Diantaranya kebijakan yang pemerintah keluarkan adalah kebijakan moneter yang telah bahas lebih dulu dan kebijakan fiskal yang akan kita bahas pada kesempatan ini, mudah-mudahan tuntas. Kebijakan fiskal, disebut juga sebagai kebijakan anggaran karena kebijakan ini berkaitan dengan pengaturan anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Berikut ini adalah pembahasan tentang kebijakan fiskal dan kebijakan moneter yang meliputi pengertian kebijakan fiskal, pengertian kebijakan moneter, contoh kebijakan fiskal, contoh kebijakan moneter, macam macam kebijakan fiskal, macam macam kebijakan moneter, tujuan kebijakan fiskal, tujuan kebijakan moneter, jenis jenis kebijakan moneter, jenis jenis kebijakan fiskal, definisi kebijakan fiskal, definisi kebijakan moneter.

Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi antara lain adalah kebijakan fiskal dan kebijakan moneter.

Pengertian Kebijakan Fiskal

Apakah yang dimaksud dengan kebijakan fiskal?
Kebijakan fiskal adalah kebijakan pemerintah dalam bidang anggaran negara dengan tujuan untuk mempertahankan kestabilan proses pertumbuhan dan pembangunan ekonomi

Macam-macam Jenis Kebijakan Fiskal

Kebijakan fiskal menyangkut aspek kuantitatif dan kualitatif:
  1. Aspek kualitatif, yaitu menyangkut jenis-jenis pajak, pembayaran dan subsidi.
  2. Aspek kuantitatif, yaitu menyangkut dana yang harus dikumpulkan/ditarik dan dana yang harus dibelanjakan.

Pengertian Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter adalah segala kebijakan pemerintah di bidang keuangan yang bertujuan menjaga kestabilan harga dan nilai mata uang. Hal ini bertujuan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

Macam-macam Jenis Kebijakan Moneter

Kebijakan moneter mencakup:
  1. Kebijakan cadangan kas (cash ratio), yakni kebijakan pemerintah untuk mengatur jumlah uang yang beredar dengan cara mengubah cadangan minimum Bank Indonesia.
  2. Kebijakan kredit, yaitu kebijakan pemerintah untuk mengatur jumlah uang yang beredar dengan cara memberikan kredit secara selektif. Hal ini dilakukan pada saat ekonomi sedang mengalami inflasi.
  3. Kebijakan diskonto, yakni kebijakan pemerintah dalam menjaga kestabilan jumlah uang yang beredar dengan cara menaikkan/menurunkan suku bunga Bank Indonesia.
  4. Kebijakan politik pasar terbuka (open market operation), yaitu kebijakan pemerintah dalam mengendalikan jumlah uang yang beredar dengan cara menjual atau membeli surat-surat berharga kepada masyarakat. Untuk menurunkan jumlah uang yang beredar, pemerintah akan menjual surat berharga, dan sebaliknya.
Demikian Pengertian Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter beserta Macam-macam Jenis Contohnya semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar