Pengertian Kerjasama dan Macam-macam Bentuk Kerjasama

Mendengar istilah kerja sama, mungkin kita semua telah sering mendengar kata ini yang sudah tidak asing di telinga kita semua. Hal ini bisa kita lihat banyak sekali berbagai jenis kerja sama khususnya di dunia kerja seperti halnya kerja sama ekonomi sampai kerja sama internasional. Kerja sama merupakan sebuah bentuk dari interaksi social yang bersifat asosiatif yaitu hal ini di lakukan oleh dua orang atau lebih dimana mereka memiliki pandangan yang sama untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi bisa di katakan jika kerja sama di lakukan oleh kelompok atau perorangan untuk mencapai satu tujuan bersama. Kerja sama ini terjadi antara orientasi antar kelompok maupun grup.

Berikut ini adalah pembahasan tentang salah satu bentuk interaksi sosial asosiatif yaitu kerjasama yang meliputi pengertian kerjasama, faktor faktor yang menimbulkan kerja sama, macam macam kerjasama, bentuk bentuk kerjasama.

Pengertian Kerjasama

Apakah yang dimaksud dengan kerjasama?
Kerja sama merupakan proses sosial yang paling utama. Kerja sama adalah suatu usaha bersama antarpribadi atau antarkelompok manusia untuk mencapai suatu tujuan secara bersama-sama.
Menurut Charles H. Cooley, kerja sama timbul apabila orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan-kepentingan yang sama dan pada saat yang bersamaan mempunyai cukup pengetahuan dan pengendalian diri terhadap diri sendiri untuk memenuhi kepentingan-kepentingan tersebut melalui kerja sama.

Dengan demikian, dalam kerja sama terdapat faktor penting yakni adanya kesadaran terhadap kepentingan-kepentingan dan adanya organisasi untuk mencapai kepentingan tersebut.

Faktor-faktor yang Bisa Menimbulkan Kerjasama

Secara ringkas faktor-faktor yang menimbulkan kerja sama antara lain:
  1. Adanya ancaman/rintangan dari luar.
  2. Untuk mencari keuntungan pribadi.
  3. Untuk menolong orang lain.
  4. Adanya orientasi perseorangan.

Macam-macam Bentuk Kerjasama

Bentuk-bentuk kerja sama meliputi:
  1. Join Venture
  2. Kerukunan (gotong royong)
  3. Bargaining
  4. Cooperation
  5. Koalisi (Coalition)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Kerjasama dan Macam-macam Bentuk Kerjasama"

Posting Komentar