Pengertian Dan Macam-macam Samudra / Laut di Permukaan Bumi

A. Pengertian Samudra.Samudra adalah laut yang luas dan merupakan massa air asin yang sambung-menyambung meliputi permukaan bumi dan dibatasi oleh benua atau pun kepulauan yang besar. Ada empat samudra di bumi, yaitu: Samudra Pasifik, Samudra Atlantik, Samudra Hindia, dan Samudra Arktik.

B. Macam-macam Samudra
1. Samudra Pasifik
Samudra Pasifik, merupakan samudra terluas, mencakup hampir setengah wilayah perairan di muka bumi. Luasnya mencapai ± 179.700.000 km2. Samudra Pasifik sebelah timur berbatasan dengan Benua Amerika, mencakup kawasan Amerika Utara dan Selatan.Di sebelah baratnya terbentang Benua Asia dengan beberapa kepulauan (Jepang, Filipina, dan Indonesia, dan lain-lain) serta Benua Australia. Di sebelahutaranya adalah Samudra Arktik dan di selatan adalah Antartika.

Rata-rata kedalaman lautan di Samudra Pasifik mencapai ± 4.270 meter. Lautan yang masuk dalam wilayah samudra ini, antara lain Laut Sulawesi, Laut Jepang, Laut China Selatan, Laut Sulu, Laut Tasman, dan Selat Malaka. Bagian lautan terdalam di Samudra Pasifik adalah Palung Mariana (± 11.022 m) di sebelah timur Filipina. Selain itu masih ada palung lagi diantaranya Palung Tonga (± 10.882 m), Palung Kuril (± 10.542 m), Palung Filipina (±10.497m), Palung Kermatec (±10.047 m), Palung Tzu Bonin (±9.810 m), Palung New Hebrides (±9.165 m), Palung South Solomon (±9.140 m), Palung Jepang (±8.412 m), Palung Peru-Cile (±8.066 m), Palung Akution (±7.822 m), dan Palung Amerika Tengah (±6.662 m).

Samudra Pasifik dilalui jalur pegununganmuda Sirkum Pasifik. Jalur tersebut dimulai dari Benua Amerika, di Samudra Pasifik melalui Kepulauan Aleutan, Kuril, Jepang, Filipina, sebelah utara Kalimantan, Sulawesi, hingga berakhir di Selandia Baru. Pegunungan muda adalah sistem pegunungan yang bersifat vulkanik. Akibatnya di kawasan Samudra Pasifik terdapat ribuan gunung api aktif, baik di dasar laut maupun di pulau-pulaunya. Jadi kawasan Samudra Pasifik termasuk pusat gempa vulkanik.

2. Samudra Atlantik
Luas dari Samudra Atlantik mencapai ± 106.450.000 km2, berada di belahan utara hingga selatan. Samudra ini menghubungkan Kutub Utara dan Kutub Selatan, dan jika diamati seperti membentuk huruf S. Di sebelah timur Samudra Atlantik membentang kawasan Benua Eropa dan Afrika, sedangkan di sebelah baratnya membentang kawasan Amerika Utara dan Selatan.

Samudra Atlantik terdapat kawasan yang diyakini sebagai pusat medan magnet bumi, yaitu di kawasan Segitiga Bermuda di Perairan Karibia (Amerika Tengah). Terdapat deretan punggung laut terpanjang di dunia, memanjang dari Utara (Samudra Arktik) ke Selatan sepanjang Samudra Atlantik dan ke Timur menuju Samudra Hindia. Selain itu pertemuan arus dingin dari Perairan Greenland dan arus panas dari Teluk Meksiko di Perairan Labrador.

Rata-rata kedalaman lautan di samudra ini adalah ± 3.332 m. Lautan yang masuk dalam wilayah samudra ini, antara lain Laut Karibia, TelukMeksiko, Laut Mediterania, Laut Utara, dan Laut Baltik. Titik terdalamnya dapat dijumpai di Palung Puerto Rico (± 8.648 m), palung di timur Kepulauan Sandwich Selatan (± 8.264 m), Palung Romance (±7.856 m), dan Palung Caynon (±7.500 m). Di samudra ini juga dijumpai beberapa lubuk laut/cekungan, seperti Cekungan Argentina, Brasil, danGuiana.

3. Samudra Hindia
Samudra Hindia terletak di antara BenuaAfrika, Benua Asia, Kepulauan Indonesia, dan Benua Australia. Luas samudra ini mencapai ± 68.526.000 km2.Kedalamanan lautan di Samudra Hindia rata-rata mencapai ± 3.960 m. Wilayah laut terdalamadalah Palung Jawa (± 7.725 m) di sebelah selatan Pulau Jawa, Palung Weber (±7.440 m), dan Palung Diamantina (±7.102 m). Di samudra ini juga banyak dijumpai lubuk laut/cekungan. Misalnya Cekungan Madagaskar, Cekungan Mascarena, dan Cekung Croze.

Di bagian barat Samudra Hindia terdapatPulau Madagaskar. Di sebelah timurnya terhampar Pulau Sumatera, Jawa, dan Nusa Tenggara. Di utara dapat dijumpai Pulau Ceylon (Srilanka) dan Maladewa. Gelombang besar di Samudra Hindia sering menimbulkan pengaruh banjir di Sri Lanka dan Maladewa.

4. Samudra Arktik
Samudra Arktik mempunyai luas ± 14.056.000 km2, yang membentang di wilayah kutub utara. Samudra ini hampir sepenuhnya dikelilingi oleh daratan, yaitu wilayah Benua Asia dan Eropa, Pulau Greendland dan Benua Amerika.

       Samudra ini merupakan samudra terkecil dan terdangkal di antara samudra yang ada di dunia. Seluruh wilayah Samudra Arktik berada di wilayah kutub utara atau garis lintang paling utara (66,5°LU - 90°LU). Sehingga bagian dari samudra Arktik yang tertutup oleh es, baik pada musim dingin atau sepanjang tahun. Suhu dan kadar garam di Samudra Arktik bervariasi tergantung pada musim dan banyaknya es yang menutupinya, sedang mencair atau meleleh. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Dan Macam-macam Samudra / Laut di Permukaan Bumi"

Posting Komentar