Pengertian Nilai Uang dan Macam-macam Nilai Uang (Nilai Nominal, Nilai Intrinsik, Nilai Riil dan Nilai Eksternal)

Uang merupakan salah satu benda ekonomi. Setiap benda ekonomi mempunyai nilai. Masyarakat memberikan nilai kepada suatu benda, karena benda tersebut memberikan manfaat. Saat memegang uang kertas ataupun koin, selain nilai nominal yang tertulis bisa dilihat, pernahkah Anda memikirkan nilai atau harga yang lain? Seperti harga bahan dan ongkos cetak, serta daya beli dari uang itu sendiri? Untuk orang awam seperti saya, nilai atau harga-harga di atas tidak begitu diperhatikan. Selama ini yang saya tau juga cuma satu, nilai nominal atau angka yang tertera saja. Semakin besar angkanya, semakin suka.

Tapi ternyata, dibalik selembar atau sekeping uang setidaknya memiliki 3 nilai. Ketiganya adalah nilai nominal, nilai intrinsik, dan nilai riil. Maksud, pengertian, penjelasan, dan contohnya

Berikut adalah pembahasan tentang nilai uang sebagai pelengkap dari pembahasan-pembahasan sebelumnya tentang sejarah perkembangan uang, pengertian uang menurut para ahli dan macam-macam fungsi uang.

Pengertian Nilai Uang

Apakah yang dimaksud dengan nilai uang? Secara umum nilai uang dapat diartikan sebagai kemampuan dari uang untuk ditukarkan dengan sejumlah barang atau jasa.

Macam-macam Nilai Uang

Nilai uang dapat dibedakan menjadi nilai nominal, nilai intrinsik, nilai internal (nilai riil), dan nilai eksternal.
  1. Nilai nominal adalah nilai yang tercantum pada mata uang atau cap harga yang tertera pada mata uang. Misalnya, seribu rupiah (Rp1.000,00), atau lima ratus rupiah (Rp500,00).
  2. Nilai intrinsik yaitu nilai bahan untuk membuat mata uang, misalnya berapa nilai emas dan perak yang digunakan untuk mata uang.
  3. Nilai internal (nilai riil) yaitu nilai uang untuk dapat ditukar dengan suatu barang. Misalnya uang Rp500,00 hanya dapat ditukarkan dengan sebuah permen, sedangkan uang Rp10.000,00 dapat ditukarkan dengan semangkuk bakso.
  4. Nilai eksternal disebut juga kurs mata uang yaitu nilai tukar mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain. Contohnya, kurs mata uang dolar Amerika Serikat terhadap rupiah adalah US 1 = Rp13.205,00.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Nilai Uang dan Macam-macam Nilai Uang (Nilai Nominal, Nilai Intrinsik, Nilai Riil dan Nilai Eksternal)"

Posting Komentar