Pengertian Protista, Macam-macam Jenis Protista dan Ciri-ciri Protista beserta Contohnya Lengkap

Protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka pernah dikelompokkan ke dalam satu kerajaan bernama Protista, namun sekarang tidak dipertahankan lagi.Penggunaannya masih digunakan untuk kepentingan kajian ekologi dan morfologi bagi semua organisme eukariotik bersel tunggal yang hidup secara mandiri atau, jika membentuk koloni, bersama-sama namun tidak menunjukkan diferensiasi menjadi jaringan yang berbeda-beda. Dari sudut pandang taksonomi, pengelompokan ini ditinggalkan karena bersifat parafiletik. Organisme dalam Protista tidak memiliki kesamaan, kecuali pengelompokan yang mudah baik yang bersel satu atau bersel banyak tanpa memiliki jaringan. Protista hidup di hampir semua lingkungan yang mengandung air. Banyak protista, seperti algae, adalah fotosintetik dan produsen primer vital dalam ekosistem, khususnya di laut sebagai bagian dari plankton. Protista lain, seperti Kinetoplastid dan Apicomplexa, adalah penyakit berbahaya bagi manusia, seperti malaria dan tripanosomiasis.

Protista merupakan organisme eukariotik uniseluler yang hidup soliter atau berkoloni. Protista dapat digolongkan menjadi protista mirip hewan (protozoa), protista mirip tumbuhan (alga) dan protista mirip jamur (jamur lendir/slame mold). Bentuk tubuh organisme golongan protista amatlah beragam.

Berikut ini adalah pembahasan tentang protista yang meliputi Pengertian protista, ciri ciri protista, macam macam protista, jenis jenis protista, contoh protista, ciri ciri protista mirip jamur, ciri ciri protista mirip hewan, ciri ciri protista mirip tumbuhan, ciri ciri umum protista.

Pengertian Protista

Sebelum lebih jauh membahasn tentang seluk beluk protista, sebaiknya kita mengetahui pengertian dari protista.

Apakah yang dimaksud dengan protista?
Protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka pernah dikelompokkan ke dalam satu kerajaan bernama Protista, namun sekarang tidak dipertahankan lagi.

Ciri-ciri Umum Kingdom Protista

Ciri-ciri protista adalah eukariotik (mempunyai membran inti), uniseluler atau multiseluler (bersel banyak), dan autotrof atau heterotrof.

Macam-macam jenis Protista

Berikut ini adalah beberapa jenis protista, diantaranya;

1) Protista yang memliki ciri-ciri seperti hewan (Protozoa)

Berikut ini yang termasuk protista yang memiliki ciri seperti hewan (protozoa). Cermatilah.

a) Rhizopoda
Rhizopoda bergerak dan menangkapi makanan menggunakan kaki semu atau pseupodia. Rhizopoda hidup di laut, air tawar, tubuh hewan, atau manusia. Contoh: Entamoeba histolityca (penyebab disentri).
b) Flagellata
Flagellata bergerak menggunakan flagel atau bulu cambuk, hidup di laut, air tawar, tubuh hewan, atau manusia. Contoh: Trypanosoma evansi (penyebab penyakit surra pada hewan ternak).
c) Cilliata
Cilliata hidup bebas di air tawar atau laut, bergerak menggunakan rambut getar silia. Contoh: Paramecium caudatum.
d) Sporozoa
Sporozoa tidak memiliki alat gerak, dan semua jenis sporozoa hidup sebagai parasit. Contoh: Plasmodium (penyebab malaria).
Contoh Protista yang memliki ciri-ciri seperti hewan (Protozoa)
Gambar: Contoh Protista yang memliki ciri-ciri seperti hewan (Protozoa)

2) Protista yang memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan (ganggang/algae)

Berikut ini adalah yang termasuk protista yang memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan (ganggang/algae).

a) Euglenophyta
Cirinya adalah uniseluler, tidak memiliki dinding sel, mempunyai klorofil sehingga mampu berfotosintesis, dan memiliki flagel. Contoh: Euglena.
b) Pyrophyta
Sebagian besar Pyrophyta adalah Dinoflagellata, hidup di air laut, tapi ada juga yang hidup di air tawar, uniseluler, memiliki dinding sel, dan mampu bergerak secara aktif. Contoh: Ceratium.
Contoh Protista yang memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan (ganggang/algae)
Gambar: Contoh Protista yang memiliki ciri-ciri seperti tumbuhan (ganggang/algae)

3) Protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi)

Berikut ini yang termasuk protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi).

a) Myxomycota (jamur lendir)
Dalam siklus hidupnya, Myxomycota menghasilkan sel-sel yang hidup bebas yang berbentuk seperti amoeboid. Bila kekurangan makanan, sel-sel bebas ini membentuk massa yang berlendir. Selain itu, dapat pula membentuk spora bila keadaan kering. Contoh: Physarium.
b) Oomycota (jamur air)
Oomycota hidup bebas, makanan diperolehnya dari sisa-sisa tumbuhan di danau atau kolam, dan reproduksi secara seksual dan aseksual. Secara seksual menghasilkan hifa. Sedangkan, secara aseksual menghasilkan zoospora, yaitu spora yang mempunyai dua flagel yang dapat tumbuh menjadi hifa baru. Contoh: Saprolegnia (menempel pada tubuh ikan sebagai parasit).
Contoh Protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi)
Gambar: Contoh Protista yang memiliki ciri-ciri seperti jamur (fungi)
Demikian Pengertian Protista, Ciri-ciri Protista dan Macam-macam Jenis Protista beserta Contohnya Lengkap semoga bermanfaat

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengertian Protista, Macam-macam Jenis Protista dan Ciri-ciri Protista beserta Contohnya Lengkap"

Posting Komentar