Pengertian Sel serta Bagian-bagian Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Pengertian Sel serta Bagian-bagian Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Sel mengandung inti, juga organel, kesemuanya dilingkupi oleh lapisan membran. Organel sel ini membawa fungsi spesifik yang penting bagi berjalannya fungsi normal sel. Sel tumbuhan memiliki dinding sel, plastida dan vakuolanya sangat besar. Vakuola menyebabkan sel mampu beradaptasi di lingkungan sangat kering ataupun sangat lembab. Ukuran sel juga tetap.

Berikut ini adalah pembahasan lengkap tentang sel yang meliputi pengertian sel, bagian bagian sel, susunan sel, struktur sel, organel sel, fungsi membran plasma, struktur membran sel, definisi sel, bagian bagian sel tumbuhan, struktur sel tumbuhan, organel sel hewan, struktur sel hewan, bagian bagian sel hewan.

Pengertian Sel

Sebelum melangkah lebih jauh tentang bagian-bagian struktur sel hewan dan tumbuhan serta seluk beluk sel lainnya, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang definisi sel. Apakah yang dimaksud dengan sel?
Sel adalah satuan terkecil makhluk hidup yang menyusun tubuh makhluk hidup, bentuk dan ukurannya bermacam-macam. Sel juga merupakan satuan fungsi kehidupan karena dalam sel terjadi fungsi-fungsi atau kegiatan hidup.
Ukuran sel sangat kecil sehingga bagian-bagian sel dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

Bagian-bagian Struktur Sel Hewan dan Tumbuhan

Bagian-bagian tersebut adalah sebagai berikut:

a. Membran Plasma

Membran plasma berfungsi sebagai pelindung sel dan mengatur keluar masuknya zat-zat dari dalam atau dari luar sel. 
Pada sel hewan terdapat dinding sel sehingga bentuknya kaku atau tetap. Sedangkan, pada sel tumbuhan tidak terdapat dinding sel sehingga membran sel menjadi lapisan sel terluar.

Membran sel tersusun atas senyawa lipida dan protein (lipoprotein) serta bersifat semipermeabel. Tidak semua zat bisa masuk ke sel karena diseleksi oleh membran sel.

b. Sitoplasma

Sitoplasma adalah larutan yang berada di antara membran sel dan inti sel. 
Sitoplasma mengandung 90% air dan bermacam-macam bahan biokimia untuk kehidupan, seperti ion-ion dan molekul-molekul garam, asam amino, gula, nukleotida, asam lemak, vitamin, dan gas-gas yang membentuk larutan.

Di dalam sitoplasma terdapat struktur halus yang disebut organel sel. Organel-organel ini adalah:
  1. Mitokondria berfungsi untuk respirasi atau pernapasan sel.
  2. Badan golgi berfungsi dalam proses ekskresi sel.
  3. Ribosom berfungsi sebagai tempat sintesis protein.
  4. Lisosom berfungsi menghasilkan enzim-enzim untuk mencerna makanan.
  5. Sentrosom berfungsi sebagai tempat menggantungnya kromosom saat pembelahan sel. Terdapat pada sel hewan dan manusia.
  6. Vakuola berfungsi sebagai tempat menyimpan makanan dan mengeluarkan sisa metabolisme. Biasanya terdapat pada sel tumbuhan.
  7. Plastida, hanya ditemukan pada tumbuhan. Ada yang mengandung zat warna dan ada yang tidak. Plastida yang mengandung zat hijau daun disebut kloroplas.
(a) Struktur sel hewan, (b) Struktur sel tumbuhan
Gambar: (a) Struktur sel hewan, (b) Struktur sel tumbuhan

c. Inti Sel

Inti sel disebut juga nukleus. Inti sel terdiri atas membran inti sebagai pembungkus inti, nukleus atau anak inti, dan plasma inti atau nukleoplasma.

Di dalam plasma inti terdapat benang-benang krosom yang berfungsi sebagai pembawa sifat keturunan. Inti sel berfungsi sebagai pengatur seluruh kegiatan sel.

Demikian pembahasan lengkap tentang sel, pengertian sel, serta bagian struktur sel hewan dan sel tumbuhan. Semoga Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar