Peran Perusahaan Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi

perusahaan adalah kesatuan teknis yang menghasilkan barang dan jasa. Perusahaan dapat berfungsi sebagai pihak yang meningkatkan nilai guna barang. Selain itu, perusahaan juga dapat berfungsi sebagai pihak yang mendekatkan atau menyampaikan barang dari produsen ke konsumen. Meskipun perusahaan menghasilkan barang dan jasa, bukan berarti perusahaan hanya melakukan kegiatan produksi. Untuk tetap berjalan, perusahaan juga melakukan kegiatan konsumsi dan distribusi. Seperti apa kegiatan perusahaan itu

Peran utama perusahaan tentu menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Dari setiap barang yang terjual atau jasa yang terpakai, perusahaan akan mendapat keuntungan yang digunakan untuk menggaji karyawan maupun untuk mengembangkan perusahaan lebih lanjut. Seiring perkembangan zaman, kegiatan produksi tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri tetapi juga untuk diekspor ke luar negeri. Keuntungan yang didapat pasti akan berlipat. Karena itulah perusahaan yang cukup besar biasanya melakukan kegiatan produksi secara massal.

Kita dapat mendefinisikan perusahan sebagai bentuk kesatuan teknik yang menghasilkan barang dan jasa. Sebagai pelaku ekonomi, perusahaan dapat berperan sebagai produsen, konsumen dan distributor.

Peran Perusahaan sebagai pelaku Ekonomi

Berikut beberapa peran perusahaan sebagai pelaku kegiatan ekonomi;

1. Perusahaan sebagai Produsen

Sesuai dengan fungsinya, perusahaan dalam aktivitasnya selalu menghasilkan suatu barang/jasa. Untuk dapat menjalankan fungsinya ini perusahaan sebelum menjalankan aktivitasnya terlebih dahulu melakukan beberapa hal, antara lain:
  1. Menentukan barang/jasa yang akan diproduksi.
  2. Mengelola bagaimana proses barang/jasa tersebut dapat diproduksi.
  3. Memastikan bahwa barang/jasa yang diproduksi dibutuhkan oleh masyarakat luas.

2. Perusahaan sebagai Konsumen

Meskipun perusahaan merupakan penghasil barang/jasa, namun perusahaan pun tetap melakukan kegiatan konsumsi. Kegiatan konsumsi yang dilakukan perusahaan berkaitan erat dengan proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan tersebut, antara lain dalam bentuk:
  1. Pengadaan bahan-bahan yang merupakan bahan pokok dari produksi perusahaan tersebut.
  2. Pengadaan alat/sarana yang dipergunakan untuk kelancaran proses produksi,seperti alat dan sarana transportasi, bahan bakar, listrik, dan sebagainya.
  3. Pembayaran upah karyawan.

3. Perusahaan sebagai Distributor

Kelancaran usaha yang berlangsung di suatu perusahaan sangat tergantung dari proses distribusi barang/jasa yang dihasilkan oleh perusahaan tersebut. Apalah artinya suatu hasil produksi jika hanya menumpuk di gudang perusahaan.

Sebagai distributor, perusahaan melakukan hal-hal berikut.
  1. Mengadakan kegiatan promosi melalui iklan, baik secara langsung maupun menggunakan jasa media massa.
  2. Mengadakan kegiatan perdagangan.
  3. Membuka agen atau cabang di beberapa tempat yang dianggap strategis.
  4. Memiliki armada angkutan yang menyalurkan hasil produksi.
Demikian Peran Perusahaan Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peran Perusahaan Sebagai Pelaku Kegiatan Ekonomi"

Posting Komentar