Peta dunia dengan keterangan negara maju dan berkembang Berwarna Ukuran Besar

Berikut ini adalah pembahasan tentang Mengidentifikasi Negara Berkembang dan Negara Maju, karakteristik negara berkembang, karakteristik negara maju dan berkembang, persebaran negara maju, persebaran negara berkembang, negara maju dan negara berkembang.

Mengidentifikasi Negara Maju dan Negara Berkembang

Berdasarkan ciri-ciri negara berkembang dan negara maju yang telah diuraikan sebelumnya, maka kalian dapat membedakan antara negara berkembang dan negara maju.

Hal yang harus kalian ingat adalah tidak semua negara yang memiliki pendapatan perkapita tinggi dapat digolongkan sebagai negara maju, namun harus diperhatikan pula aspek-aspek lain sebagai karakteristik atau ciri-ciri negara maju seperti yang telah diuraikan di depan.

Salah satu contohnya adalah Uni Emirat Arab. Negara tersebut memiliki pendapatan perkapita yang tinggi dan pemenuhan kebutuhan masyarakatnya sampai pada tingkat kebutuhan sekunder bahkan tersier. Akan tetapi, negara ini masih dikategorikan sebagai negara berkembang.

Hal ini dikarenakan masih adanya aspek-aspek lain yang menunjukkan ciri-ciri negara berkembang di Uni Emirat Arab, antara lain, masih banyaknya penduduk yang tinggal di daerah pedesaan, penyokong perekonomian masih didominasi barang mentah (minyak mentah) dan bukan barang produksi, belum mampu mengolah sumber daya yang ada secara maksimal menjadi barang hasil produksi, serta memiliki ketergantungan yang tinggi terhadap bangsa-bangsa Barat, khususnya Amerika Serikat dan Inggris dalam mengelola minyaknya.

Ketidakseimbangan antara jumlah faktor produksi dengan teknologi yang dikuasai inilah yang menyebabkan penggunaan modal dan tenaga kerja belum dapat digunakan secara maksimal.

Lain halnya dengan Singapura. Meskipun negara ini relatif kecil, namun memiliki tingkat pendapatan perkapita yang tinggi, lebih dari 80 penduduknya tinggal di daerah perkotaan, pertumbuhan ekonomi didukung oleh sektor perdagangan dan jasa, serta komoditas ekspor didominasi barang-barang hasil produksi. Hal-hal tersebut menjadikan Singapura tergolong sebagai negara maju.

Peta Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang

Berdasarkan ciri-ciri negara maju dan negara berkembang tersebut, Michael Todaro dalam bukunya yang berjudul Perkembangan Ekonomi Negara-Negara Berkembang membagi wilayah negara-negara di dunia ini menjadi dua kawasan, yaitu kawasan Utara untuk menyebut negara-negara maju dan kawasan Selatan untuk menyebut negara-negara berkembang.

Dalam perkembangannya, adanya tahapan perkembangan suatu negara telah menggeser pola tersebut. Pada kenyataannya, terdapat negara di kawasan Selatan yang dapat dikategorikan sebagai negara maju berdasarkan kondisi fisik, sosial budaya, ekonomi, dan penguasaan iptek yang dimilikinya.

Negara-negara di wilayah Selatan yang dapat dikategorikan negara maju, yaitu Australia dan Selandia Baru.
Peta Persebaran secara umum negara-negara maju dan berkembang.
Gambar: Peta Persebaran secara umum negara-negara maju dan berkembang.

Gambar di atas adalah Garis batas antara Negara-Negara maju dan Negara-Negara Berkembang. Bisa dikatakan hampir semua Negara yang berada di sebelah utara garis batas persebaran negara maju dan berkembang adalah Negara dalam kelompok Maju sedangkan Untuk bagian sebelah selatan adalah Negara berkembang Kecuali Negara Singapura. Singapura berada di  antara Negara-negara berkembang dan Luas negara singapura ini sangatlah kecil sehingga hampir tidak terlihat di peta dunia. Baiklah mari kita langsung saja melihat Peta Dunia Negara Maju dan berkembang di bawah ini.

Untuk peta di atas adalah peta Negara berkembang, Dapat kita lihat bahwa Negara yang di arsir dengan warna Kuning Merupakan Negara Negara Berkembang sedangkan yang berwarna putih adalah Negara Negara Maju. Mari Kita lihat Peta berikutnya.


Untuk Gambar peta di atas adalah Peta Negara Negara maju dan juga Negara Negara Berkembang dalam Bahasa Inggris, dimana negara yang diarsir warna kuning adalah Negara Maju (developed countries) sedangkan yang diarsir dengan warna oranye adalah negara berkembang (developing contries). Developed Countries secara harafiah berarti “Negara Negara yang telah berkembang” Sedangkan developing countries secara harfiah berarti “negara-negara yang sedang berkembang”.

Berdasarkan peta di atas, terlihat bahwa mayoritas negara maju pada umumnya terletak di belahan bumi Utara (di sebelah atas garis hitam), antara lain, negara-negara di kawasan Eropa, Asia bagian Utara, Asia Timur, dan Amerika Utara, sedangkan negara-negara maju di belahan bumi Selatan adalah Australia dan Selandia Baru.

Pada Gambar Peta di atas menunjukan Peta dunia negara maju, berkembang, Negara Industri dan negara kurang berkembang. Peta terakhir ini adalah gambar peta dari pengembangan kuda gambar peta sebelumnya.

Meskipun di gambar di atas Indonesia termasuk Negara Berkembang, Tetapi setelah admin telusuri lagi dan mencari berbagai Informasi, ternyata saat ini Indonesia saat ini sudah tidak lagi di katakan sebagai Negara Berkembang akan tetapi Indonesia adalah Negara Industri Baru. Apa Itu negara Industri Baru.??

Negara Industri baru adalah klasifikasi negara yang mempunyai perekonomian sangat baik namun belum mencapai tahap negara maju. Syarat lain sebuah negara dikatakan negara industri baru adalah berdasarkan hasil ekspornya.

Adapun negara-negara berkembang pada umumnya berada di sebelah Selatan dari negara-negara maju (di sebelah bawah garis hitam) tersebut, antara lain di sebagian besar wilayah Asia, Afrika, Amerika Tengah, dan Amerika Selatan.

Satu-satunya negara yang tidak dapat digambarkan/ditunjukkan sebagai negara maju pada peta berikut adalah Singapura karena wilayahnya terlalu kecil dan dikelilingi oleh negara-negara yang sedang berkembang.semoga artikel Gambar Peta Persebaran Negara Maju dan berkembang ini bisa membantu sobat dalam mengobati dahaga akan ilmu pengetahuan ataupun buat teman-teman yang sedang mengerjakan berbagai soal atau PR dari bapak ibu gurunya, selamat mengerjakan tugasnya. Saya sendiri berharap semoga artikel yang saya tulis ini bisa berguna bagi Masyarakat indonesia, Jika sobat ingin menghubungi admin silahkan saja kontak admin melalui Contak Us di bawah ya, terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peta dunia dengan keterangan negara maju dan berkembang Berwarna Ukuran Besar"

Posting Komentar