Rumus Menghitung Persentase Kadar Zat Dalam Campuran dan Contoh Soalnya

Larutan adalah campuran homogen dari dua atau lebih zat (unsur/molekul). Ketika ditempatkan dalam air, kebanyakan zat akan terlarut dan zat yang terlarut ini disebut soluble (dapat larut) dan yang lainnya yang tidak dapat larut disebut insoluble (tidak dapat larut). Garam dan gula sangat mudah larut dalam air. Dalam suatu larutan, zat yang menunjukkan jumlah yang lebih besar disebut dengan pelarut dan zat yang jumlahnya lebih sedikit disebut zat terlarut. Apa artinya bahwa suatu zat terlarut dalam zat lainnya? Hal ini berarti bahwa molekul-molekul dari zat terlarut terpisah dan terdistribusikan secara merata dalam pelarut

Zat tidak dapat larut (insoluble) mempertahankan keadaannya agar tidak terdistribusi dalam pelarut. Biasanya yang digunakan sebagai pelarut adalah air, karena kebanyakan zat padat akan terlarut dalam air, tetapi sebenarnya hampir semua cairan dapat dijadikan pelarut.

Berikut ini adalah pembahasan tentang kadar zat dalam campuran yang meliputi Menentukan Kadar Zat dalam Campuran, cara Menentukan Kadar Zat dalam Campuran, kadar zat dalam campuran, rumus menentukan kadar zat dalam campuran, cara menghitung persentase, rumus mencari persen.

Kadar Zat dalam Campuran

Suatu campuran disusun oleh zat terlarut dan zat pelarut. Zat terlarut jumlahnya lebih sedikit dari zat pelarut. Kadar zat dalam campuran menyatakan banyaknya zat terlarut dalam campuran tersebut.
Kadar suatu zat dalam campuran dapat dinyatakan dalam persen massa (% massa) atau persen volume (% volume).
Persen massa digunakan untuk menentukan kadar zat dalam campuran yang berupa zat padat, sedangkan persen volume digunakan untuk menentukan kadar zat dalam campuran yang berupa zat cair.

KOMPOSISI LARUTAN

Apa yang dimaksud dengan komposisi larutan? Komposisi larutan adalah perbandingan zat-zat di dalam campuran. Untuk menentukan komposisi larutan digunakan istilah kadar atau konsentrasi. Kedua istilah ini menyatakan kuantitas zat terlarut dengan satuan tertentu. Satuan yang digunakan untukd menyatakan kadar larutan adalah persen berat (%b/b, persen volume (%v/v), ppb (part per billion), dan ppm (part per million).

Rumus Menentukan Kadar Zat dalam Campuran

Rumus untuk menghitung kadar zat dalam campuran adalah:

Rumus Cara Menghitung Persentase Kadar Zat Dalam Campuran dan Contoh Soalnya

Dengan:
mt = massa zat terlarut
mp = massa zat pelarut

Rumus Cara Menghitung Persentase Kadar Zat Dalam Campuran dan Contoh Soalnya

Dengan:
vt = massa zat terlarut
vp = massa zat pelarut

Contoh Soal Kadar Zat dalam Campuran

1. Dalam 500 gram bijih besi (campuran besi dengan pengotornya) terdapat 400 gram besi. Berapakah kadar pengotor yang terlarut dalam bijih besi tersebut?

Jawab:

Diketahui :
mp = 400 gram
mt + mp = 500 gram
maka : mt = 100 gram

%massa pengotor = mt : (mt + mp) x 100%
                           = 100 : 500 x 100%
                           = 20%

Jadi, kadar pengotor dalam bijih besi tersebut adalah 20%.

2. 30 ml alkohol dilarutkan ke dalam 70 ml air sehingga terbentuk suatu larutan alkohol dengan kadar tertentu. Tentukan kadar alkohol dalam larutan alkohol tersebut!

Jawab:



Diketahui :

vt = volume alkohol = 30 ml
vp = volume air = 70 ml

%volum alkohol = vt : (vt + vp) x 100%
                         = 30 : (30 + 70) x 100 %
                         = 30%

Jadi, kadar alkohol dalam larutan alkohol tersebut adalah 30%.

Demikian Rumus Menghitung Persentase Kadar Zat Dalam Campuran dan Contoh Soalnya semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rumus Menghitung Persentase Kadar Zat Dalam Campuran dan Contoh Soalnya"

Posting Komentar