Sejarah Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II / Kedua

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Sejarah Latar Belakang Terjadinya Perang Dunia II / Kedua

A. Sebab umum terjadinya Perang Dunia II
1.  Pertentangan antara paham liberalisme dan totaliterisme. Paham liberalisme berkembang di Inggris, Prancis, Amerika Serikatyang memberikan kebebasan bagi warga negaranya, sedangkan totaliterisme berkembang di Jerman, Italia, Jepang yang mengekang kebebasan warga negara.

2.  Persekutuan mencari kawan. Persekutuan tersebut yaitu Inggris dengan Prancis dan Jerman dengan Italia.

3.  Semangat untuk membalas dendam (revancheidea) karena kekalahan dalam PD I. Terutama Jerman sebagai pihak yang kalah ingin membalas kepada Prancis.

4.  Perlombaan senjata antarnegara. Hal ini dilakukan karena adanya kecurigaan bangsa satu dengan bangsa lain, sehingga berupaya membangun persenjataan untuk mempertahankan diri.

5.  Pertentangan antarnegara imperialis untuk memperebutkan daerah jajahan. Diantaranya Jerman ingin memperluas wilayah kekuasaannya, Italia yang menginginkan wilayah Laut Tengah dan Jepang yang ingin membentuk persemakmuran Asia Timur Raya.

6.  Adanya politik ekspansi dari negara blok Sentral, seperti: Jerman dengan semboyan Lebensraum; Italia dengan semboyan Italia Irredenta; dan Jepang dengan semboyan Hakko Ichi-U.

7.  Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa dalam mewujudkan perdamaian dunia.

B. Sebab khusus terjadinya Perang Dunia II
1.  Serangan kilat (blitzkrieg) dari Jerman atas kota Danzig (Polandia) tanggal 1 September 1939. Jerman menginginkan kota Danzig (daerah penguasaan LBB) sebagai bagian dari Jerman. Maka pada tanggal 3 September 1939, Inggris dan Prancis mengumumkan perang terhadap Jerman.

2.  Serangan Jepang ke pangkalan Angkatan Laut Amerika Serikat di Pearl Harbour, Hawai pada tanggal 7 Desember 1941.

C. Pihak-pihak yang terlibat

PD II ini merupakan ajang balas dendam dari pihak yang kalah, oleh sebab itu pihak-pihak yang terlibat dalam perang tidak jauh berbeda dengan PD I. Negara-negara yang terlibat dalam PD II terbagi dalam dua blok, yaitu
1.  Blok Sentral terdiri dari negara Jerman, Italia, Jepang, Hongaria, Rumania, Bulgaria dan Finlandia.

2.  Blok Sekutu terdiri dari blok liberalis (Inggris, Prancis, Amerika Serikat, Belanda, Belgia) dan blok komunis (Uni Soviet, Polandia, Esthonia, Latvia, Lithuania).

0 komentar:

Posting Komentar