Tujuan dan Fungsi Pajak Bagi Negara dalam Pembangunan serta Kebijakan Pemerintah tentang Pajak

Pembangunan Nasional merupakan pembangunan yang berlangsung secara terus-menerus dan berkesinambungan yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat baik secara materiil maupun spiritual. Untuk dapat merealisasikan tujuan tersebut, maka negara harus menggali sumber dana dari dalam negeri berupa pajak. Pajak adalah kontribusi wajib rakyat kepada negara yang terutang, baik sebagai orang pribadi atau badan usaha yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Pembayaran pajak merupakan perwujudan kewajiban dan peran serta wajib pajak untuk ikut secara langsung dan bersama-sama melaksanakan pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Sesuai falsafah undang-undang perpajakan, membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dan berperan serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Berikut adalah pembahasan tentang pajak yang meliputi fungsi pajak, kebijakan pemerintah tentang pajak, pengertian kebijakan fiskal, fungsi pajak bagi negara, tujuan pemungutan pajak, fungsi pajak dalam pembangunan.

Fungsi Pajak bagi Negara

Secara umum pajak memiliki empat peranan/fungsi dalam pembangunan, yaitu:

1. Sebagai Sumber Pendapatan Negara

Dengan pembayaran pajak, negara akan memiliki dana yang cukup untuk melakukan penyelenggaraan pemerintahan dan melakukan pembangunan.

2. Sebagai Alat Pemerataan Ekonomi

Melalui pajak, pemerintah dapat melakukan subsidi kepada rakyat-rakyat kecil.

3. Sebagai Pengatur Kegiatan Ekonomi

Melalui pajak, pemerintah dapat mengatur kegiatan konsumsi, distribusi, produksi, ekspor, dan impor.

4. Sebagai Alat Stabilitas Perekonomian

Dengan pajak, pemerintah dapat mendorong pertumbuhan industri baru dengan cara menurunkan atau membesarkan pajak bagi industri-industri yang langka, tetapi banyak dibutuhkan masyarakat, sehingga dapat menjaga stabilitas ekonomi.

Kebijakan Pemerintah tentang Pajak

Bentuk kebijakan pemerintah dalam mengatur kegiatan ekonomi melalui pajak dapat dilakukan:
  1. Menaikkan pajak impor dan membebaskan pajak ekspor dengan tujuan melindungi dan meningkatkan daya saing produksi dalam negeri.
  2. Melakukan pungutan pajak penghasilan atas golongan yang berpenghasilan tinggi untuk meningkatkan keadilan sosial dengan jalan pemerataan pendapatan.
  3. Memungut tarif pajak rendah bagi perusahaan yang baru berdiri dan industri kecil untuk meningkatkan kemampuan memperluas usaha, dan menyerap tenaga kerja.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tujuan dan Fungsi Pajak Bagi Negara dalam Pembangunan serta Kebijakan Pemerintah tentang Pajak"

Posting Komentar