Kamis, 11 Mei 2017

2 Cara Memulihkan Akun Gmail google lupa kata sandi

2 Cara Memulihkan Perangkat akun email gmail. Dunia Android saat ini masih membahas tentang akun email untuk pembaca setia. Dunia android tidak setengah hati dalam mengelola dan mengamankan akun yang sangat penting ini. Nah, kali ini yang ingin saya diskusikan adalah sekitar 2 cara pemulihan email yang perlu dipersiapkan untuk dipelihara jika suatu saat email kita tidak bisa dibuka atau dibobol oleh seseorang. Apakah mereka ? Ikuti review di bawah ini.

Untuk mengamankan akun email sebenarnya bukan hal yang rumit. Seberapa mudah kita membuat akun email itu sendiri. Dalam satu kasus, ada seseorang yang tidak bisa mengakses emailnya karena lupa password atau usernamenya. Lalu apa yang harus dilakukan ?, tentu butuh pemulihan (fix) lagi lupa akun. Dalam menyiapkan akun email Anda sendiri ada menu khusus untuk memulihkan akun bermasalah dengan 2 cara sederhana, yaitu:

1. via email kedua / email lainnya.
Intinya adalah jika kita memiliki akun yang tidak bisa diakses maka langkah pemulihan melalui akun email lain. Dimana akan ada tahapan yang akan mengautentikasi / memverifikasi kepemilikan akun pertama (bermasalah) ke email kedua. Di email kedua akan ada pesan pemberitahuan yang akan mengarahkan Anda ke link recovery account.

2. Lewat nomor telepon.
Intinya adalah jika kita memiliki akun email bermasalah entah lupa password atau apapun maka melalui verifikasi SMS di nomor telepon akan mudah sekali mengembalikan akun bermasalah tadi. Jadi fungsi nomor telepon untuk recovery akan menjadi pesan dari server akun yang berisi kode yang akan digunakan untuk memvalidasi akun agar bisa dipulihkan.

Lalu bagaimana setting kedua cara diatas? , Begini caranya:

1. Misalkan kita menggunakan ponsel android, silahkan buka browsernya, apapun browser yang ada di dalamnya, browser android bisa bawaan, krom, opera atau lainnya.

2. Silahkan login ke akun email anda, misalnya kita menggunakan email dari gmail cukup ketik di browser 'mail.google.com' (tanpa tanda petik), lalu tekan enter.

3. Masukkan username / password anda. Begitu masuk, kita masuk saja ke setting akun. Ketik lagi di alamat 'accounts.google.com' browser, tekan enter / login.

4. Setelah masuk ke setting akun Anda akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini.


5. Geser sedikit ketengah, sudah ada recovery email menu dan recovery phone. Silahkan buka satu per satu dan isi datanya. Misalnya, dalam email recovery pal mengisi dengan email kedua yang anda punya, email itu nantinya sebagai alat backup untuk mengembalikan akun jika akun pertama bermasalah. Begitu juga pada pemulihan isi telepon dengan nomor telepon sobat.

Caranya, gampang bukan cara menyiapkan recovery 2 langkah di akun email kita? Semoga tips di atas bermanfaat.

Advertiser


EmoticonEmoticon