Kamis, 11 Mei 2017

Cara Memperbaiki Micro SD / Kartu memory card yang Rusak tidak terdeteksi Dan Terbaca

Cara Memperbaiki Micro SD / Kartu memory card yang Rusak tidak terdeteksi Dan Terbaca- Kesalahan data MicroSD setelah PC-Plugged. Mungkin beberapa pengguna android pernah mengalami kesalahan memori microSD atau diformat (lost data) setelah kartu microSD terbaca di komputer? Padahal pengguna tidak melakukan format atau menghapus tindakan tapi setelah kartu dikeluarkan dari PC dan dipaksukkan data ponsel hilang semua. Apa yang terjadi ? , Silahkan ikuti reviewnya.

Proses transfer data dari microSD ke PC (komputer) yang biasa dilakukan adalah dengan menggunakan media Card reader atau langsung via android phone itu sendiri. Di balik itu semua ternyata banyak pengguna yang mengeluhkan penghilangan data secara tidak sengaja setelah card reader dicabut dari PC. 


Cara Memperbaiki Memori hp yang rusak tanpa diformat

Apa sebenarnya masalahnya ?, Apakah di komputer atau kartu itu sendiri bermasalah?, Inilah jawaban dari versi Android World, Ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi ketika tiba-tiba data terhapus setelah kita mencabut MicroSD dari PC tersebut. :


1. Kartu microSD lemah dan memasuki akhir masa pakai. Bisa jadi komponen kartu memori telah kehilangan daya tahannya terhadap aliran listrik ke dalam kartu.

2. Karena proses membaca dan menulis data membutuhkan arus listrik dari PC maka bisa terjadi lonjakan daya mendadak yang menyebabkan memori MicroSD rusak.

3. Ketahanan microflow microSD yang lebih rentan dibanding Flashdisk apalagi Harddisk, oleh karena itu dengan lonjakan tenaga dari komputer yang tidak stabil dapat menyebabkan data hilang secara kebetulan meski tidak merusak memori.

4. Kehilangan data juga bisa disebabkan oleh pengguna yang salah dalam mengeluarkan cardreader dari PC tanpa melalui proses 'safe remove device'.

5. dan yang terakhir bisa disebabkan oleh virus yang mengakar di komputer sehingga data di memori bisa terhapus karena adanya virus atau malware.

Cara Memperbaiki Memory Card Rusak atau Tidak Terbaca

Cara : Membersihkan Kartu Memori
  1. Pertolongan pertama untuk mengatasi masalah memory card tidak terdeteksi adalah dengan mengeluarkan kartu memori dari gadget. Pastikan kamu sudah mematikan gadget terlebih dahulu.
  2. Bersihkan lempengan tembaga (berwarna kuning keemasan) dengan penghapus pensil (yang warna putih). Gosok perlahan hingga bersih.
  3. Jika yakin sudah bersih, masukan kembali kartu memori ke dalam slot memori lalu periksa apakah sudah terbaca atau belum.
Jika cara diatas tidak berhasil coba cara dibawah

Cara 2: Cek Error dari PC
  1. Hubungkan Android ke laptop atau PC dengan kabel data.
  2. Pastikan Android kamu terhubung dalam Mass storage mode (MSC), bukan Media transfer mode (MTP).
  3. Buka Windows Explorer, klik kanan pada Drive kartu memori, pilih Properties > Tools > Error Checking, tunggu hingga semua proses selesai. 
  4. Eject kartu memorinya, lalu cek apakah sudah terbaca atau belum.

Nah, hal diatas adalah kasus yang sering terjadi pada microSD error setelah terpasang pada PC. Mudah-mudahan ulasan di atas membantu.

Advertiser


EmoticonEmoticon