Cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android Dan Laptop

cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android Dan Laptop.Apa hambatan kekuatan Sinyal Wifi di seluler? Topik itu akan menjadi android World yang membahas saat ini. Ponsel smartphone mana pun saat ini yang tidak dilengkapi fasilitas wifi?, Tentu harus ada fitur yang tergolong canggih. Dan sekarang dunia android akan membahas tentang seluk beluk wifi dan apa penghalang kekuatannya. Tentu kita akan fokus pada dunia ponsel android, meski sebenarnya sama antara ponsel dan komputer pribadi jika masalah wifi ini. Mari dengarkan ...

Wifi atau wireless Fidelity adalah jaringan nirkabel yang dapat menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lain. Jika sudah tahu apa itu kabel LAN (local area network) sebenarnya sama topologi alias sama. Yang membedakan mereka hanyalah cara mereka terhubung. Wifi dengan teknologi nirkabel merasakan kelebihan tersendiri melalui jaringan dengan menggunakan kabel perantara. Namun dibalik kelebihannya tanpa kabel ada beberapa kelemahan yang bisa menurunkan kualitas sinyal wifi. Apakah mereka ? Mari kita lihat beberapa penghalang kekuatan sinyal wifi di bawah ini.

Penghalang Kekuatan sinyal Wifi 


1. Kekuatan sinyal wifi akan turun drastis jika ada penghalang dinding, semakin tebal dinding semakin lemah sinyal wifi hingga receiver telepon. Karena apa?, Wifi bekerja dengan cara tatap muka yang tidak terhalang antara receiver dan receiver.

2. Adanya pohon, jangan salah paham pohon tidak menghalangi daya wifi, semakin lebatnya pohon maka sama seperti dinding.

3. Hujan. Benarkah hujan melemahkan sinyal wifi ?, benar, hujan bisa menjadi dinding raksasa yang menghalangi kekuatan sinyal wifi. Semakin tebal hujan semakin lemah sinyal wifi bisa diterima.

4. Hambatan lainnya, seperti peralatan rumah tangga, bulkheads antara kamar / rumah, dan properti yang merupakan batas antara pemancar wifi dan penerima.

Jadi jika sinyal wifi ponsel anda naik turun maka cari tahu penyebabnya, mungkin Anda bisa mengganti posisi jok atau mencari posisi minimal penghalang antara Anda dan wifi router. Semakin sedikit penghalang semakin kuat kekuatan sinyal yang diterimanya.

Cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android Dan Laptop


1. Gunakan Teknologi WiFi Terbaru


Saat ini ada empat jenis teknologi nirkabel yang tersedia, yaitu A, B, G, dan N. Technologies A, B, dan G adalah teknologi lama yang memiliki kecepatan lambat. Sedangkan N adalah teknologi terbaru dan tercepat dalam hal kecepatan. Jadi, selalu gunakan versi N untuk mendapatkan kecepatan maksimal.


2. Temukan Posisi yang Tepat

Sinyal WiFi tidak bisa dilihat oleh mata manusia, namun sinyal bisa diblokir jika ada banyak dinding di sekitar router. Jadi, selalu cari posisi bebas dari penghalang sehingga Anda bisa berselancar dengan nyaman.

3. Jauhi Perangkat Elektronik lainnya

Tidak hanya router lain yang bisa mengganggu kualitas sinyal, namun beberapa perangkat elektronik lainnya seperti gelombang mikro juga bisa menjadi penyebabnya. Untuk mengatasinya Anda bisa menyimpan berbagai perangkat elektronik dari router. Selain itu Anda juga bisa menggunakan dual band router untuk menggerakkan frekuensi dengan mudah.

4. Gunakan Saluran Kosong

Jika di daerah Anda ada banyak orang yang menggunakan router WiFi, maka Anda bisa berada di saluran yang sama dengan router sehingga kualitas sinyal berkurang. Karena itu pilihlah saluran WiFi yang kosong atau beberapa pengguna untuk menghindari gangguan sinyal. Anda bisa menggunakan aplikasi inSSIDer untuk melakukan trik ini.

5. Perbaiki Sistem Keamanan

Anda telah menggunakan paket internet yang cepat, tapi masih lambat saat diakses. Kemungkinan ada orang lain yang menggunakan koneksi WiFi Anda tanpa sepengetahuan Anda. Untuk mencegah hal ini, gunakan password yang rumit dan gunakan enkripsi WPA2.

6. Kontrol Bandwidth

Jika Anda tidak sendiri saat menggunakan WiFi, maka akan lambat saat browsing. Anda bisa mengatur penggunaan bandwidth sehingga orang lain tidak membocorkan bandwidth yang bisa mengakibatkan koneksi lambat.

7. Menggunakan kaleng bekas

Sinyal WiFi menggunakan udara sebagai konduktor, sehingga sinyal tidak menyebar kemana-mana, Anda bisa menggunakan kaleng yang digunakan untuk menentukan tujuan sinyal. Selain kaleng, Anda juga bisa menggunakan pot atau aluminium foil.

8. Gunakan DD-WRT Firmware

Cara lain untuk memperkuat sinyal WiFi lainnya adalah dengan menggunakan aplikasi firmware DD-WRT. Aplikasi ini bisa digunakan untuk ha-ck router agar daya pemancar sinyal menjadi lebih tinggi lagi.

Seperti dikutip dari Lifeha-cker.com, meski cukup berbahaya bagi penerus tapi setidaknya Anda bisa menaikkannya hingga 70 mW. Dengan begitu, kisaran sinyal router Anda akan meningkat menjadi lebih dari dua kali lipat. Selain itu, aplikasi ini juga menyediakan berbagai pilihan keamanan untuk router anda.

9. Gunakan WiFi Repeater

Pengulang adalah perangkat untuk menerima sinyal WiFi dan kemudian mentransmisikan kembali sinyal dengan lebih kuat. Alat ini sangat cocok untuk anda yang menerima sinyal WiFi yang buruk.

10. Reboot atau Restart secara berkala

Tidak jauh berbeda dengan smartphone dan PC. Router akan sering mengalami masalah saat digunakan untuk waktu yang lama. Untuk menghindarinya, Anda bisa me-reboot atau me-restart router secara teratur untuk membuat kondisi router tetap segar dan siap digunakan kembali.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Memperkuat Penerimaan Sinyal Wifi Android Dan Laptop"

Posting Komentar