Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan - Selama masa ini mungkin kebanyakan orang akan berpikir bahwa bawang putih hanya digunakan sebagai bumbu masak biasa atau sebagai media eksorsisme dalam film horor. Berdasarkan penelitian (penelitian) ternyata banyak kegunaan bawang putih (khasiat) untuk kesehatan.  Manfaat bawang putih banyak yang bisa kita rasakan untuk kehidupan sehari-hari. Bawang putih termasuk bohlam keluarga. Bawang putih sering dikenal sebagai bumbu masak dan sudah dikenal di berbagai belahan dunia. Yang membuat ramuan ini populer adalah kemampuannya mencegah kanker.

Manfaat bawang putih Tapi sayang, terkadang bau yang menyengat membuat tanaman tidak langsung dikonsumsi, tapi hanya sebagai bumbu, jadi hanya pada bawang putih kecil yang kita konsumsi. Hampir semua bahan alami memiliki sifat masing-masing dalam tubuh. Begitu juga dengan bawang putih, tapi sebelum beralih ke manfaatnya, ada baiknya kita tahu kandungan gizi bawang putih. Secara umum bawang putih digunakan untuk membantu menurunkan tekanan darah dan juga sebagai anti bakteri. Tapi yang dimakan bawang putih mentah itu baik untuk kesehatan.

Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya

Bawang putih adalah tanaman yang telah digunakan sejak Mesir kuno, kandungan allicin merupakan salah satu zat yang digunakan sebagai obat. Allicin adalah salah satu komponen biologis aktif yang aktif dan utama dalam bawang putih. Apa fungsi allicin ini? Ini adalah zat anti bakteri yang terkandung dalam bawang putih. Berbagai penelitian telah dilakukan pada substansi ini dan menemukan bahwa hal itu memiliki efek penting untuk beberapa masalah kesehatan

Ada beberapa kegunaan (sifat) bawang putih saat dimakan mentah antara lain;

1. Bawang putih mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah kanker. Jika Anda seorang perokok berat, Anda mungkin mengunyah bawang putih mentah untuk melindungi tubuh dan mencegah kanker.

2. Bawang putih mengandung anti radang. Jadi jika Anda demam, atau sakit tenggorokan, cukup mengunyah bawang putih dan hasil tenggorokan Anda akan segera kembali fit.

3. Bawang putih juga merupakan anti bakteri yang baik. Jika Anda memiliki infeksi gastrointestinal, campurkan jumlah bawang putih mentah di salad. Pencernaan Anda akan lebih lancar.

4. Antioksidan yang terkandung dalam bawang putih juga mampu membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Manfaat ini tidak hanya baik untuk kesehatan, tapi juga bisa membantu memperlambat penuaan dini.

5. Jika Anda menderita radang sendi, hancurkan bawang putih mentah lalu oleskan di lutut atau tulang. Bawang putih akan meringankan rasa sakit.

6. Merkuri karena merkuri atau arsenik juga bisa terbebas dengan mengkonsumsi bawang putih mentah. Namun, bantuan ini hanya berfungsi sebagai pertolongan pertama saja. Segera dapatkan perawatan intensif dari dokter Anda jika Anda mengalaminya.

7. Mengunyah bawang putih dan merah juga bisa membantu memperlancar peredaran darah dan membuka pembuluh darah yang menyumbat.

8. Jika Anda menderita diabetes, bawang putih juga baik untuk membantu mengendalikan jumlah gula dalam darah.

Karena aromanya cukup menyengat, disarankan selalu menyikat gigi setelah mengunyah bawang putih. Anda juga tidak menginginkannya bila orang lain terganggu karena bau nafas anda kurang enak.

Efek Samping yang Dihasilkan Saat Makan Bawang Putih


Meski khasiat (khasiatnya) bawang putih maka akan tetap memiliki efek yang tidak baik jika dalam konsumsi berlebihan. Mengkonsumsi terlalu banyak bawang putih dan tidak pada tempatnya akan menimbulkan masalah, seperti; Iritasi, dan bahkan akan menyebabkan kerusakan pada saluran pencernaan.

Ada beberapa orang yang alergi terhadap bawang putih. Gejala alergi bawang putih meliputi ruam kulit, suhu dan sakit kepala. Selain itu, bawang putih berpotensi mengganggu anti koagulan (zat yang mencegah pembekuan darah), jadi sebaiknya dihindari sebelum operasi. Seperti halnya obat apapun, selalu periksakan dulu ke dokter Anda dan beri tahu dokter jika Anda menggunakannya.

Penting: Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2001 menyimpulkan bahwa suplemen bawang putih "dapat menyebabkan efek samping berbahaya bila dikombinasikan dengan jenis obat yang digunakan untuk mengobati HIV / AIDS". Rincian lebih lanjut tersedia di situs web NIAID.

Bawang putih membuat suplemen kesehatan yang baik untuk banyak orang tapi yang disebut "obat bawang putih" adalah pengganti pengobatan alternatif: makan dan olah raga yang masuk akal. Bawang putih harus dilihat sebagai bagian dari gaya hidup sehat - bukan sebagai alternatif untuk itu. Selalu berkonsultasi dulu dengan dokter anda mengenai kondisi medis apapun.

Untuk menghilangkan bau setelah kita mengkonsumsi bawang putih, kita bisa melakukan cara berikut:

  • Minum teh atau kopi kental setelah mengkonsumsi bawang putih
  • Makan kulit lemon dengan mengunyah
  • Teratasi dengan makanan yang terbuat dari protein, hati, dan telur
  • Menggunakan bawang putih dengan cara merebusnya dulu atau acar

Sebagai catatan untuk Anda dan harus selalu ingat bahwa bawang putih sebaiknya tidak digunakan saat terjadi serangan penyakit di perut dan usus besar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Bawang Putih dan Efek Sampingnya Untuk Kesehatan"

Posting Komentar