Kamis, 11 Mei 2017

Mengenal Apa itu APK android dan apa isinya ?

Apa itu android APK dan apa itu? Tentunya pengguna android sudah banyak mendengar atau mengetahui bentuk fisik file APK. Umumnya pengguna android saat akan menanam atau memasang aplikasi di smartphone android yang tidak berasal dari google playstore akan membutuhkan file dengan ekstensi '.apk' yang mengakhiri nama sebuah file. Tapi tahukah anda apa itu file APK dan apa isinya di dalamnya. Mari ikuti review di bawah ini.

Paket Aplikasi APK atau android adalah paket file yang berfungsi untuk mendistribusikan file dalam satu unit dengan tujuan menginstal program atau aplikasi pada sistem operasi Android. File APK dapat disamakan dengan microsoft windows Msi atau paket Deb milik operasi linux ubuntu. Banyak yang salah menafsirkan file dengan ekstensi belakang '.apk' seperti exe atau jalankan program yang umum di windows operating systems. 


Sedangkan APK jika disamakan dengan kardus yang berisi peralatan untuk keperluan pemasangan. Jika ada satu file atau peralatan yang tidak ada dalam paket maka pastinya aplikasi tersebut akan gagal dipasang ke sistem android. Jadi apk adalah sekumpulan file yang telah dikompilasi menjadi satu untuk keperluan instalasi aplikasi.

Tahukah Anda apa konten dalam paket APK ?, dengan mata telanjang tentunya kita tidak bisa melihat isi paket apk karena suatu alasan. Nah di bawah ini adalah isi paket file apk saat di bongkar:

1. Direktori file Meta-inf
· Manifest.Mf
· Cert.rsa
· Cert.sf
2. Lib. File

Dimana dalam file lib ini ada sub file seperti dibawah ini:
· Armeabi-v7a
· X86:
· Mips

3. res .file
Aktiva.
AndroidManifest
Sumber daya.arsc

Mungkin itulah yang bisa saya sajikan dalam artikel ini. Semoga review tentang makna file APK di android bermanfaat bagi semua teman.

Advertiser


EmoticonEmoticon