Penyebab Baterai Hp Melembung Dan Bisakah Baterai melembung dinormalkan ?

Website Informasi Seputar Tips Android, Komputer, Pendidikan,Biss Key, Frekuensi Tv, Chanel Tv, Pengertian, Contoh

Penyebab Baterai Hp Melembung Dan Bisakah Baterai melembung dinormalkan ?

Kejadian smartphone yang meledak atau terbakar mungkin tidak akan menjadi peristiwa yang mengejutkan lagi. Tahun lalu beberapa unit perangkat mobile buatan Samsung dan Apple diketahui meledak atau terbakar karena berbagai masalah, bahkan beberapa di antaranya melukai dan merugikan pengguna.

Dari berbagai kasus meledaknya smartphone yang terjadi, diketahui bahwa banyak diantaranya disebabkan oleh faktor baterai. Baterai telepon memang menyimpan risiko yang cukup berbahaya. Bila tidak digunakan dengan benar, baterai mungkin membengkak dan bisa meledak.

Apa yang menyebabkan baterai ponsel melembung?


Banyak faktor yang bisa menjadi penyebab utama baterai menjadi membengkak, umumnya karena kesalahan pengguna. Tapi selain itu masih ada faktor lain:

1. Faktor kesalahan pengguna

- Terlalu banyak. Penggunaan ponsel yang berlebihan seperti menelepon terlalu lama, bermain game dan sebagainya akan menyebabkan suhu baterai meningkat karena harus bekerja ekstra. Ini juga menjadi penyebab utama baterai melebungnya.

- Penggunaan charger tidak sesuai Menggunakan charger lain (pembukaan default paket penjualan) dalam jangka panjang akan menyebabkan kerusakan pada baterai.

- Jadwal pengisian tidak teratur. Hal ini dapat mempengaruhi masa pakai baterai gadget Anda secara negatif, dan memungkinkannya membengkak dengan cepat.

2. Faktor usia batere

Usia pada baterai itu sendiri juga mempengaruhi kehancuran baterai (kembung). Namun ukuran baterai itu sendiri berbeda-beda sesuai dengan jenis baterai itu sendiri. Secara umum, jenis baterai yang digunakan pada ponsel saat ini adalah tipe Li - Ion dan Li - Po, dan bagaimana memperlakukan kedua jenis baterai berbeda.

3. Faktor kualitas baterai

Jika Anda berniat mengganti baterai yang digunakan di telepon, Anda harus menggunakan baterai asli karena akan menjamin kualitas baterai itu sendiri. Pasalnya, kualitas baterai juga bisa mempengaruhi performa dan daya tahan baterai. Ini juga merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga 'keamanan' Anda sendiri.

Bisakah baterai membengkak atau diperbaiki agar normal kembali normal? Tapi baterai masih bisa dipakai meski tidak dalam kondisi prima dan masih bisa bertahan selama beberapa jam. Mungkin itu membuat tidak nyaman karena baterainya melotot sehingga cassing penutup belakang tidak bisa menutup dengan sempurna.

Bisakah Baterai melembung dinormalkan ?

Jawaban atas pertanyaan di atas tidak mungkin dilakukan. Karena baterai telah merusak sel yang rusak di dalamnya. Meski Anda sangat ingin membongkar Anda juga harus mengganti sel baterai dengan baterai lain dan ini sangat berisiko dan tidak disarankan. Ada bodi baterai yang keras (tertekan) dengan asumsi baterai bisa mengecil kembali, hal itu juga tidak dibenarkan dan tidak mungkin berhasil.

Lalu adakah cara dan solusi untuk mengatasi baterai yang menggelembung?, Tentu salah satu cara adalah menggantinya dengan yang baru dan sama. Namun jika tidak ditemukan di pasaran atau masih memiliki baterai normal lainnya meski tidak sama bentuk dan ukurannya masih ada harapan untuk bisa digunakan yaitu cara mengakali baterai agar pas dipasang di telepon. Bagaimana? Baca artikel saya di bawah ini

Jadi jangan sekali-sekali membongkar baterai yang telah membengkak agar bisa bermain-main, selain berbahaya bisa berakibat fatal pada ponsel Anda bahkan bisa menimbulkan ledakan.

0 komentar:

Posting Komentar