www.bpjsketenagakerjaan.go.id Cara Cek Saldo - BPJS - JHT - Ketenagakerjaan

www.bpjsketenagakerjaan.go.id Cara Cek Saldo - BPJS - JHT - Ketenagakerjaan

Cara cek saldo jht BPJS Ketenagakerjaan - Sebagai pekerja upahan tentu kita punya hak untuk dimasukkan ke dalam program kerja jaminan sosial yang sebelumnya Jamsostek sekarang menjadi BPJS Health. Selain asuransi kecelakaan kerja salah satu manfaat yang bisa kita dapatkan adalah usia tua pensiun (JHT) dimana beberapa iuran kita dikumpulkan dan dikelola oleh BPJS Ketenagakerjaan dalam berbagai investasi dan kemudian kembali ke kepeserta seperti Tabungan.

Selain kontribusi yang dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan cara memotong pendapatan kita dengan perhitungan 3,70% ditanggung oleh pengusaha dan 2% ditanggung oleh karyawan kita jarang memperbarui jumlah saldo JHT yang telah terakumulasi.Kita hanya mengandalkan hasil cetak yang dikirim oleh Jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan setahun sekali. Tapi sekarang BPJS Ketenaga kerjaan memberikan kemudahan kepada peserta untuk mengecek keseimbangannya melalui beberapa metode.

www.bpjsketenagakerjaan.go.id Cara Cek Saldo - BPJS - JHT - Ketenagakerjaan

Sesuai dengan ketentuan Undang-undang Ketenagakerjaan, seluruh elemen pekerja di Indonesia harus menggunakan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan untuk melindungi pekerja dari risiko terkait kesehatan, tunjangan hari tua, dan segala manfaat yang bergantung pada BPJS.

Sebagai pekerja yang menerima upah dan pengusaha (perusahaan) yang membayar upah, keduanya harus memahami semua hak dan kewajiban yang terkandung dalam BPJS. Ada banyak manfaat bagi BPJS. Misalnya, manfaat asuransi kecelakaan kerja terkait dengan Jaminan Hari Tua (JHT).

Bagaimana Sistem Ketenagakerjaan BPJS?

Pekerjaan BPJS bekerja berdasarkan premi yang dibayarkan oleh pekerja dan pengusaha yang dikelola untuk berbagai investasi. Hasil investasi akan dikembalikan ke peserta BPJS dan juga tabungan atau investasi. Misalnya, program JHT (Jaminan Hari Tua) di BPJS Ketenagakerjaan. Dalam program JHT, fee dibayarkan langsung oleh perusahaan dengan mengurangkan pendapatan pekerja dengan perhitungan 3,7% ditanggung oleh perusahaan dan 2% ditanggung oleh pekerja. Atau jika jumlahnya mencapai 5,7% dari upah. Untuk program lain seperti JKK (Asuransi Kecelakaan Kerja), JKM (Asuransi Kematian), Jaminan Pensiun, dan Penerima Wajib Pajak, lihat www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Sejauh ini, pekerja hanya mengandalkan print out yang dikirim oleh BPJS Employment setahun sekali untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Tapi sebenarnya BPJS Employment juga memberikan kemudahan kepada peserta untuk mengecek saldo BPJS Employment melalui beberapa cara lain. Bisa melalui online / internet dan SMS, menggunakan komputer atau perangkat mobile / ponsel melalui aplikasi yang disediakan BPJS Ketenagakerjaan.

Beragam cara cek Saldo JHt BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui Cara Manual

Disebut manual karena ini adalah cara yang paling umum sebelum penerapan digitalisasi seperti sekarang ini, yaitu dengan langsung menuju Kantor BPJS Ketenagakerjaan, maka ketemu petugas yang ada untuk meminta tercetak saldo slip BPJS Ketenagakerjaan. Namun, cara manual ini sudah mulai ditinggalkan karena lebih banyak pilihan pemeriksaan keseimbangan BPJS Ketenagakerjaan lebih mudah dan praktis.

Metode cek saldo Jht via sms

Metode yang satu ini paling diidolakan dikarenakan kita tidak perlu repot antri mendatangi kantor jamsostek / BPJS Ketenagakerjaan untuk minta slip / printout saldo JHT. Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke SMS Center BPJS Ketenagakerjaan. Sebelumnya anda harus mendaftar untuk bisa mengecek saldo jht melalui format pendaftaran sms.berikut untuk mendapatkan ID. Bagaimana cara memeriksa saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS adalah cara yang paling disukai bagi pekerja. Dengan cara ini, para pekerja tidak harus berbaris sesuai dengan Dinas Ketenagakerjaan BPJS dan tidak perlu membeli perangkat komputer atau smartphone. Caranya cukup mudah dengan mengirimkan SMS ke SMS Center BPJS Employment Number maka anda akan mendapatkan balasan jumlah BPJS Employment balance.

Namun, sebelumnya, peserta harus mendaftar untuk bisa memeriksa neraca kerja BPJS via SMS. Berikut adalah format registrasi untuk mendapatkan ID BPJS Ketenagakerjaan:

  • Ketik: REG#NoJamsostek/BPJS#TanggalLahir#NamaIbuKandung, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: REG#02D00065455#230384#tiara kirim ke 08111009696.
  • Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi ID sebagai berikut: TERIMA KASIH TELAH MENDAFTAR DAN NO ID ANDA 123456789. UNTUK MENGETAHUI SALDO ANDA, KETIK SALDO#ID_ANDA.
  • Jika ID sudah didapatkan, Anda dapat langsung cek saldo JHT dengan cara membalas SMS tersebut dengan format sebagai berikut:
  • Ketik SALDO#ID_Anda, kemudian kirim ke 08111009696, Contoh: SALDO#123456789 kirim ke 08111009696
  • Kemudian Anda akan mendapatkan balasan SMS yang berisi saldo JHT sebagai berikut: SALDO JHT ANDA NO. ID 123456789 S.D 30 11 2015 RP.14.000.000. SMS tersebut berarti saldo dengan ID 123456789 sampai dengan tanggal 30 bulan 11 tahun 2015 ialah sebesar 14 juta rupiah.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Melalui ATM BNI

Cara ini hanya khusus untuk nasabah BNI Bank, yaitu melalui ATM BNI untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Bank BNI telah bekerja sama dengan pihak terkait untuk memberikan layanan yang lebih nyaman kepada pengguna BNI. Secara real time nasabah bank BNI bisa mengecek kapan saja. Namun, untuk dicatat, Anda hanya bisa memeriksa jumlah saldo Anda. Sayangnya, untuk pengambilan saldo Anda, tidak bisa dilakukan langsung di ATM BNI.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Secara Online

Hal ini bisa dilakukan saat karyawan BPJS ikut berpartisipasi selama mereka berada dalam jangkauan internet. Untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui internet atau online, peserta dapat mengaksesnya melalui website resmi BPJS Employment, dengan cara sebagai berikut:

Siapkan kartu kerja BPJS atau nomor KPJ Anda dan kunjungi situs resminya di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Atau langsung masuk ke menu es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja.
  • Masukkan ID pengguna dan kata sandi Anda di Login jika sebelumnya Anda telah terdaftar. Namun, jika Anda baru (tidak pernah mendaftar), harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengklik menu Registration on the Manpower (jika statusnya sebagai tenaga kerja).
  • Saat mendaftar, pilih jenis keanggotaannya sebagai Tenaga Kerja dan isi formulir yang tersedia secara lengkap dan benar.
  • Kemudian pilih Setuju pada kolom penggunaan persyaratan layanan.
  • Bila data sudah lengkap dan benar, klik Register atau SUBMIT DATA.
Setelah semuanya selesai dan sudah masuk, mohon tunggu email konfirmasi atau balasan pesan SMS dari nomor handphone (HP) untuk aktivasi akun. Jika Anda sudah menerima email atau konfirmasi SMS, silahkan masukkan kode aktivasi di alamat yang tersedia lalu klik tombol kirim, sehingga User Id dan Password bisa digunakan. Kemudian periksa Inbox email Anda. Bila sudah aktif, bisa langsung mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan via online dengan login pertama menggunakan email yang anda daftarkan dan PIN.

Proses selanjutnya ikuti langkah berikut:

  1. Setelah masuk menu member BPJS Ketenagakerjaan, pilih menu View Balance JHT.
  2. Kemudian pilih pekerjaan BPJS KPJ anda, lalu klik tombol SUBMIT, jumlah saldo anda akan muncul di layar.
  3. Setelah puas dengan jumlah saldo Anda, Anda dapat kembali ke Home dan melihat-lihat dengan mengklik menu layanan Ketenagakerjaan BPJS online lainnya, seperti rincian saldo JHT tahunan, informasi Profil Anda, simulasi JHT Balance, dan formulir klaim klaim online. .
Dengan begitu banyaknya fasilitas yang ditawarkan oleh BPJS bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sehingga peserta tidak perlu repot-repot pergi ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan untuk mengetahui keseimbangan BPJS Ketenagakerjaan di dalamnya. Anda dapat memilih mana yang menurut Anda paling mudah dan praktis. BPJS Ketenagakerjaan sangat penting bagi anda. Jangan sampai Anda tidak memiliki tabungan untuk usia lanjut nanti. Demikian ulasan tentang Cara Cek Saldo - BPJS - JHT - Ketenagakerjaan semoga bermanfaat. terima kasih

Penelusuran yang terkait dengan www.bpjsketenagakerjaan.go.id Cara Cek Saldo - BPJS - JHT - Ketenagakerjaan
www.bpjsketenagakerjaan.go.id cek saldo jht
cek bpjs ketenagakerjaan aktif atau tidak
www.jamsostek.co.id cek saldo jht
cek saldo bpjs kesehatan
registrasi bpjs ketenagakerjaan
cek saldo jamsostek
bpjs ketenagakerjaan e klaim
cek saldo bpjs via sms 2757

0 komentar:

Posting Komentar