Cara Cek Status NIK E-KTP Online

Sabtu, 03 Juni 2017

Cara Cek Status NIK E-KTP Online

Cara mengecek e-ktp secara online adalah salah satu cara untuk mengetahui apakah data tempat tinggal seseorang telah terdaftar di pusat data demografi nasional. Jenis kartu identitas elektronik ini adalah kartu kediaman yang didukung oleh sistem informasi yang lebih akurat, aman, tertib administrasi karena terintegrasi langsung dengan database kependudukan di kementerian dalam negeri. 

Setiap penduduk hanya memiliki satu nomor induk penduduk meskipun populasi bergerak keluar dari daerah tersebut, sistem ini mengurangi kemungkinan seseorang memiliki lebih dari satu KTP untuk melakukan tindakan yang tidak dapat dipertanggungjawabkan. Nomor orang tua pada kartu identitas juga direncanakan untuk diintegrasikan untuk keperluan lain seperti SIM, Paspor, dan identifikasi lainnya.

Cara Cek, Cara Cek Status E-KTP Online,
Cara Memeriksa, Cara Memeriksa Status E-KTP Online,
Sebagian besar wilayah di Indonesia kini mendapatkan kartu identitas elektronik yang proses pembuatannya massal tahun lalu. Tapi apakah nomor induk penduduk kita sekarang ada di database populasi pusat? Untuk mengetahui kita bisa menggunakan cara cek online e-ID card agar kita dapat mengetahui bahwa Identitas Penduduk telah tercatat sebagai berikut:

• Mengunjungi situs Pemerintah Daerah atau instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. http://dukcapil.kemendagri.go.id/ceknik Karena kedua instansi ini terkait langsung dengan pemerintah pusat melalui Kementerian Dalam Negeri. Misalnya situs resmi Humas Kota Batam, ada fasilitas download status e-KTP lengkap untuk semua kabupaten di Kota Batam, dengan mendownload dari pilihan yang tersedia dan tekan Ctrl-F pada keyboard untuk memasukkan nama dan alamat. Maka akan muncul status data pribadi yang telah terdaftar dengan sistem e-KTP atau tidak.

• Cara kedua untuk menggunakan e-KTP card Reader, sistem ini bekerja tidak menggunakan perangkat PC sehingga lebih mudah dan praktis. Fungsi card reader adalah membaca chip pada kartu e-ID lebih cepat. Menteri Dalam Negeri baru-baru ini melakukan uji coba bersamaan dengan Seminar Pemanfaatan e-KTP dan Card Reader untuk Publik. Namun, produk ini hanya akan digunakan untuk instansi terkait seperti Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sayangnya, pemerintah tidak menyediakan situs khusus untuk mengakses kartu kredit e-online. Cara mengecek e-ID card secara online tidak mudah untuk mengakses komunitas secara langsung. Hanya instansi yang berwenang menerbitkan e-KTP memiliki akses kartu identitas e-ID, mungkin karena ini adalah dokumen penting dan belum lama ini masih memerlukan proses dan hasil yang lebih maksimal.

0 komentar:

Posting Komentar