Gangguan Dan Kelainan Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia

Kelainan Penyakit dan Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah Manusia - Begitu Anda belajar tentang arti sirkulasi darah, kali ini akan membahas tentang gangguan sistem peredaran darah, gangguan sirkulasi, kelainan pada sistem sirkulasi, gangguan pada sistem sirkulasi manusia, leukemia, sklerosis, trombus dan embolus, rasa hemofil, anemia, Penyakit dalam sistem peredaran darah, karena peredaran darah rendah dan karena peredaran darah tinggi.

Gangguan Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah manusia terkadang bisa mengalami gangguan. Kelainan ini bisa terjadi karena faktor keturunan (genetika), penyakit, atau karena gaya hidup individu yang bersangkutan.

Kelainan Penyakit dan Gangguan Pada Sistem Peredaran Darah Manusia
Berikut beberapa contoh kelainan sistem peredaran darah pada manusia.

1. Hemofili

Definisi hemofilia adalah penyakit kekurangan atau kekurangan zat antihemofili sehingga darah pasien sulit dibekukan. Akibatnya, jika hemofilia (hemofilia) menderita pendarahan, darah akan terus mengalir dan sulit untuk membeku.

2. Anemia

Memahami anemia adalah penyakit sel darah merah atau eritrosit. Penyakit ini bisa disebabkan oleh beberapa hal.

Misalnya, tubuh kekurangan zat besi, akibatnya proses pembentukan darah menjadi terhambat. Penyebab lainnya termasuk rendahnya tingkat hemoglobin dalam darah atau terkena infeksi cacing.

3. Ikterus pada Bayi

Bayi yang lahir dengan kulit kekuningan bisa terjadi akibat hancurnya sel darah merah pada bayi.

4. Leukemia

Leukemia atau kanker darah terjadi karena sel darah putih (sel B limfosit) memiliki kelainan yang tidak bekerja dengan baik. Selain itu, sel juga mengalami pembelahan yang tidak terkontrol.
Kelainan penyakit dan kelainan pada sistem peredaran darah manusia
Gambar: Perbandingan Darah normal dan leukemia

5. Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi juga dikenal sebagai hipertensi. Penyakit ini timbul karena penyempitan arteri sehingga tekanan darah meningkat. Dalam beberapa kasus, tekanan darah tinggi disertai gejala stroke.

Selain faktor genetik, penyakit ini juga dipicu oleh diet tinggi lemak dan kapur. Konsumsi makanan yang mengandung lemak dan kapur di tingkat tinggi dapat menyebabkan penebalan dinding pembuluh darah yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah.

6. Tekanan Darah Rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi bisa disebabkan oleh kelelahan. Tekanan darah rendah pada wanita hamil bisa menyebabkan embrio mengandung tingkat kecerdasan yang rendah. Gejala tekanan darah rendah termasuk pusing, pingsan, dan badan lemah atau lelah.

7. Trombus dan Embolus

Trombus dan embolus merupakan penghentian utama pembuluh yang berfungsi untuk mengantarkan O2 ke otot jantung. Penyakit ini terjadi karena penggumpalan atau infeksi pada katup jantung sehingga katup jantung tidak bisa menutup lagi dan bocor.

8. Sklerosis

Sclerosis adalah penyakit pengerasan arteri arterial karena timbunan lemak dan kapur. Pengerasan ini akan menyebabkan hipertensi. Presipitasi oleh zat lemak disebut aterosklerosis dan pengendapan oleh batu gamping disebut arteriosklerosis.

9. Varises

Varises adalah pelebaran pembuluh darah yang terjadi pada bagian-bagian tertentu, misalnya pada betis.

10.Ambeien atau Hemoroid

Penyakit haemorrhoid sering terjadi pada pria. Wasir terjadi karena pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah di ujung rektum atau anus.

Warna biru (memar) pada kulit saat Anda terluka atau tertabrak tabrakan sebenarnya adalah proses penggumpalan darah yang terjadi di jaringan tubuh. Darah dari luka tidak keluar karena permukaan tubuh tidak tergores.

Darah merembes keluar dari pembuluh darah dan berada dalam jaringan, kemudian membeku di dalam daging atau jaringan di bawah kulit. Darah beku adalah sel mati yang kemudian akan dimakan oleh sel kekebalan tubuh, termasuk sel monosit yang akhirnya hilang dan memar sembuh.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Gangguan Dan Kelainan Penyakit Pada Sistem Peredaran Darah Manusia"

Posting Komentar