Macam-Macam Jenis Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan Manusia

Macam-Macam Jenis Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan Manusia Dan Penyebabnya- Setelah Anda mempelajari proses pencernaan, Anda harus tahu makanan apa yang enak dimakan, sehingga tidak ada kelainan pada sistem pencernaan, penyakit pada sistem pencernaan, dan gangguan lainnya pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh faktor makanan yang buruk. Jika ada kelainan pada sistem pencernaan maka sebaiknya masuk ke dokter. Tahukah Anda berbagai kelainan pada sistem pencernaan seperti bisul, diare, muntah, usus besar, konstipasi, diabetes dan deabetes militus.

Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Manusia Dan Penyebabnya

Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pencernaan Manusia Dan Penyebabnya

Penyakit dan kelainan yang terkait dengan makanan dan sistem pencernaan cukup beragam. Penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan meliputi berikut ini.

Maag

Maag adalah penyakit yang menyerang organ pencernaan, perut. Produksi asam lambung yang berlebihan bersamaan dengan pelepasan gas dalam reaksi pencernaan menyebabkan mual, nyeri, dan kembung. Maag dipicu oleh diet, faktor keturunan, dan faktor psikologis yang kurang teratur.
Jenis Penyakit dan Kelainan pada Sistem Pencernaan

Diare

Diare disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran gastrointestinal. Bakteri menyebabkan pendarahan di saluran cerna dengan cairan tinja.

Muntaber

Muntaber disebabkan oleh kuman patogen, seperti Vibrio Cholerae Germs menyebabkan muntah dan kotoran yang berlebihan dan tidak beraturan. Kotoran cair disebabkan oleh sistem penyerapan usus yang buruk karena infeksi sehingga air keluar dengan kotoran.

Kolik Usus 

Pada kondisi tertentu usus bisa mengalami kejang, perut terasa sangat lambung dan kejang. Sering juga terjadi pada bayi. Penyebabnya bervariasi, beberapa disebabkan oleh tangisan gencar, turun-temurun, dan hawa dingin yang menyengat.

Sembelit

Konstipasi (susah buang air besar) bisa terjadi karena makanan mengandung serat kurang sehingga proses pencernaannya kurang sempurna atau karena stres.

Penyakit yang terkait dengan diet adalah sebagai berikut.

1. Diabetes

Diabetes ada 2 macam, yaitu diabetes mellitus dan diabetes insipidus.

Diabetes Mellitus Inseparable Insulin (DMTTI)

Diabetes melitus lebih disebabkan oleh faktor keturunan. Penyebabnya meliputi produksi insulin dari pankreas yang kurang begitu banyak glukosa sehingga tidak bisa diubah menjadi glikogen. Akibatnya, kadar glukosa darah meningkat.

Kelebihan glukosa dalam darah akan mengganggu pola metabolisme tubuh dan memperlambat aliran darah. Pemicu lainnya adalah konsumsi gula atau karbohidrat yang berlebihan dan juga bisa dipicu oleh faktor obesitas atau kelebihan berat badan. Diabetes melitus bisa diobati dengan obat-obatan sekaligus diet karbohidrat yang ketat.

B Diabetes Mellitus Bergantung pada Insulin (DMTI)

Produksi insulin yang sangat rendah atau bahkan tidak diproduksi menyebabkan diabetes insipidus. Bisa juga disebabkan kerusakan pulau pankreas langerhans sehingga kelenjar pankreas tidak bisa memproduksi insulin. Pengobatannya adalah dengan suntikan insulin.

2. Asam urat

Asam urat disebabkan oleh faktor keturunan dimana individu tidak memiliki hormon yang mengubah asam urat yang tidak larut dalam plasma darah menjadi produk allantoin yang dapat larut dan dapat diekskresikan melalui urin.

Asam urat adalah hasil metabolisme makanan yang mengandung purin, misalnya emping, kacang-kacangan, jeroan, ikan, kopi, dan coklat. Pencegahannya adalah dengan diet rendah purin.

3. Hiperkolesterolemia

Hiperkolesterolemia berarti kadar kolesterol terlalu tinggi dalam darah. Hiperkolesterolemia dapat diobati dengan diet rendah kolesterol. Kolesterol ditemukan pada daging, ikan, telur, dan jeroan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Macam-Macam Jenis Penyakit dan Kelainan Pada Sistem Pencernaan Manusia "

Posting Komentar