Macam-Macam Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Jumat, 28 Juli 2017

Macam-Macam Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Macam-Macam Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya - Diskusi ini akan membahas tentang sistem organ pada tanaman, berbagai sistem organ pada tanaman, akar, akar, varietas akar, akar serat, fungsi batang, fungsi daun dan fotosintesis.

Organ Tanaman
Sebelumnya disebutkan tentang bagian atau organ tanaman. Organ di tanaman terdiri dari akar, batang, daun, bunga, biji, dan buah.

Akar

Akar adalah bagian tanaman yang berfungsi menyerap air dan mineral dari tanah. Berikut ini akan menjelaskan berbagai akar:

A. Akar tunggang

Akar tunggang berasal dari akar institusi yang tumbuh terus menjadi akar utama (akar akar). Penembakan akar ditemukan pada tanaman dicoty dan tanaman bibit terbuka.



B. Akar serabut

Akar dari serat adalah akar yang tumbuh dari pangkal batang setelah akar institusi (embrio) mati. Akar ini terutama ditemukan pada monokotil.

Batang

Batang adalah bagian yang sangat penting dari tubuh tumbuhan.

Fungsi batang meliputi berikut ini.

A. Mendukung tubuh tanaman.

B. Sebagai alat pengangkutan air, mineral, dan bahan makanan.

C. Di situlah cabang, daun, dan bunga tumbuh.

Batangnya bisa disamakan dengan poros bodi tanaman. Struktur batangnya lebih kompleks dari pada akar. Ada batang yang tumbuh di tanah dan beberapa tumbuh di bawah tanah. Batang yang tumbuh di tanah berfungsi untuk menyimpan cadangan makanan, misalnya pada tanaman jahe.

Batang tanaman terdiri dari tiga sistem jaringan, yaitu:
A. Epidermis
B. Cortex
C. Endodermis

Daun

Tanaman memiliki organ utama tanaman penyusun selain akar dan batangnya, yaitu daun. Daunnya juga disebut folium.
Jenis Sistem Organ Pada Tanaman Dan Fungsinya
Gambar: Struktur Daun

Fungsi daun
Pada daun terjadi peristiwa fotosintesis. Fotosintesis untuk memasak makanan penyusun energi untuk tanaman dilakukan pada daun yang disebut klorofil.

Macam-Macam Sistem Organ Pada Tumbuhan Beserta Fungsinya

Gambar di atas menunjukkan pandangan potongan melintang dari daun. Sedangkan gambar lainnya menunjukkan gambar sayatan permukaan bawah longitudinal daun dimana ada daun atau stomata mulut.

Di pohon kaktus, bagian yang tampak hijau besar adalah batang herba karena kaktus tinggal di daerah tandus sehingga menyimpan air ke dalam kopernya.

Panjang duridur kecil pada kaktus sebenarnya adalah helai daun. Daunnya mengalami modifikasi bentuk menjadi duri untuk mencegah penguapan yang berlebihan.

0 komentar:

Posting Komentar