Pengertian Bela Negara :Tujuan, Fungsi, Manfaat Bela Negara

Pengertian Bela Negara :Tujuan, Fungsi, Manfaat Bela Negara

Pengertian Bela Negara :Tujuan, Fungsi, Manfaat Bela Negara - Memahami Pertahanan Negara dan Penjelasannya Negara Indonesia sangat penting bagi kita semua sehingga kita perlu menelpon sikap membela negara tapi tahukah anda apa artinya membela negara? Dimana saat ini kita akan membahas pemahaman tentang pertahanan dan penjelasan negara. 

Mempertahankan negara sangat diperlukan yang kita lakukan karena negara dalam proses pembentukan negara memiliki sejarah yang sangat panjang untuk menjadi setiap warga negara memiliki hak dan kewajiban yang dijamin dalam undang-undang, salah satunya tercantum dalam Pasal 27 ayat 3 UUD 1945 tentang pertahanan negara. Apa hak dan kewajiban Anda sebagai mahasiswa dalam membela negara

Pengertian Bela Negara :Tujuan, Fungsi, Manfaat Bela Negara


Kronologi dan Makna Pertahanan Negara Untuk, bangsa Indonesia, kemerdekaan bukanlah tujuan akhir perjuangan bangsa. Kemerdekaan yang diproklamirkan pada 17 Agustus 1945 menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia tidak bisa lepas dengan perjuangan bangsa.

Berbagai ancaman terhadap kedaulatan Indonesia Indonesia mereka baru saja datang dari Belanda yang masih memiliki keinginan untuk mengendalikan negara Indonesia. Partisipasi masyarakat Indonesia dalam perjuangan bersenjata didorong oleh rasa cinta kepada bangsa dan tanah air sehingga Pengorbanan yang mereka berikan sebagai manifestasi tanggung jawab tidak secara paksa. Penentuan, sikap, dan tindakan warga berdasarkan cintanya pada tanah air.

Itulah yang disebut pertahanan negara sebagaimana tercantum dalam UU No. 20 Tahun 1982 tentang Ketentuan Dasar Pertahanan Keamanan Negara.

Pembela negara adalah tekad, sikap, dan tindakan warga negara yang teratur, komprehensif, terpadu dan berkelanjutan berdasarkan cinta negara, kesadaran bangsa dan negara Indonesia, dan kepercayaan akan kekuatan Pancasila Sebagai Ideologi negara, kemauan untuk berkorban untuk meniadakan ancaman baik dari dalam negara kedaulatan negara, persatuan dan kesatuan bangsa, integritas teritorial, dan hukum nasional, serta nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945.

Demikian Artikel Tentang Memahami Pertahanan dan Penjelasan Negara, Semoga Bermanfaat
(Sumber: Kebangsaan SMP / MTs kelas IX Country Defender)

0 komentar:

Posting Komentar